Beranda Updates GAIKINDO Indonesia Masuk Era Euro 4 Sebelum Akhir Tahun

GAIKINDO Indonesia Masuk Era Euro 4 Sebelum Akhir Tahun

JAKARTA, 17 Juli 2018 – Tahun ini, Indonesia dipastikan akan memasuki era industri otomotif yang ramah linkungan, dengan akan diberlakukannya standard emisi Euro 4. Oleh GAIKINDO (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia), Euro 4 dijadwalkan akan berlaku sebelum akhir tahun ini.

Yohannes Nangoi, Ketua Umum GAIKINDO mengatakan Indonesia akan segera memasuki era Euro 4 pada bulan Oktober 2018 mendatang. Dikatakannya, persiapan menyambut Euro 4 telah melibatkan KLHK (Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan) dan Kemenperin (Kementerian Perindustrian).

Pemberlakuan Euro 4 di Indonesia akan diterapkan melalui peningkatan kualitas bahan bakar minyak (BBM) dan kendaraan dengan spesifikasi yang lebih baik, khususnya mobil.

“Kami sudah siap semua, jadi sesuai dengan peraturan KLHK dan pembicaraan dengan Kemenperin maka otomotif harus menyiapkan kendaraan Euro 4, harus sudah siap. Jadi oktober semua kendaraan yang keluar dari pabrik adalah Euro 4,” kata Yohannes saat ditemui di Jakarta Pusat, Selasa (10/7/2018) lalu.

Dengan diberlakukan mulai Oktober 2018, artinya seluruh kendaraan roda empat yang diproduksi mulai Oktober mendatang sudah harus memenuhi standar emisi Euro 4, didahulukan pada mesin bensin. Untuk BBM, Pertamina sudah menyiapkan produk dengan standar tersebut, baik bensin maupun diesel.

Menyusul berlakunya Euro 4, GAIKINDO kemudian mengatakan hal tersebut bisa menjadi jembatan untuk kendaraan yang lebih ramah lingkungan agar semakin mudah dimiliki oleh masyarakat. Pemerintah targetkan 20 persen dari keseluruhan penjualan mobil tahun 2025 disumbangkan oleh mobil hybrid, listrik atau sejenisnya.

Euro 4 (tahun) 2018 untuk kendaraan bensin, diesel 2021. Pemerintah juga sedang mengharmonisasi tarif, LCEV (Low Carbon Emission Vehicle), nah ini meng-cover juga kendaraan hybrid, PHEV maupun kendaraan baterai, electric vehicle,” lanjut Yohannes.

Standard emisi Euro 4 telah tertuang dalam regulasi pada Peraturan Menteri LHK Nomor P.20/MENLHK/SETJEN/KUM. 1/3/2017. Sementara Indonesia sendiri untuk saat ini masih pada standard emisi Euro 2.

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Histori Lini SUV Mercedes-Benz, Sempat Telat Mengikuti Tren

Sederet model SUV disuguhkan Mercedes-Benz. Tentu tujuannya memenuhi bermacam kebutuhan pasar. Mulai dari entry level sampai paling mewah. Membuatnya dapat diterima berbagai kalangan. Di...

Daihatsu Ayla Makin Seru, Punya Tampilan Baru

JAKARTA, carvaganza.com – Kalau Anda sekarang ini sedang memilih-milih mobil LCGC yang pas, mungkin Daihatsu Ayla bisa dijadikan bahan pertimbangan. Tampilan city car Ayla...

Menebak Harga Honda CR-V Facelift di Indonesia Jelang Peluncuran

JAKARTA, Carvaganza.com – Honda CR-V versi terkini sudah mengaspal di Vietnam dan Thailand, sementara di Indonesia sejauh ini belum ada kabarnya. Mungkin saja akhir...

Penyegaran Isuzu mu-X 2021, Pancarkan Aura Premium

BANGKOK, Carvaganza.com - Isuzu telah resmi merilis model penyegaran untuk Isuzu mu-X 2021 di Thailand, 28 Oktober 2020 lalu. Tak hanya tampilan yang disegarkan,...

Membandingkan Harga Mobil Kepresidenan Dengan Mobil Terlaris Di Negaranya. Berapa Harga Mobil Dinas Jokowi?

JAKARTA, carvaganza.com - Mobil kepresidenan sering diidentikkan sebagai mobil paling aman. Makanya mobil-mobil ini dilindungi sejumlah fitur keselamatan termutakhir sampai fitur anti peluru. Tak...