Beranda New Cars BMW 128ti Hadir, Akhirnya Seri 1 Jadi ‘Hot Hatch’ Mainstream

BMW 128ti Hadir, Akhirnya Seri 1 Jadi ‘Hot Hatch’ Mainstream

MUNICH, Carvaganza.com – Model hatchback dari BMW saat ini hanya diwakili oleh Seri 1, yang kini sudah beredar dalam tiga generasi. Meluncur dengan format berbeda dari generasi pendahulu, BMW ingin membuat Seri 1 bisa ikut bersaing di segmen hot hatchback, dengan merilis 128ti. Dikatakan, 128ti menjadi hatchback yang ditujukan kepada purist pecinta performa, tanpa terlalu banyak driving aids.

Dua generasi Seri 1 sebelumnya hadir dengan sistem penggerak roda belakang. Dengan drivetrain tersebut, Seri 1 bak alien di segmen hatchback. Karena bisa dibilang, hanya BMW yang membekali hatchback dengan penggerak roda belakang di era modern. VW Golf, Ford Focus, Honda Civic, Renault Megane selalu berpenggerak roda depan sebagai standarnya.

Akhirnya muncul lagi suffix “ti” setelah sekian lama absen di keluarga BMW. Merupakan singkatan dari Turismo Internazionale, mengindikasikan kontestan yang lebih sporty. Sama seperti keberadaan BMW 1800 TI dan 2002 TI, sampai terakhir dipakai di keluarga Seri 3 Compact generasi E36 dan E46. Untuk 128ti sendiri mengikuti tradisi awal sebelum “M” menjadi huruf paling kuat BMW. Dibikin lebih kencang dari standar dan mengeksekusi lungsuran komponen M135i xDrive.

Contoh pada mesin, di balik bonnet bersembunyi pemacu 2,0 liter TwinPower Turbo dari sang kakak. Ekstraksi output diturunkan, memang, dengan semburan tenaga 265 hp pada 4.750-6.500 rpm, didahului tendangan kuat torsi 400 Nm sejak 1.750 hingga 4.500 rpm. Akselerasi ke 100 km/jam tuntas dalam tempo 6,1 detik. Berarti 1 detik lebih lincah ketimbang 120i meski tidak secepat M135i yang menorehkan 4,8 detik.

Yep, 128ti merupakan hot hatchback berpenggerak roda depan pertama pabrikan. Selaras pergantian layout drivetrain keluarga Seri 1. Tugas penyaluran daya diemban oleh transmisi otomatis Steptronic Sport 8 percepatan. Sensasi performa diberikan oleh selektor manual paddle shifter.

Urusan kaki-kaki, standarnya sudah dibekali paket suspensi M Sport. Kuda-kuda turun sampai 10 mm, merendahkan titik pusat gravitasi. Tampaknya BMW berusaha meminimalisir torque steer lewat settingan setir khusus. Mengingat 128ti menghasilkan putaran kuat untuk roda depan. Sementara itu, torsen limited-slip differential, memastikan cengkeraman optimum saat bermanuver.

Lungsuran komponen M135i xDrive turut ditemukan pada kaki kaki. Adalah anti-roll bar dan dudukannya. Menjaga postur dari body roll. Disokong pula oleh per kaku berikut adaptasi pada peredam kejut demi suguhkan dinamisme berkendara terbaik. Terdengar fun to drive dalam bungkusan sebuah hatchback kompak. Apalagi ia memiliki bobot 80 kg lebih ringan dari model flagship. Tak hanya itu, peranti pengereman M Sport datang dari varian terkencang juga. Meliputi piringan 360 mm dijepit kaliper empat piston di depan dan unit 300 mm bersama floating caliper di belakang.

Seluruh potensi disuarakan oleh elemen visual. Ia mengenakan bodikit M Sport dengan sentuhan khusus. Beberapa komponen dilabur aksen merah. Meliputi sayatan kanal udara vertikal di depan, trim side skirt, dan emblem ”ti” di ujung side skirt. Andai memilih warna dasar Melbourne Red atau Misano Blue Metallic, aksen kontras tadi bakal mendapat cat hitam.

Nuansa sporty turut ditegaskan oleh paket Extended Shadowline. Trim hitam mengilap disebarkan sampai ke grille dan batok spion. Kalau ingin lebih intimidatif, BMW Individual lights Shadowline opsional memiliki rumah lampu hitam. Manis bak mengenakan eyeliner. Terakhir, ia mengenakan sepatu eksklusif Y Spoke Style 553 M bi colour berdiameter 18 inci. Dapat dibungkus ban performa Michelin Pilot Sport 4 tanpa biaya tambahan.

Kalau masih kurang gahar, tersedia paket ekstra M Performance Parts. Sekaligus meningkatkan sisi aerodinamika. Termasuk di dalamnya splitter dan spoiler belakang hitam mengilap, serta diffuser dan penutup spion serat karbon. Di samping itu, sepatunya bisa diganti dengan unit 18 inci Style 711 M atau 19 inci M Performance double spoke bi-colour Style 555 M.

Interior tak ketinggalan kebagian sentuhan spesial. Nuansa hitam ditemani detail merah. Contoh jahitan benang pada door trim, dasbor, setir, armrest dan panel instrumen. Lalu, melekat grafis merah juga pada sandaran bangku. Sebagai informasi, sport seat dan roda kemudi M Sport adalah komponen standar. Penegasan suffix “ti” menyudahi rancangan kabin lewat emboss di sandaran tangan tengah.

Sumber: BMW

AHMAD KARIM

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

7 Mobil Sport Jepang Yang Bikin Lutut Pabrikan Eropa Bergetar

JAKARTA, Carvaganza.com - Jepang memang bukan pionir dalam hal transportasi darat. Tapi kegigihan mereka untuk bertahan menjadikan produknya mampu melampaui mereka yang mapan. Hal...

Menang F1 GP Portugal 2020, Hamilton Nyaris Gagal Lewati Rekor Schumacher

PORTIMAO, Carvaganza.com – Formula 1 akhirnya menggelar lagi balapan Grand Prix Portugal di tahun 2020 yang unik ini, bertempat di Sirkuit Portimao, Algarve. Gelaran...

Demi Tingkatkan Kualitas,  Daihatsu Gelar Konvensi Inovasi

JAKARTA, carvaganza.com – Sebagai perusahaan yang mengutamakan kualitas tinggi, kepuasan dan kepercayaan pelanggan adalah segalanya. Untuk menunjukkan komitmen tersebut, perusahaan harus terus melakukan improvement...

Aksesoris Fortuner dan Kijang Innova Baru, Ada Diskon 20 Persen

JAKARTA, Carvaganza -- Toyota New Fortuner dan New Kijang Innova baru kini sudah hadir di Auto2000 Digiroom. SUV dan MPV ini tampil dengan berbagai...

Cegah Penyebaran Covid-19, Suzuki Donasikan Masker dan Handsanitizer untuk Angkot

JAKARTA, Carvaganza -- Sebagai salah satu produsen New Carry yang banyak digunakan sebagai armada angkutan kota (angkot), PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memiliki kepedulian...