F1: Hamilton Gagal Kunci Gelar Juara Dunia di GP Amerika Serikat

AUSTIN, 22 Oktober 2018 – Lewis Hamilton harus menunda pestanya meraih gelar juara dunia tahun ini di seri Formula 1 Grand Prix Amerika Serikat 2018. Karena total poinnya setelah balap seri ke 18 ini belum aman dari kejaran Sebastian Vettel.

Berhasil meraih pole position di sesi kualifikasi, Hamilton harus puas kehilangan posisi terdepan dan finish di posisi ketiga. Dengan tambahan 15 poin, Hamilton kini memimpin dengan total 346 poin di klasemen pembalap.

Vettel nyaris kehilangan peluangnya untuk mencegah Hamilton berpesta lebih awal, saat melintir akibat menyenggol Daniel Ricciardo di lap pertama. Beruntung Vettel mampu naik ke posisi keempat hingga dua lap terakhir, dan meraih tambahan 12 poin untuk mengumpulkan 276 poin.

Hamilton kini unggul 70 poin dari Vettel, di saat dirinya perlu unggul setidaknya 75 poin untuk bisa mengunci gelar di Circuit Of The Americas (COTA). Pertarungan mengejar gelar juara dunia kelima untuk Hamilton dan Vettel akan berlanjut ke seri berikutnya di Meksiko.

https://twitter.com/F1/status/1054122487531810816

Sementara kemenangan pertama yang diraih sejak 5 tahun lalu, membawa Kimi Raikkonen kembali naik ke posisi ketiga klasemen dengan total 221 poin. Raikkonen menyalip Valtteri Bottas yang harus puas finish kelima, dengan kini mengantungi 217 poin.

Balapan impresif kembali ditunjukkan Max Verstappen yang harus start dari belakang karena penalti dan kerusakan mobil saat kualifikasi. Berhasil finish kedua, Verstappen memantapkan tempatnya di posisi kelima klasemen dengan total 191 poin, sementara Ricciardo yang gagal finish masih aman di posisi kelima dengan 146 poin.

Berkat finish keenam di seri ini, Nico Hulkenberg berhasil naik ke posisi ketujuh dari kesembilan dan melompati Sergio Perez dan Kevin Magnussen. Pembalap Renault itu mengoleksi 61 poin di atas Perez dengan 57 poin, Magnussen 53 poin, sementara Fernando Alonso yang gagal finish masih di posisi ke-10 dengan 50 poin.



Pada klasemen konstruktor, kemenangan Raikkonen dan posisi keempat oleh Vettel berbuah tambahan 37 poin untuk Ferrari. Dengan total 497 poin, Ferrari telah memotong jarak menjadi 66 poin dari Mercedes (563 poin) yang sebelumnya 78 poin.

Tidak ada perubahan untuk posisi ketiga, keempat dan kelima di klasemen konstruktor di mana Red Bull Racing tanpa saingan di posisi keempat dengan 337 poin. Renault di posisi keempat dengan 106 poin diikuti Haas dengan 86 poin.



WAHYU HARIANTONO

Artikel yang direkomendasikan untuk anda