Mercedes-AMG Project One Resmi Dilansir, Ini Kehebatannya

Mercedes-AMG Project One Resmi Dilansir, Ini Kehebatannya
FRANKFURT, 13 September 2017 – Salah satu mobil yang paling ditunggu jagad otomotif, Mercedes-AMG Project One, akhirnya tampil resmi di Frankfurt Motor Show 2017. Hypercar plug-in hybrid itu merupakan janji Affalterbach untuk membawa teknologi Formula 1 ke mobil jalan raya. Apa saja kehebatannya?

Rincian umum mengenai mesin yang digunakan sebenarnya sudah sedikit terungkap. Di belakang mobil dua tempat duduk ini, Mercedes-AMG Project One menggunakan mesin 1.6 liter turbocharged direct injection V6 milik Petronas Formula One yang mampu berputar hingga 11.000 rpm.

Mesin bensin ini mampu mengembangkan lebih dari 500kW, sementara masing-masing motor listrik memompa 120kW sehingga total sistemnya menghadilkan 740kW atau lenih dari 1000 hp. Menariknya mesin ini tak membutuhkan bahan bakar “balap” namun cukup dengan “bensin biasa” RON 98.

Menariknya, Mercedes-AMS sama sekali tidak melansir mengenai torsi yang dimiliki mobil ini atau juga kemampuan project One melakukan sprint 0-100 km/jam. Namun ada angka yang mengklaim hypercar hybrid ini mencatat 0-200 km/jam kurang dari 6.0 detik dan kecepatan maksimumnya lebih dari 350 km/jam. Sebagai perbandingan, Ferrari LaFerrari dan McLaren P1 diklaim berlari 0-200 km/jam di bawah 7 detik.



Meski punya catatan performa apik, Project One plug-in hyrid juga bisa tampil sebagai mobil listrik murni. Hanya dengan baterai mobil ini bisa berjalan sampai 25 km. Sebagai padanan mobil ini menggunakan variable AMG Performance 4Matic+ all-wheel drive system with hybrid drive rear axle, electric driven front axle dan torque ventoring plus AMG speedshift manual 8 kecepatan.

Selain mesin dan empat motor listrik, Project One juga dilengkapi monocoque serat karbon, dengan mesin dan transmisi berbagi bantalan beban à la Ferrari F50. Suspensi multilink memiliki peredam pushrod yang terpasang melintang, mencegah putaran bahkan selama perubahan arah yang sangat cepat, tanpa mengakibatkan tumpangan yang tidak nyaman. Rem keramik karbon datang sebagai standar.



Di luar performanya, Mercedes-AMG Project One memiliki rancangan desain yang luar biasa. Dengan bodi panjang dan rendah, dan dilengkapi dengan ujung depan yang agresif dan lampu LED yang ramping plus desain AMG yang khas dengan intake udara depan yang cukup besar.

Panel serat karbon menyalurkan udara langsung di sepanjang sisi yang menonjolkan motif hijau Petronas, dirancang sama dengan warna mobil balap. Sementara bagian belakang dilengkapi spoiler belakang besar dan diffuser belakang twin-channel meningkatkan efisiensi aerodinamis. Tiga lampu belakang LED terpasang cantik di kedua sisi.



Di bagian tengah mobil ada knalpot bulat besar dengan dua pintu keluar yang lebih kecil, seperti pada mobil F1. Roda aluminium berukuran 19 inci di depan dan 20 inci di bagian belakang, terbungkus ban 285/35 di depan dan ban belakang Michelin Pilot Sport Cup 2 yang didesain khusus untuk Project One.

Di dalam, kabin dua tempat duduk minimalis diselingi oleh roda kemudi bergaya ala persegi dengan lampu LED shift di bagian atas. Tombol berwarna dan pengontrol putar untuk menyesuaikan berbagai pengaturan kendaraan. Di dashboard memiliki display kembar 10 inci yang berisi kumpulan instrumen digital dan layar infotainment COMAND.



Jok twin-bucket seat terintegrasi dalam monocoque dan dilengkapi sandaran yang dapat disetel (pedal dan setir juga dapat disesuaikan). Kulit magma abu-abu nappa dan microfibre hitam melapisi beberapa bagian.

Untuk saat ini, Project One hanya sebuah konsep, namun Mercedes-AMG telah berkomitmen untuk membangun 275 unit dengan harga 2,17 juta euro per unitnya. Semua unit yang akan dibangun dilaporkan habis terjual.

https://www.youtube.com/watch?v=du8h0Rs6Hp0

RAJU FEBRIAN

Featured Articles

Read All

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Tips
  • Review
  • Artikel Feature