Beranda Updates Chief Engineer Lexus NX Kembangkan Karakter Handling Selama Setahun

Chief Engineer Lexus NX Kembangkan Karakter Handling Selama Setahun

JAKARTA, 14 Maret 2018 – Takeaki Kato, Chief Engineer Lexus RX 350L, yang datang ke Indonesia kemarin atas undangan Lexus Indonesia adalah orang yang melahirkan Lexus NX. Ia melahirkan Lexus NX dari mulai sketsa sehingga menjadi kendaraan entry level dalam line-up Lexus sekarang ini.

“Kalau dalam hal RX, saya tidak melahirkan dari awal, saya menggantikan orang sebelum saya. Namun yang RX 350L ini betul- betul lahir dari tangan saya sendiri dan tim. Nah, yang paling menarik justru dari NX yang saya lahirkan bersama tim dari mulai sketsa,” ujar pria yang pertama kali bergabung dengan Toyota tahun 1986 ini.

Untuk melakukan pengembangan 350 L ini memakan waktu tiga tahun, tambahnya. “Kami melakukan ragam riset, terutama riset pasar yang dilakukan di kawasan Amerika Utara yang merupakan pasar utama RX 350 versi standar. Dari situ kami melahirkan RX 350 L.”

Mengenai Lexus NX, ia dan tim memulai dari sketsa dengan waktu pengembangan selama empat tahun. “Selama empat tahun itu kami berdiskusi terus menerus agar menghasilkan SUV yang mewah, memiliki pengendaraan dinamis sekaligus elegan. Selain itu juga sporty,” ujarnya.

Menurutnya, ketika seluruh aspek kendaraan dari mulai desain body, interior dan mesin sudah selesai tim juga harus memikirkan soal karakter pengendaraan NX. “Tentunya pengendaraan mobil ini juga harus berbeda dengan mobil Lexus lainnya karena NX memiliki body yang lebih kompak dan sasarannya adalah konsumen yang berjiwa dinamis.”

Carvaganza mengamini bahwa pengendaraan Lexus NX 200t yang beredar di Indonesia memang lain daripada Lexus lainnya. Soul pengendaraan ini lebih dinamis, lebih sporty dan lebih muda dibandingkan dengan Lexus di atasnya yang cenderung lebih mapan. Kalau diibaratkan Lexus NX adalah seorang atlet berdasi, sedangkan Lexus lain yang berada di segmen atasnya mirip tuan besar.

“Untuk handling kami harus melakukan pengembangan khusus selama setahun. Sebetulnya, kami sudah mengantungi 90 persen karakter pengendaraan NX itu harus seperti apa, namun yang selama satu tahun terakhir adalah kami harus mencari sisa 10 persennya agar benar-benar pas,” ujar pria yang pernah ditempatkan di Amerika Serikat selama empat tahun ini.

Ia mengatakan, timnya harus bolak-balik berdiskusi dan men-tuning serta melakukan kompromi di sejumlah sektor agar mendapatkan setingan  yang pas. “Dari situ kami mendapatkan tuningan pengendaraan seperti sekarang.”

EKA ZULKARNAIN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Dalam 8 Bulan, Suzuki XL7 Kuasai 12 Persen Segmen Medium SUV

JAKARTA, Carvaganza -- SUV Suzuki XL7 memang baru diluncurkan Februari 2020 lalu. Namun selama 8 bulan ia terus berkontribusi positif, baik dalam penjualan nasional...

BMW Astra Used Car Siapkan Dana 100 Milyar Untuk Beli BMW Bekas

JAKARTA, carvaganza – Dunia otomotif memang sedang terpukul karena pandemi COVID-19. Penjualan mobil baru terpuruk. Tapi bukan berarti kita harus berdiam diri. Justru hal...

Kisah Civic Bermerek Triumph dan Discovery Bermerek Honda

JAKARTA, carvaganza - Honda dan British Leyland (BL) adalah dua nama pabrikan otomotif yang satu pabrikan kampiun asal Jepang, satunya asal Inggris dan pernah...

Renault Ungkap Konsep SUV Mungil, Diprediksi Siap Masuk Indonesia

PARIS, Carvaganza.com – Renault sepertinya semakin menikmati diri bermain di segmen kendaraan kompak, dan berwujud SUV. Setelah Kwid, kini akan hadir model SUV berdimensi...

Versi Siap Produksi Porsche 911 GT3 2021 Terlihat Tanpa Kamuflase

STUTTGART, Carvaganza.com – Generasi terbaru 911 GT3 sepertinya sudah mendekati waktu peluncuran, dan Porsche pun sudah tidak malu-malu menunjukkan wujudnya. Dalam rangkaian spyshot terbaru,...