Beranda Updates Di Imola, F1 akan Gelar Grand Prix Format Lebih Singkat

Di Imola, F1 akan Gelar Grand Prix Format Lebih Singkat

IMOLA, Carvaganza.com – Tahun ini, sudah dipastikan Sirkuit Imola akan menggelar lagi balapan Formula 1, setelah absen lama sejak 2006. Pada balapan ini, F1 akan menguji coba format seri balapan baru, yang akan diterapkan tahun depan. Secara keseluruhan, akhir pekan balap di Imola hanya akan berlangsung selama dua hari.

F1 resmi merilis jadwal seluruh sesi yang akan dilangsungkan selama seri Grand Prix Emilia Romagna 2020 tersebut, hari Selasa (4/8/2020). Grand prix hanya akan berlangsung pada hari Sabtu dan Minggu, mempersingkat kegiatan keseluruhan.

Jadi, sepanjang akhir pekan hanya akan ada satu sesi free practice pada hari Sabtu pagi, yang langsung dilanjutkan ke kualifikasi pada siang harinya. Sesi latihan sepanjang 90 menit akan menjadi satu-satunya kesempatan para pembalap beradaptasi dengan sirkuit dan setting mobil. Hari Minggu hanya akan menjadi waktu untuk sesi balapan.

Praktis, tidak akan ada kegiatan sama sekali di sirkuit selama hari Jumat. Karena pada hari Jumat akan dijadwalkan khusus untuk seluruh sesi media, baik bagi tim dan pembalap. Meski formatnya mirip dengan yang diterapkan kelas junior selama ini (F2, F3), namun F1 tetap hanya akan menggelar satu kali balapan.

Imola sendiri akan menjadi sirkuit ketiga di Italia, yang masuk ke kalender F1 2020, setelah Monza dan Mugello. Jika Monza dan Mugello dijadwalkan brurutan di bulan September, Imola justru terpisah pada 31 Oktober – 1 November 2020.

Salah satu alasan digunakannya format dua hari ini adalah demi memungkinkan tim melakukan perjalanan darat untuk logistik. Agar tidak terburu-buru karena sebelum Imola, balapan digelar di Portugal, menggunakan Sirkuit Portimao. Secara bersamaan, penerapan format ini juga akan mengurangi anggaran yang dikeluarkan oleh tim untuk operasional.

F1 sendiri memang sudah akan menerapkan pembatasan anggaran operasional tim, yang sudah disepakati beberapa bulan lalu. Selain karena krisis akibat pandemi, pengetatan anggaran juga menyusul akan diterapkannya regulasi teknis baru pada 2022.

Setelah terakhir kali menggelar F1 pada tahun 2006, Imola kembali masuk ke kalender kejuaraan tahun ini. Salah satu sirkuit milik Ferrari ini telah mengalami renovasi besar-besaran sejak ditutup sementara tahun 2007 lalu. F1 mengumumkan Imola bersama dengan dua sirkuit lainnya, yaitu Nurburgring dan Portimao untuk melengkapi jadwal balap musim ini.

Sejauh ini, kalender balap 2020 masih dipastikan digelar di benua Eropa. Ke depannya, diharapkan F1 akan mengumumkan jadwal selengkapnya. Negara di Timur Tengah seperti Bahrain dan Abu Dhabi kemungkinan besar akan diumumkan. Sementara seri Amerika dipastikan tidak ada, seri Asia juga diperkirakan absen tahun ini.

Sumber: Crash, Formula 1

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Audi R8 RWD Panther Edition Diciptakan Hanya 30 Unit Khusus Konsumen Amerika Serikat

JAKARTA, Carvaganza.com – Audi bukan brand mobil biasa di Amerika Serikat (AS). Audi cukup punya popularitas. Apalagi sportscar miliknya, Audi R8 beberapa kali tampil...

Grup Astra Berpartisipasi Pada Pelepasan Ekspor Dipimpin Presiden Joko Widodo

JAKARTA, carvaganza -  Grup Astra pada hari ini, Jumat (4/12) ikut berpartisipasi pada acara Pelepasan Ekspor dari Indonesia ke pasar global yang dipimpin Presiden...

Beli Peugeot Bulan Desember, Dapat Voucher Belanja Plus Cicilan Ringan

JAKARTA, Carvaganza -- Desember identik dengan musim liburan. Pengujung tahun 2020 juga menjadi waktu bagi para agen pemegang merek memberikan panawaran istimewa untuk konsumen,...

Lebih dari 8.000 Peserta Ramaikan Kompetisi Balap Virtual Honda Brio

JAKARTA, Carvaganza -- Mobile game berbasis android bertajuk Brio Virtual Drift Challenge digelar PT Honda Prospect Motor (HPM) pada September 2020 lalu. Untuk menambah...

Shell Terbitkan Buku 10 Tahun Partisipasi Indonesia di Shell Eco-marathon

JAKARTA, Carvaganza -- Shell memberikan sarana bagi anak muda dalam berkreasi dan berinovasi. Salah satunya melalui Shell Eco-marathon (SEM) Asia dan juga Drivers’ World...