Dilelang Maret Ini, Mobil Klasik Termahal Kedua Di Dunia

JAKARTA, Carvaganza – Apa yang paling menyenangkan bagi car enthusiast selama weekend? Pilihannya mungkin banyak, tapi kalau disodori pilihannya adalah melihat mobil klasik, semuanya bisa sepakat. Kali ini Carvaganza ingin membahas soal mobil klasik Ferrari 275 GTB/4 tahun 1967.

Di luaran sana memang banyak beredar mobil-mobil klasik super mahal yang sangat sulit dijangkau harganya oleh orang kaya sekalipun. Yang beli mobil-mobil klasik mahal itu, ya orangnya itu-itu saja. Orang-orang super kaya yang memiliki gudang uang seperti air terjun. Tapi disitulah enaknya, kita menikmati tanpa perlu membeli.

Banyak sekali mobil-mobil klasik yang sangat mahal itu dikenal karena rekayasa engineering yang dikandungnya, tapi ada juga yang populer dan mahal karena kisah yang melatarinya. Ada juga karena keduanya. Contohnya adalah Ferrari 275 GTB/4 1976 yang tak punya rekayasa engineering sehebat mobil-mobil super mahal, tapi sportscar ini punya kisah yang sangat menarik.

Sportscar ini memang dijejali mesin V6 yang melontarkan tenaga 300 hp, dan diklaim sebagai salah satu sportscar yang paling murni yang pernah dibuat di muka bumi. Mobil ini juga harganya mahal, kadang-kadang sampai puluhan milyar.

Ferrari 275 GTB/4 1967

Salah satunya adalah ketika pada tahun 2014 terlelang seharga US$ 27.500.000. Sekaligus menjadikannya sebagai Ferrari termahal yang pernah terjual sepanjang sejarah. Tapi rekor itu sudah ditumbangkan oleh Ferrari GTO 1962 yang terjual seharga US$ 48,4 juta dalam lelang RM Sotheby tahun 2018 lalu. Sekarang 275 GTB/4 1967 menjadi mobil klasik termahal kedua di dunia.

Material yang dipakai untuk bodi mobil karya Sergio Scaglietti yang ikonik ini umumnya terbuat dari baja. Kecuali bagian kap mesin, bagasi dan pintu terbuat dari alumunium agar bobot mobil tetap enteng. Mengadopsi mesin V12 3.3 liter, dikombinasikan dengan transmisi manual 5 percepatan yang mengalirkan tenaga ke roda belakang.

Dengan bobot 1.300 kg dan tenaga yang dihasilkan 300 hp sudah cukup untuk melesatkan mobil ini dengan cepat. Nah suara yang keluar dari knalpotnya dinyatakan sebagai salah satu suara sportscar Ferrari terbaik sepanjang masa.

Rencananya Ferrari 275 GTB/4 1967 tersebut bakal dilelang di Barret-Jackson. Tapi belum ada prediksi diharga berapa mobil ini dapat terjual. Mobil tersebut sudah dimiliki oleh beberapa tangan dan pernah direstorasi di awal 2000-an. Oleh pemiliknya yang sekarang, mesinnya sudah di-rebuild agar terlihat baru serta tetap fresh.

Kilometernya baru 96.000 km dan dokumen-dokumennya masih asli serta lengkap. Sebagian besar komponennya betul-betul full ori, termasuk brosurnya masih bawaan asli. Ya tak heran kalau harganya terus membumbung tinggi.

Ferrari 275 GTB/4 1967

Ferrari 275 GTB 1964 – 1968

Ferrari 275 GTB dan 275 GTS adalah mobil-mobil yang sangat didambakan oleh kalangan kolektor. Mobil ini diperkenalkan di Paris Motor Show 1964 untuk menggantikan 250 GTB. Platform yang digunakan waktu itu sama sekali baru. Ferrari 275 GTB adalah Ferrari jalan raya pertama yang memakai suspensi belakang independent dan transaxle belakang.

Versi produksinya lahir pada tahun 1965 dengan dua tipe yakni 275 GTB Coupe dan 275 GTS convertible. Yang versi atap terbuka memiliki desain bodi yang berbeda dengan versi coupe.

Masuk tahun 1966, Ferrari melakukan sejumlah perubahan. Misalnya nose mobil tidak lagi panjang, melainkan dibuat lebih pendek dan desain grille baru. Lantas versi 275 GTB digantikan oleh 275 GTB/4 karena mendapat dua tambahan camshaft pada mesin. GTB/4 ini diproduksi sampai tahun 1968, dengan menyediakan sejumlah opsional di antaranya velg model Borrani wire dan bodi terbuat dari alumunium agar bobot lebih enteng.

Ferrari juga memproduksi dua versi khusus 275. Yakni 275 GTB/C dengan jumlah produksi hanya 11 unit dan semuanya memakai sistem dry sump serta bodi terbuat dari alumunium. Versi istimewa kedua adalah 275 GTS/4 NART Spyder yang dibuat hanya 9 unit saja. (EKA ZULKARNAIN)

Sumber: thedrive.com, hagerty.com & ragam sumber

Artikel yang direkomendasikan untuk anda