Tahun Depan, Genesis G90 Siap Debut Lawan S-Class, Seri 7 dan A8

  • 2021/12/Genesis-G90-2022-1.jpg
  • 2021/12/Genesis-G90-2022-2.jpg
  • 2021/12/Genesis-G90-2022-4.jpg
  • 2021/12/Genesis-G90-2022-3.jpg

SEOUL, Carvaganza – Genesis akhirnya mengungkapkan desain eksterior G90 yang digadang-gadang mengisi segmen sedan full size sekaligus menjadi pesaing BMW 7-Series, Audi A8 dan Mercedes-Benz S-Class. Kabarnya sedan flagship terbarunya ini akan segera dipasarkan secara global mulai pertengahan 2022 mendatang. G90 digambarkan sebagai "interpretasi paling elegan dari filosofi desain brand tentang Keanggunan Atletik".

Meskipun, Genesis belum secara detail mengumumkan spesifikasi yang akan digunakan oleh G90 termasuk soal mesin. Namun terdapat beberapa spekulasi tentang pilihan mesin yang akan digunakan mulai dari 4 silinder 2.2 liter yang juga digunakan oleh pada G80 dan GV80 hingga mesin diesel turbo 2.5 liter yang mampu menghasilkan tenaga maksimal 300 hp. Sementara itu untuk pasar khusus seperti Amerika, nampaknya Genesis G90 akan menggunakan V6 Turbo yang menghasilkan tenaga 375 hp. 

Sebelum diperkenalkan sebenarnya Genesis G90 generasi kedua ini beberapa kali terlihat di beberapa kali di Jerman tengah melakukan pengujian. Hal tersebut juga dianggap menjadi sinyal bahwa pasar Eropa pertama yang akan disasar oleh Genesis G90 sebelum negara lainnya. Tapi itu tidak terlalu penting dibandingkan apa yang ditawarkan oleh Genesis G90 di generasi terbarunya ini. 

Genesis G90

Dari segi desain eksterior, G90 terlihat sangat mirip dengan Genesis G80 meskipun dimensinya terlihat lebih besar dan memberikan keuntungan untuk kenyamanan di dalam kabin. Selain itu, lampu utamanya menggunakan desain garis ganda dengan teknologi LED demi menampilkan kesan mewah di bagian depan. Grillenya juga dibuat dengan menyeruapi bentuk shield berukuran besar namun dengan kisi-kisi yang berfungsi sebagai aliran udara dan menggunakan G-Matriks yang ditumpuk demi menampilkan efek tiga dimensi.

Baca Juga: Nissan Kebut Produksi Mobil Listrik, Siapkan 23 Model EV untuk 2030

Genesis G90 juga menghadirkan kap mesin dengan gaya clamshell yang diklaim demi menghilangkan celah panel dan menciptakan kesan ramping, mengingat kendaraan ini memiliki dimensi yang cukup besar. Nah, berbicara soal ukuran Genesis memang belum merilis data spesifikasinya namun kabarnya ia akan menyediakan varian dengan wheelbase yang lebih panjang 190 mm dari model standarnya. Bayangkan jika sebuah S-Class saja kabinnya sudah cukup luas untuk penumpang belakang apalagi jika ada tambahan sekitar 100 mm.

Genesis G90

Di bagian belakang G90 memiliki desain lampu yang mirip dengan model Genesis lainnya yakni lampu kembar yang membentang di sepanjang pintu bagasi. Bahkan demi menghadirkan tampilan yang lebih menarik, Genesis memindahkan lampu mundur, sensor dan ruang plat nomor ke bagian bawah mobil agar terlihat lebih rapi. 

Sebagai sebuah sedan premium yang berorientasi pada kenyamanan penumpang belakang, Genesis juga akan dibekali dengan berbagai fitur kenyamanan dan keselamatan aktif. Fitur-fitur seperti Lane Follow Keep Assist, Blind Spot Monitoring, Forward Attention Warning dan Forward Collision Avoidance Assist tentu saja akan Anda temui di dalamnya. Selanjutnya untuk layanan hiburan tidak akan jauh berbeda dengan G80 yang menggunakan layar sentuh berukuran sambungan nirkabel ke smartphone serta sistem Augmented Reality Navigation.
ALVANDO NOYA / WH

Baca Juga: DAS Indonesia Motor Rayakan HUT 1 Tahun, Bidik Pangsa Pasar Premium Indonesia Hingga 20 Persen

Sumber: Autocar

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Hyundai Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Review
  • Artikel Feature