Keluarga Baru Porsche Panamera Sport Turismo

Keluarga Baru Porsche Panamera Sport Turismo
STUTTGART, 15 Maret 2017 -- Porsche memperluas keluarga Panamera dengan menambahkan versi penampilan baru: Panamera Sport Turismo. Model ini merayakan debut dunia perdananya di Geneva Motor Show, 7-19 Maret 2017. Ada lima versi berbeda akan dipajang yaitu Panamera 4, Panamera 4S, Panamera 4S Diesel, Panamera 4 E-Hybrid dan Panamera Turbo.

Panamera Sport Turismo dengan tenaga 404 kW/550 hp, memiliki lebih banyak kelebihan dibanding model lain di kelasnya. Dengan tailgate yang besar, tepi muatan yang rendah, volume ruang bagasi yang lebih besar dan konsep susunan tempat duduk 4+1, model baru Panamera menawarkan kombinasi sempurna untuk kegunaan sehari-hari dan maksimum fleksibilitas.

“Bagi Porsche, Panamera Sport Turismo merupakan sebuah langkah maju ke segmen baru, meski demikian Panamera Sport Turismo tetap mempertahankan nilai-nilai dan atribut yang menjadi karakter sebuah Porsche”, kata Direktur Style Porsche, Michael Mauer.

Panamera versi Sport Turismo ini dilengkapi berbagai inovasi baru seperti Porsche Advanced Cockpit digital, sistem bantuan seperti Porsche InnoDrive yang meliputi adaptive cruise control, sistem chassis seperti sistem kemudi poros belakang, Porsche Dynamic Chassis Control (PDCC Sport) sistem electronic roll stabilisation dan powertrains yang kuat.



Semua kendaraan Panamera Sport Turismo dilengkapi dengan Porsche Traction Management (PTM) – sebuah sistem aktif all-wheel drive dengan kopling multi-plat yang dikontrol secara elektronik secara standar. Untuk Model S, sistem suspensi udara adaptif dengan technology three-chamber juga tersedia sebagai standard.

Panamera Sport Turismo memiliki panjang 5,049 mm, tinggi 1,428 mm dan lebar 1,937 mm, plusrentang  wheelbase 2,950 milimeter. Bayangan yang diperkuat dengan ciri khas short body overhangs dan roda yang mencapai 21 inci.



Panamera Sport Turismo memiliki fitur desain belakang yang sangat unik. Di atas bahu kendaraan yang tegas, sebuah garis jendela yang memanjang dan kontur atap yang sama panjang memberikan Sport Turismo desain yang luar biasa istimewa dan menarik perhatian. Di bagian belakang, desain atap yang menurun jauh lebih sedikit dramatis dari garis jendela, membuahkan pillar-D yang menarik perhatian dan berbeda yang mengalihkan ke bagian bahu seperti gaya mode kendaraan coupé.

Di bagian atas kendaraan, bagian atap memanjang menjadi sebuah roof spoiler yang dapat disesuaikan. Sudut dari roof spoiler memiliki tiga pilihan yang tergantung dengan keadaan mengemudi dan pilihan pengaturan kendaraan, yang menghasilkan tambahan downforce mencapai 50 kg di bagian sumbu belakang.

Panamera 4 E-Hybrid Sport Turismo (Foto: Porsche)

Hingga kecepatan 170 km/jam, elemen panduan aerodinamis – sebuah sistem sentral komponen dari Porsche Active Aerodynamics (PAA) – tetap dalam posisi normal dengan sudut - tujuh derajat, yang mengurangi drag dan mengoptimalkan konsumsi bahan bakar.

Di atas 170 km/jam, roof spoiler secara otomatis bergerak ke posisi performa dengan sudut plus satu derajat, sehingga menaikkan stabilitas mengemudi dan sisi dinamis. Saat di Sport and Sport Plus driving mode, roof spoiler otomatis bergerak ke posisi performa pada kecepatan 90 km/jam ke atas.



PAA juga menyediakan active assistance dengan adaptasi sudut roof spoiler di saat inklinasi 26 derajat dan panoramic sliding roof terbuka pada kecepatan 90 km/jam atau di atasnya. Dalam hal ini, spoiler membantu meminimalkan suara angin.

Panamera Sport Turismo baru menjadi Panamera pertama yang memiliki fitur tiga kursi belakang. Dua kursi luar mengambil bentuk susunan kursi individul – sesuai dengan garis model yang mengusung performa sporty dan mengutamakan kenyamanan penumpang yang maksimal – menghasilkan susunan konfugarsi 2+1 di bagian belakang. Sebagai pilihan, Panamera Sport Turismo juga tersedia dalam konfigurasi empat susunan kursi dengan dua kursi individual yang dapat disesuaikan dengan sistem elektrik.



Porsche Panamera terbaru akan tersedia dengan lima mesin yang digunakan di sports sallon, yaitu Panamera 4 Sport Turismo (243 kW/330 hp), Panamera 4 E-Hybrid Sport Turismo (340 kW/462 hp system power), Panamera 4S Sport Turismo (324 kW/440 hp), Panamera 4S Diesel Sport Turismo (310 kW/422 hp) Panamera Turbo Sport Turismo (404 kW/550 hp).

Panamera Sport Turismo untuk pasar Eropa akan diluncurkan pada tanggal 7 Oktober 2017, dan menyusul pasar lainnya di awal November. Bagaimana dengan Indonesia? PT Eurokars Artha Utama sebagai distributor Porsche di Indonesia mengatakan model ini akan tersedia sekitar akhir tahun 2017.

RAJU FEBRIAN

Mobil Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya