Beranda Updates STOP PRESS: Chevrolet Stop Jualan di Indonesia

    STOP PRESS: Chevrolet Stop Jualan di Indonesia

    JAKARTA, 28 Oktober 2019 – Kabar mengejutkan datang dari satu-satunya pabrikan otomotif Amerika Serikat di Indonesia, Chevrolet, yang mengumumkan akan meninggalkan pasar Indonesia pada tahun depan. Strategi bisnis menjadi alasan mundurnya Chevrolet dari Indonesia.

    Sebuah siaran pers resmi diedarkan oleh General Motors (GM) sebagai induk perusahaan dari Chevrolet, pada hari Senin (28/10/2019), yang menyatakan akan menghentikan kegiatan penjualan kendaraan mereka di Indonesia. Chevrolet akan hentikan penjualannya di Indonesia mulai Maret 2020 mendatang.

    Dalam siaran pers tersebut, President GM Asia Tenggara, Hector Villareal menjelaskan bahwa keputusan ini salah satunya karena penjualan Chevrolet di Indonesia yang beberapa tahun ini tidak menghasilkan keuntungan.

    “Keputusan yang sulit ini konsisten dengan strategi global GM untuk tetap berfokus pada pasar yang memiliki jalur yang jelas untuk mencapai keuntungan yang berkesinambungan,” terang Villareal dalam siaran persnya.

    “Di Indonesia, kami tidak memiliki segmen pasar otomotif yang dapat memberikan keuntungan berkesinambungan.”

    “Faktor-faktor ini juga membuat kegiatan-kegiatan operasional kami menjadi semakin terpengaruh oleh faktor-faktor yang lebih luas di Indonesia, seperti pelemahan harga komoditas dan tekanan mata uang asing.”

    “Dengan berat hati, perlu kami sampaikan bahwa keputusan ini akan memiliki dampak pada beberapa karyawan kami. Dalam hal ini, GM akan memberikan pesangon yang sesuai dalam proses peralihan ini. Kami juga berkomitmen untuk membantu para pihak dalam proses peralihan ini.”

    Keputusan ini menyusul langkah GM yang menutup fasilitas pabriknya di Pondok Ungu, Bekasi, Jawa Barat pada 2015 lalu, yang  saat itu menjadi basis produksi model Low MPV Chevrolet Spin. Hal tersebut juga disebabkan penjualan Spin yang kurang positif di pasar Indonesia.

    Namun meski menghentikan penjualan, GM menyatakan pula akan tetap melayani para konsumen Chevrolet di Indonesia dalam hal garansi dan purna jual. Sebelum Chevrolet, Ford sebagai sesama pabrikan Amerika Serikat juga sudah hengkang dari Indonesia sejak 2016 lalu.

    WAHYU HARIANTONO

    Video Terbaru Youtube Carvaganza



    Last Updates

    Sukses 2019, GIIAS 2020 Kembali Digelar Bulan Agustus

    JAKARTA, 10 Desember 2019 – Penyelenggaraan GIIAS The Series tahun ini mencatatkan pencapaian positif di setiap kota. GIIAS 2019 The Series...

    Rekor Dunia! Hyundai Nexo Bertenaga Hidrogen Bisa Tempuh 778 Km

    SEOUL, 10 Desember 2019 -- Hyundai sukses mencatat rekor dunia baru untuk jarak tempuh kendaraan dengan bahan bakar alternatif. Hyundai...

    McLaren Berniat Ekspansi Besar-Besaran di Asia, Ada Apa?

    WOKING, 10 Desember 2019 – Wilayah Asia dilihat memiliki potensi kuat untuk pasar mobil premium, di saat kondisi pasar di Inggris sedang lesu belakangan...

    Terbaik dari 45 Peserta, Abdhi Rezandi Juara Umum Kejurnas Slalom U23

    JAKARTA, 9 Desember 2019 – Putaran final Kejuaraan Nasional Slalom U23 yang digelar Ikatan Motor Indonesia (IMI) bersamaan dengan Honda Brio Saturday...

    Rekor Baru di Seri Final Slalom Brio Saturday Night Challenge 2019

    JAKARTA, 9 Desember 2019 – Seri final kompetisi slalom Brio Saturday Night Challenge (BSNC) digelar Sabtu, 7 Desember 2019, di Kawasan Ex...