Mobil Balap Pecahkan Rekor Kecepatan Mobil Tanpa Pengemudi

Dallara AV-21

FLORIDA, Carvaganza – Perkembangan teknologi otomotif makin maju pesat. Pada 27 April kemarin, mobil balap tanpa pengemudi berhasil memecahkan rekor kecepatan di darat untuk mobil tanpa pengemudi. Top speed yang dicapai sampai 307,5 km/jam.

KEY TAKEAWAYS

  • 307,5 km/jam oleh tim PoliMOVE yang dibentuk kampus Politecnico di

    307,5 km/jam oleh tim PoliMOVE yang dibentuk kampus Politecnico di Milan dengan University of Alabama.
  • Mobil apa yang dipakai untuk memecahkan rekor kecepatan tanpa pengemudi?

    Indy Lights Dallara IL-15 yang basisnya adalah Dallara AV-21
  • Mobil robot (Robo-car) tersebut adalah mobil balap Indy Lights Dallara IL-15 yang basisnya Dallara AV-21 dan memang dipakai di balapan Indy Race. Namun, kendaraan sudah dimodifikasi oleh tim PoliMOVE, bentukan Politecnico di Milano dan University of Alabama. Mesin yang dipakai kabarnya 30 persen lebih powerful dibandingkan dengan mesin yang dipakai oleh Roborace yang mencatat waktu 280,7 km/jam pada September 2019.

    Rekor yang dipecahkan itu belum diverifikasi oleh tim independen, baru klaim dari tim pembuatnya yakni kampus Politecnico di Milano dan Universitas Alabama. Rekor tersebut dipecahkan di lintasan penerbangan ruang angkasa Kennedy Space Center, Florida, Amerika Serikat.

    Dallara AV-21
    Namun, banyak pihak memperkirakan catatan waktu itu tidak akan terlalu dipermasalahkan karena belum banyak orang yang berkompetisi dalam menciptakan rekor kecepatan mobil tanpa pengemudi. Apalagi rekor driverless itu semakin spesifik lagi diciptakan oleh mobil balap.

    Yang dipertanyakan orang adalah apa hubungannya menciptakan rekor Indy Autonomous Challenge di trek lurus itu dengan pengembangan teknologi mobil otonom. Karena kendaraan otonom nantinya dipakai di jalan raya dengan segala bentuk rupa rute dan handicap. Jadi rekor kecepatan yang diciptakan PoliMOVE itu ya sama dengan rekor kecepatan yang pernah berulang kali diciptakan sebelumnya.

    Hasil uji coba ini sangat menggembirakan, kami senang telah menciptakan rekor dunia. Tapi kami lebih senangnya lagi adalah data ini bisa digunakan oleh semua pihak dan industri akan mendapatkan manfaat positif dari hasil kerja kami,” ujar Professor Sergio Savaresi, ketua tim Politecnico di Milano.

    Dallara AV-21

    Profesor Sergio mengungkapkan bahwa kecepatan 307,5 km/jam itu diperoleh dalam dua kali usaha secara berturut-turut bolak-balik dengan arah yang berlawanan untuk menghilangkan efek angin. “Kami menjalankan mobil yang beroperasi dengan metode algoritme, di mana ketepatan adalah paripurnanya. Kesalahan prediksi sedikit saja bisa membuahkan hasil yang sangat berbeda,” tambahnya.

    Agar bisa berjalan tanpa awak, Dallara AV-21 itu dimodifikasi dan mendapatkan ragam hardware serta peranti pengaturan untuk mendukung otomatisasi kerja kendaraan. Misalnya, dilengkapi dengan tiga sensor Luminard Hydra LiDAR agar kendaraan bisa merasakan kepekaan jarak jauh 360 derajat sehingga bisa melesat otonom dengan aman.

    Penciptaan rekor ini merupakan bagian dari event Indy Autonomous Challenge di Las Vegas, Amerika Serikat, yang merupakan balapan head-to-head pertama antar mobil balap otonom. Lomba diikuti oleh tim tim dari lima negara. (EKA ZULKARNAIN)

    Baca juga: SSC Tuatara Pecahkan Rekor Mobil Tercepat di Dunia Tembus 532,8 Kpj!

    Mobil Pilihan

    • Upcoming

    Updates

    Artikel lainnya

    New cars

    Artikel lainnya

    Drives

    Artikel lainnya

    Review

    Artikel lainnya

    Video

    Artikel lainnya

    Hot Topics

    Artikel lainnya

    Interview

    Artikel lainnya

    Modification

    Artikel lainnya

    Features

    Artikel lainnya

    Community

    Artikel lainnya

    Gear Up

    Artikel lainnya

    Artikel Mobil dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Advisory Stories
    • Road Test

    Artikel Mobil dari Zigwheels

    • Motovaganza
    • Tips
    • Review
    • Artikel Feature