Setelah 9 Tahun, Volkswagen ‘Suntik Mati’ Scirocco

MUENCHEN, 14 Oktober 2017 – Volkswagen akhirnya menghentikan langkah Volkswagen Scirocco setelah sembilan tahun diproduksi. Laman Car & Driver menulis jika situs perusahaan asal Jerman tersebut mengatakan, "Scirocco tidak dapat dipesan dengan spesifikasi individual lagi. Tapi Anda bisa membeli kendaraan yang sudah dibangun."

Kabar mengenai rencana penghentian produksi coupe-cum-hatchback tiga ini sebenarnya sudah lama terdengar. Pada bulan Mei lalu, Autocar melaporkan bahwa Scirocco dan Beetle akan “diakhiri” setelah generasi yang dijual saat ini mencapai akhir hidup mereka. Pengumuman dari VW sepertinya hanya formalitas saja.

VW Scirocco sebenarnya punya sejarah cukup panjang. Dimunculkan dalam bentuk mobil konsep Iroc pada tahun 2006, generasi ketiga Scirocco tidak pernah benar-benar laris.

Tak seperti namanya yang diambil dari angin gurun, penjualan Scirocco justru seperti angin sepoi-sepoi, dengan hanya 10.752 unit yang terjual tahun lalu. Gabungan Scirocco dan Beetle sepanjang 2016 lalu hanya 25.127 unit. Angka ini mampu dilewati penjualan Golf pada bulan Januari tahun ini saja.

Tanda-tanda akan berakhirnya Scirocco sudah terlihat pada tahun 2014, ketika VW hanya membuat versi facelift ringan meski mobil ini sudah enam tahun dipasarkan. Sempat tersiar kabar akan dibuat generasi barunya namun skandal kecurangan emisi "Dieselgate" memaksa VW harus memotong banyak anggaran dan akan fokus ke obil listrik, yang mungkin menjadi salah satu penyebab dihentikannya produksi Scirocco.

RAJU FEBRIAN

Artikel yang direkomendasikan untuk anda