Bos Toyota Tunda Rilis 86 Terbaru Karena Tidak Puas Performa BRZ

Tokyo, Carvaganza – Menjelang peluncuran kembaran dari Subaru BRZ, yaitu Toyota 86 terungkap penyebab tentang mundurnya Toyota dari jadwal peluncuran. Hal tersebut terungkap dari laporan Next Car Web Japan yang mengutip bahwa Akio Toyoda, bos Toyota mengusulkan untuk mengubah tampilan Toyota 86. Toyoda menganggap performa 86 masih sangat mirip dengan BRZ, ia menginginkan performa yang lebih menonjol pada produk andalannya tersebut. 

Para insinyur Toyota dipastikan akan mengubah setelan pada kerja transmisi dan mesin agar menghasilkan performa yang lebih maksimal. Padahal pengembangan Toyota 86 dan Subaru BRZ sudah selesai, keduanya beberapa kali memberikan teaser tentang tampilan dan performa ke sosial medianya. 

Dalam artikel tersebut juga dilaporkan bahwa ini merupakan kemunduran yang tidak terduga, karena Akio Toyoda tidak ingin ada kesamaan antara BRZ dan 86. Padahal ini bukan kali pertama Toyota menghadirkan kendaraan kembar dengan Subaru, sama halnya seperti Toyota Supra dan BMW Z4.

Subaru BRZ 2021

Padahal mesin yang digendong oleh keduanya merupakan fabrikasasi Toyota dengan kode D-4S namun dengan pengembangan dari Subaru. Banyak yang menduga Toyota akan menghadirkan versi lain untuk memberikan diferensiasi pada mobil sportnya tersebut. Sama seperti Toyota menghadirkan Supra GRMN yang memiliki tenaga 500 hp dan sepertinya karena polemik yang sama, Toyota ingin produknya terlihat berbeda.

Dengan tersiarnya kabar ini, Toyota bisa dipastikan akan molor dari waktu peluncuran yang ditentukan yaitu 5 April 2021. Sedangkan produk kembarnya Subaru BRZ dikabarkan akan tetap diluncurkan pada schedule yang sudah ditentukan, bahkan wujud utuhnya sudah dirilis pada tahun lalu.

Beberapa angka performa yang digendong oleh Subaru pun sudah dirilis, BRZ 2022 akan dibekali dengan mesin 4 silinder boxer dengan tenaga maksimal 228 hp dan torsi 250 Nm. Sementara dengan adanya kabar ini mungkin mesin 4 silinder boxer yang ditanamkan pada Toyota 86 akan memiliki angka performa yang lebih ganas. Mesin tersebut juga akan dikawinkan dengan dua pilihan transmisi 6-percepatan otomatis dan manual. Toyota dan Subaru sepakat untuk menggunakan mesin naturally aspirated dengan penggerak roda belakang.

Toyota 86

Toyota 86 dan Subaru BRZ masih mempertahankan layout 2+2 pada roadsternya ini dengan sentuhan-sentuhan modern di dalamnya. Joknya akan dibungkus dengan material kulit sedangkan untuk layanan hiburan akan dibekali dengan layar sentuh berukuran 8-inci yang sudah terintegrasi dengan Apple CarPlay dan Android Auto. 

Toyota 86 yang dikembangkan langsung dibawah divisi Gazoo Racing juga akan menggunakan nama GR 86 sama seperti GR Yaris. Saat ini pihak Gazoo Racing dan Subaru sudah melakukan pembicaraan terkait rencana untuk mengoreksi performa mesin dan transmisi pada GR 86. Sekarang kita tunggu saja hasil yang akan dirilis oleh Toyota setelah mendapat kritik dari Akio Toyoda.
ALVANDO NOYA / WH

Sumber: Next Car Web

Artikel yang direkomendasikan untuk anda