Beranda Updates STOP PRESS: Chevrolet Stop Jualan di Indonesia

STOP PRESS: Chevrolet Stop Jualan di Indonesia

JAKARTA, 28 Oktober 2019 – Kabar mengejutkan datang dari satu-satunya pabrikan otomotif Amerika Serikat di Indonesia, Chevrolet, yang mengumumkan akan meninggalkan pasar Indonesia pada tahun depan. Strategi bisnis menjadi alasan mundurnya Chevrolet dari Indonesia.

Sebuah siaran pers resmi diedarkan oleh General Motors (GM) sebagai induk perusahaan dari Chevrolet, pada hari Senin (28/10/2019), yang menyatakan akan menghentikan kegiatan penjualan kendaraan mereka di Indonesia. Chevrolet akan hentikan penjualannya di Indonesia mulai Maret 2020 mendatang.

Dalam siaran pers tersebut, President GM Asia Tenggara, Hector Villareal menjelaskan bahwa keputusan ini salah satunya karena penjualan Chevrolet di Indonesia yang beberapa tahun ini tidak menghasilkan keuntungan.

“Keputusan yang sulit ini konsisten dengan strategi global GM untuk tetap berfokus pada pasar yang memiliki jalur yang jelas untuk mencapai keuntungan yang berkesinambungan,” terang Villareal dalam siaran persnya.

“Di Indonesia, kami tidak memiliki segmen pasar otomotif yang dapat memberikan keuntungan berkesinambungan.”

“Faktor-faktor ini juga membuat kegiatan-kegiatan operasional kami menjadi semakin terpengaruh oleh faktor-faktor yang lebih luas di Indonesia, seperti pelemahan harga komoditas dan tekanan mata uang asing.”

“Dengan berat hati, perlu kami sampaikan bahwa keputusan ini akan memiliki dampak pada beberapa karyawan kami. Dalam hal ini, GM akan memberikan pesangon yang sesuai dalam proses peralihan ini. Kami juga berkomitmen untuk membantu para pihak dalam proses peralihan ini.”

Keputusan ini menyusul langkah GM yang menutup fasilitas pabriknya di Pondok Ungu, Bekasi, Jawa Barat pada 2015 lalu, yang  saat itu menjadi basis produksi model Low MPV Chevrolet Spin. Hal tersebut juga disebabkan penjualan Spin yang kurang positif di pasar Indonesia.

Namun meski menghentikan penjualan, GM menyatakan pula akan tetap melayani para konsumen Chevrolet di Indonesia dalam hal garansi dan purna jual. Sebelum Chevrolet, Ford sebagai sesama pabrikan Amerika Serikat juga sudah hengkang dari Indonesia sejak 2016 lalu.

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

TIPS: Persiapan Kendaraan Anda Jelang Musim Hujan

JAKARTA, Carvaganza -- Tak lama lagi musim penghujan sepertinya akan datang. Sudah beberapa pekan ini kerap hujan turun. Sebentar lagi, jalanan yang tergenang air,...

F1: Hamilton Dipenalti, Bottas Menangkan GP Rusia 2020

SOCHI, Carvaganza.com – Menjawab ambisinya untuk paruh kedua musim 2020 ini, Valtteri Bottas akhirnya benar-benar berhasil merebut kemenangan di F1 Grand Prix Rusia 2020....

Booth Porsche Di Beijing Auto Show Bisa Ditonton Virtual, Ini Linknya

BEIJING, Carvaganza.com – Sebuah keadaan yang mendesak bisa membuat orang berpikir keras mencari jalan keluar. Seperti yang kita alami selama wabah COVID-19 menyerang dalam...

Daihatsu Perluas Edukasi Program Penyu Untuk Indonesia

JAKARTA, Carvaganza -- Berbagai program digelar PT Astra Daihatsu Motor (ADM) terus membuktikan komitmen dan tanggung jawab sosialnya melalui program CSR (Corporate Social Responsibility)....

Volkswagen ID.4 Meluncur, SUV Listrik Perdana Kaya Teknologi

WOLFSBURG, Carvaganza.com – Volkswagen resmi memperkenalkan model SUV full elektric pertamanya yang bernama Volkswagen (VW) ID.4. Line up mobil listrik VW pun kini semakin...