F1: Verstappen Salip Leclerc Raih Kemenangan Grand Prix Miami Perdana

Verstappen Leclerc

MIAMI, Carvaganza – Akhir pekan lalu menjadi momen debut Miami menggelar Grand Prix Formula e untuk pertama kalinya dalam sejarah. Dan di momen ini, Max Verstappen kembali menambah koleksi kemenangannya musim ini, menguasai balapan Grand Prix Miami 2022 dengan melalui duel cukup sengit melawan Charles Leclerc.

Ferrari menunjukkan kekuatannya di awal grand prix terbaru di Amerika Serikat ini, dengan menguasai sesi free practice sampai kualifikasi. Bahkan Ferrari merebut pole position lewat Leclerc, diikuti oleh Carlos Sainz yang meraih posisi start kedua. Duo pembalap Red Bull, Verstappen dan Sergio Perez, membuntuti Ferrari tepat di dua posisi setelahnya.

Leclerc mempertahankan pole selepas start, dan sempat langsung menjauh dari para rivalnya. Sementara Verstappen berhasil menyusul dan merebut posisi kedua dari Sainz di tikungan 2 Miami International Autodrome yang dibangun semi permanen. Sementara di lap pertama ini, terjadi senggolan antara Fernando Alonso dan Lewis Hamilton.

GP Miami Start

Di beberapa lap awal stint pertama, Leclerc sempat menjaga jarak cukup aman di depan Verstappen. Namun tidak berlangsung lama, karena di lap 9 Verstappen memanfaatkan performa power unit Red Bull yang lebih kuat untuk menyalip Leclerc di tikungan pertama. Sejak itu, sang juara dunia bertahan secara berangsung melebarkan jarak dan menguasai balapan di depan.

Baca Juga: Mobil Balap Pecahkan Rekor Kecepatan Mobil Tanpa Pengemudi

Di belakang mereka berdua, para rekan setim sempat nyaris melakukan hal yang sama. Perez sempat berhasil mendekat ke Sainz untuk memburu posisi ketiga. Namun begitu sudah cukup dekat dan berada di rentang jarak DRS, Perez melaporkan adanya masalah pada mesin, yang membuat kecepatannya menurun dan kehilangan waktu. Alhasil jaraknya dengan Sainz kembali menjauh.

Tidak banyak aksi yang terjadi di trek selama stint pertama balapan, terlebih di baris depan yang cenderung stabil jaraknya. Namun Ferrari mencoba untuk memperbaiki situasi dengan memanggil Leclerc masuk pit awal di lap 25. Namun prosesi pit yang kurang mulus, selama 3,3 detik, tidak memuluskan jalan Leclerc untuk memangkas jarak ke Verstappen menggunakan ban baru kompon hard. Sementara Verstappen yang masuk pit dua lap setelahnya, tidak mengalami hambatan dan mempertahankan jaraknya di depan Leclerc.

Gasly Norris GP Miami

Jarak sampai 7,7 detik diciptakan oleh Verstappen di depan, mengikis harapan Ferrari untuk mengantarkan Leclerc meraih kemenangan ketiga musim ini. Namun peluang sempat hadir menyusul tabrakan Pierre Gasly dan Lando Norris di tikungan 7, memaksa Norris terhenti di trek dan safety car masuk. Balapan yang dinetralisir ini membuat jarak setiap pembalap kembali rapat dan perebutan posisi lebih sengit.

Balapan dilanjutkan dengan 10 lap tersisa. Di antara para pembalap di baris depan, hanya Perez yang masuk pit kedua kalinya untuk berganti ban dari hard ke medium. Diharapkan strategi ini bisa membuat Perez menyerang dan menyalip Sainz untuk posisi ketiga. Peluang Leclerc merebut kembali posisi pertama pun terbuka saat balapan dilepas oleh safety car.

Baik Verstappen dan Leclerc langsung berduel dan meninggalkan pembalap lain di belakangnya. Beberapa kali Leclerc berusaha mendekat dan menyerang dengan memanfaatkan DRS. Namun performa paket mobil RB18 yang lebih kuat membuat Verstappen berhasil bertahan. Sementara Perez dengan ban lebih dan kencang baru tidak kunjung berhasil menyalip Sainz dengan ban hard.

GP Miami Podium

Insiden kembali terjadi jelang akhir balapan, antara Mick Schumacher yang menabrak Sebastian Vettel di tikungan 1. Karena insiden ini, lepas peluang Schumacher untuk mencetak poin perdananya di F1. Vettel pun langsung masuk pit dan meninggalkan balapan karena kerusakan mobilnya.

Akhirnya setelah 54 lap balapan di sirkuit yang dibangun di sekitar Hard Rock Stadium, Verstappen finish terdepan dan unggul 3,7 detik dari Leclerc. Posisi ketiga berhasil dipertahankan Sainz yang kembali raih podium setelah dua kali gagal finish berturut-turut. Sementara Perez melengkapi dominasi Red Bull dan Ferrari di empat posisi terdepan. Mercedes yang mulai tunjukkan peningkatan finish di posisi kelima dan keenam.

Dengan kemenangan ini, berarti secara statistik Verstappen berhasil memenangkan setiap balapan yang diikutinya sampai finish. Yaitu di Arab Saudi, Imola, dan Miami. Poin Leclerc di puncak klasemen semakin dipangkas jaraknya oleh Verstappen, begitu juga Ferrari di puncak klasemen konstruktor.
(WAHYU HARIANTONO)

Baca Juga: Tiket Formula E Resmi Dijual Mulai Dari Rp 250 ribu – Rp 10 Juta

Grand Prix Miami Finish

GP Miami Klasemen

GP Miami Klasemen

Mobil Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Tips
  • Review
  • Artikel Feature