Savage! Modifikasi Toyota FJ40 Land Cruiser 1972

ILLINOIS, Carvaganza – Kira-kira minat enggak sama mobil Toyota ini. Land Cruiser FJ40 tahun 1972 dengan ban raksasa ini dijual loh. Lokasi barangnya di Illinois, sebelah timur St. Louis, Amerika Serikat dan pemiliknya sudah agak bosan dengan mobil tersebut sehingga ingin menjualnya seharga US$ 124.000 (sekitar Rp 1,7 milyar).

FJ40 lansiran ’72 tersebut mendapat sentuhan modif cukup ekstrim dengan pemakaian ban raksasa sehingga mirip traktor. Diberi rangka roll cage dari baja yang dicat dengan warna silver, sementara sekujur bodinya diguyur dengan cat warna royal blue. Kelir royal blue itu sama dengan warna yang terdapat pada klub Super Bowl Kansas City Royals. Beberapa bagian interior pun ikut dibabat sehingga terlihat lebih simpel, dan karakternya senada dengan ciri khas traktor.

Bagian pintu kiri dan kanan dicopot sehingga roll cage terlihat melindungi interior dengan kokoh. Jok orisinil dicopot digantikan dengan model bucket yang terlihat sporty. Yang paling menonjol dari mobil ini adalah pemakaian ban raksasa Super Swamper IROK 49 inci. Bagian belakangnya terdapat trailer gandengan dengan ukuran ban yang sama. Pulasan body pada trailer gandengan juga senada dengan bodi mobil, yakni royal blue. Uniknya, keempat ban raksasa tersebut menelan velg Raceline Beadlock 17 ini. Harga satu ban saja mencapai US$ 300 di AS.

Toyota Land Cruiser FJ40 1972

Untuk mengimbangi posturnya yang raksasa, mesin orinya digantikan oleh engine V8 LS1 yang menghasilkan tenaga 350 hp. Mesin bawaan pabrik 6 silinder segaris 3.9 liter yang melesakkan 125 hp disimpan di dalam gudang. Untuk meningkatkan kapabilitas terpasang pula axle Dana 60, transfer case Atlas 2 speed, air-locking differential ARB di depan dan di belakang.

Toyota Land Cruiser FJ40 1972 ini pernah menjadi ‘kereta kencana’ bagi tim Kansas City Royals ketika merayakan kemenangan mereka pada liga Super Bowl musim 2015 dan untuk Kansas City Chief tahun 2020. Kalau mau naik mobil ini, siapin saja tangga, begitu juga untuk turunnya.

Sekilas tentang Land Cruiser FJ

Toyota Land Cruiser punya sejarah yang begitu panjang. Pertama kali lahir di Jepang tahun 1951 dan sampai sekarang dikenal sebagai mobil segala medan yang Tangguh. Sangar, macho dan mendapat sebutan sebagai SUV sejati.

Dari tahun 1951 sampai sekarang telah diproduksi 14 model dan ribuan variasi. Land Cruiser tercatat sebagai mobil yang punya masa produksi paling lama dalam sejarah Toyota dengan angka penjualan di atas 10 juta.

Ketika Amerika Serikat memesan mobil ini kepada Toyota untuk kendaraan perang, namanya berganti menjadi Jeep BJ. Jeep BJ itu diterjunkan oleh Amerika Serikat dalam Perang Korea. Mobil prototipe Jeep BJ ini sampai diuji di medan ekstrim, salah satunya diuji sampai tingkat keenam Gunung Fuji dan menjadi mobil pertama yang berhasil sampai ke tingkat ini.

Dari situ ketangguhan FJ semakin populer di seluruh penjuru dunia, terutama di dunia mobil 4x4 segala medan yang terkenal ‘badak’ (tangguh). Dan ketangguhan itu bertahan sampai sekarang sehingga menobatkan Toyota Land Cruiser sebagai mobil Toyota yang sangat ikonik. (EKA ZULKARNAIN)

Sumber: thedrive.com & ragam sumber

Artikel yang direkomendasikan untuk anda