Hypercar Le Mans Toyota Segera Punya Versi Jalan Raya

JAKARTA, Carvaganza – Setelah meluncurkan Toyota GR010 Hybrid untuk ajang 24 hours of Le Mans, segera pabrikan tersebut sedang mempersiapkan produksi versi jalan rayanya. Dikutip dari Carscoops.com yang menemukan bahwa terdapat kuesioner untuk konsumen di Amerika yang ingin memesan Toyota Hypercar Le Mans versi jalan raya. Pada kuesioner tersebut terdapat pertanyaan mendetail tentang GR Super Sport yang merupakan basis dari Toyota GR010 Hybrid.

Kehadiran GR010 Hybrid yang merupakan penerus TS050 ini memang cukup membuat pabrikan kewalahan. Selain proses pengembangan, Toyota juga harus memproduksi setidaknya 20 unit GR Super Sport agar bisa diikutkan menjadi mobil balap berbasis hypercar pada regulasi terbaru WEC.

Pada isi kuesioner tersebut, terdapat beberapa pertanyaannya di antaranya koleksi mobil, hobi menonton balapan, dan pertanyaaan soal kepemilikan Toyota 2000GT atau Lexus LFA. Pada bagian lain terdapat pertanyaan tentang tanggapan mereka soal GR Super Sport.

Toyota GR Super Sport Concept

Konsumen ditanyakan tentang hal-hal penting pada GR Super Sport seperti desain eksterior, daya tahan serta kemungkinan untuk memenangkan balapan 24 hours Le Mans. Selain itu, konsumen juga ditanyakan tentang kemungkinan untuk memiliki mobil tersebut sebagai aset kendaraan. Salah satunya kemungkinan untuk dikendarai di jalan raya. Pastinya kemampuan yang dihasilkan akan jauh lebih familiar dan mudah untuk digunakan para pecinta supercar.

Sayangnya, tidak ada informasi detail mengenai Toyota GR Super Sport yang akan dijual ini. Namun yang pasti, Hypercar Toyota yang akan berlaga di ajang 24 Hours of Le Mans ini dibekali dengan mesin V6 3,5 liter dan bersanding dengan motor listrik sebagai penggerak roda depan. Kedua paket mesin tersebut diklaim mampu menghasilkan tenaga 670 hp karena pembatasan aturan balap. Bisa jadi, mobil kembarannya ini akan menggunakan mesin yang sama namun akan dituning ulang dan memiliki tenaga maksimal 1.400 hp.

Hingga saat ini belum ada informasi resmi dari Toyota mengenai spesies barunya tersebut. Namun diketahui, Toyota tengah melakukan pengembangan untuk sebuah Hypercar bersamaan dengan mobil yang digunakan pada ajang 24 Hours of Le Mans.

Sebenarnya pengajuan kuesioner untuk calon pemilik supercar bukanlah hal baru. Beberapa waktu lalu, Ford Motor Company melakukan hal serupa sebelum meluncurkan Ford GT. Konsumen diminta untuk mengisi beberapa kuesioner dan melakukan pembelian melalui aplikasi. Isinya pun hampir sama, di antaranya tentang kepemilikan supercar dan pengalaman berkendara di lintasan balap.
ALVANDO NOYA / WH

Sumber: Carscoops

Artikel yang direkomendasikan untuk anda