Beranda Updates GAIKINDO Indonesia Masuk Era Euro 4 Sebelum Akhir Tahun

GAIKINDO Indonesia Masuk Era Euro 4 Sebelum Akhir Tahun

JAKARTA, 17 Juli 2018 – Tahun ini, Indonesia dipastikan akan memasuki era industri otomotif yang ramah linkungan, dengan akan diberlakukannya standard emisi Euro 4. Oleh GAIKINDO (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia), Euro 4 dijadwalkan akan berlaku sebelum akhir tahun ini.

Yohannes Nangoi, Ketua Umum GAIKINDO mengatakan Indonesia akan segera memasuki era Euro 4 pada bulan Oktober 2018 mendatang. Dikatakannya, persiapan menyambut Euro 4 telah melibatkan KLHK (Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan) dan Kemenperin (Kementerian Perindustrian).

Pemberlakuan Euro 4 di Indonesia akan diterapkan melalui peningkatan kualitas bahan bakar minyak (BBM) dan kendaraan dengan spesifikasi yang lebih baik, khususnya mobil.

“Kami sudah siap semua, jadi sesuai dengan peraturan KLHK dan pembicaraan dengan Kemenperin maka otomotif harus menyiapkan kendaraan Euro 4, harus sudah siap. Jadi oktober semua kendaraan yang keluar dari pabrik adalah Euro 4,” kata Yohannes saat ditemui di Jakarta Pusat, Selasa (10/7/2018) lalu.

Dengan diberlakukan mulai Oktober 2018, artinya seluruh kendaraan roda empat yang diproduksi mulai Oktober mendatang sudah harus memenuhi standar emisi Euro 4, didahulukan pada mesin bensin. Untuk BBM, Pertamina sudah menyiapkan produk dengan standar tersebut, baik bensin maupun diesel.

Menyusul berlakunya Euro 4, GAIKINDO kemudian mengatakan hal tersebut bisa menjadi jembatan untuk kendaraan yang lebih ramah lingkungan agar semakin mudah dimiliki oleh masyarakat. Pemerintah targetkan 20 persen dari keseluruhan penjualan mobil tahun 2025 disumbangkan oleh mobil hybrid, listrik atau sejenisnya.

“Euro 4 (tahun) 2018 untuk kendaraan bensin, diesel 2021. Pemerintah juga sedang mengharmonisasi tarif, LCEV (Low Carbon Emission Vehicle), nah ini meng-cover juga kendaraan hybrid, PHEV maupun kendaraan baterai, electric vehicle,” lanjut Yohannes.

Standard emisi Euro 4 telah tertuang dalam regulasi pada Peraturan Menteri LHK Nomor P.20/MENLHK/SETJEN/KUM. 1/3/2017. Sementara Indonesia sendiri untuk saat ini masih pada standard emisi Euro 2.

WAHYU HARIANTONO

Last Updates

BMW Indonesia Siap Luncurkan SUV dan Sportscar Termewah Tahun Ini

JAKARTA, 21 Januari 2019 – Tahun 2019 dipastikan oleh BMW Group Indonesia untuk menjadi momentum meluncurkan produk baru andalan, yang...

Pengurus IOF 2018-2022 Dilantik, Diisi Banyak Darah Muda

BANDUNG, 20 Januari 2019 – Pengurus Pusat Indonesia Offroad Federation (IOF) masa bakti 2018–2022 resmi dilantik oleh Ketua Umum IOF...

Toyota Rebut Juara Reli Dakar Perdana Bersama Nasser Al-Attiyah

LIMA, 20 Januari 2019 – Kejuaraan Reli Dakar 2019 telah memunculkan nama baru sebagai juaranya, yang meraih gelar bergengsi tersebut...

Perluas Pasar Glory 580, DFSK Motor Buka Dealer di Bali

DENPASAR, 19 Januari 2019 – Guna memperluas penjualan SUV Glory 580, DFSK Motor membuka dealer di Bali. Dealer DFSK Bali...

Suzuki Lanjutkan Program Servis bagi Korban Gempa Palu

PALU, 19 Januari 2019 – PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menggelar program Free Service Check Up Campaign bagi konsumen Suzuki...