Beranda Updates Sinergi Renault-Nissan-Mitsubishi Hasilkan Profit Rp 93,3 Triliun

Sinergi Renault-Nissan-Mitsubishi Hasilkan Profit Rp 93,3 Triliun

TOKYO, 23 Juni 2018 – Pada tahun 2016 lalu, Aliansi Renault-Nissan menambah anggota keluarga baru dengan membeli saham mayoritas Mitubishi. Dua tahun setelah akuisisi tersebut, aliansi tiga merek otomotif ini mulai menunjukkan hasil positif.

Renault-Nissan-Mitsubishi Alliance mengumumkan bahwa selama sepanjang tahun 2017 telah meraih keuntungan lewat penghematan hingga €5,7 miliar. Jika di-Rupiah-kan, angka tersebut setara dengan lebih dari Rp 93,3 triliun.

Angka tersebut didapat dari peningkatan efisiensi di berbagai hal yang juga melibatkan merek-merek lain di bawah aliansi seperti Infiniti, Datsun, Dacia, Alpine, Renault-Samsung dan AvtoVAZ.

Efisiensi yang diraih oleh Renault-Nissan-Mitsubishi selama setahun belakangan didapatkan dari pengembangan bersama untuk platform kendaraan, komponen dan teknologi. Selain itu, dari sisi tenaga pembiayaan, operasi finansial dan logistic juga turut berperan dalam hal ini.

Oleh Carlos Ghosn, chairman dari Renault-Nissan-Mitsubishi Alliance, disampaikan bahwa dalam setahun penuh pertamanya Mitsubishi telah berkontribusi pada penghematan biaya sebesar 14 persen dibandingkan pada 2016. Ghosn menargetkan sinergi ini bisa meningkatkan efisiensi hingga meraih profit lebih dari € 10 miliar pada tahun 2022.

“Aliansi ini punya dampak langsung dan positif pada pertumbuhan dan keuntungan pada setiap anggota perusahaan. Di 2017, Aliansi telah menginkatkan performa dari ketiga perusahaan termasuk Mitsubishi Motors yang meraih keuntungan di tahun penuh pertama sinerginya,” jelas Ghosn.

Di pertengahan 2016 lalu, Renault-Nissan membeli 34 persen saham Mitsubishi menyusul terungkapnya kasus manipulasi angka konsumsi bahan bakar oleh Mitsubishi Motors di awal tahun.

Di akhir tahun 2022, Ghosn menargetkan Aliansi bisa menghasilkan produksi kendaraan sebanyak 14 juta unit, yang mana pada tahun 2017 telah menjual 10,6 juta unit. Angka tersebut telah melampaui penjualan Toyota dan Volkswagen yang masing-masing mencatat 10,5 juta dan 10,3 juta unit di 2017.

WAHYU HARIANTONO

Subscribe to our newsletter

To be updated with all the latest news, offers and special announcements.

Video Terbaru Youtube Carvaganza



Last Updates

Aksesoris All New Ertiga Suzuki Sport? Ini Daftar Harganya

JAKARTA, 23 Maret 2019 -- PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) resmi meluncurkan All New Ertiga Suzuki Sport di Jakarta pada...

Ini Jadwal Balap Rio Haryanto Bersama T2 Motorsports

JAKARTA, 23 Maret 2019 – T2 Motorsports, tim balap yang menaungi David Tjiptobiantoro dan Rio Haryanto akan ikuti kejuaraan balap...
video

VIDEO: All New Ertiga Suzuki Sport Review

JAKARTA, 22 Maret 2019 – Suzuki tak mau kalah dalam bersaing di segmen Low atau Small MPV di Indonesia. Guna...

Adira Finance Lunasi Cicilan 100 Konsumennya

JAKARTA, 21 Maret 2019 -- Adira Finance, salah satu perusahaan pembiayaan terbesar di Indonesia, mengumumkan pemenang program HARCILNAS atau Harinya...

REVIEW: Makin Sporty, Ini 11 Fitur Baru di Ertiga Suzuki Sport

JAKARTA, 22 Maret 2019 – PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memperkenalkan varian terbaru dan termahal Ertiga yang diberi nama All...