Segudang Keunggulan Hyundai IONIQ 5, Dari Bodi Sampai Jantung Pacu

Hyundai Ioniq 5 Test Drive

JAKARTA, Carvaganza - Sebuah kejutan disajikan Hyundai Motors Indonesia pada akhir Maret 2022 lalu. Tepatnya pada IIMS 2022, mobil listrik pertama produksi Indonesia muncul di sana. Ya, Hyundai IONIQ 5 memulai debutnya di pasar Indonesia. Sekaligus menjadi penanda, Indonesia melakukan lompatan besar di era elektrifikasi. Bagaimana tidak? IONIQ 5 merupakan mobil listrik murni pertama yang diproduksi di Indonesia secara massal.

KEY TAKEAWAYS

  • Apa platform yang diusung oleh Hyundai IONIQ 5?

    Electric-Global Modular Platform (E-GMP). Platform khusus yang memberikan fleksibilitas dan penguatan fitur keselamatan dan membuat kabin menjadi lebih lega.
  • Beberapa bagian kabin Hyundai IONIQ 5 memakai material daur ulang

    Material jok terbuat dari botol PET daur ulang, bagian detail pintu terbuat dari 100% kertas HDPE. Cover kursi IONIQ 5 menggunakan kain campuran wol yang ramah lingkungan.
  • "Kami merasa sangat senang karena hari ini Hyundai kembali menghadirkan kebanggaan baru sebagai bagian dari transformasi industri otomotif Indonesia. Melalui IONIQ 5, Hyundai membuktikan komitmennya untuk membangun mobilitas masa depan, sehingga Indonesia bisa menjadi salah satu pemain penting di dunia. IONIQ 5 memiliki semua kelebihan yang selama ini diinginkan masyarakat Indonesia, seperti desain yang tak lekang oleh waktu, teknologi mutakhir, hingga kenyamanan yang maksimal. Produk ini akan menjadi mobil listrik yang paling tepat dan dapat menjadi kebanggaan Indonesia," tutur SungJong Ha, President Director PT Hyundai Motors Indonesia waktu itu.

    IONIQ 5 lahir sebagai mobil listrik murni modern. Menggunakan platform anyar Electric-Global Modular Platform (E-GMP) dengan segenap keunggulan. Platform khusus yang memberikan fleksibilitas, penguatan fitur keselamatan dan lebih banyak ruang interior berkat pack baterai yang tertanam di bawah lantai kabin. E-GMP sendiri memungkinkan pengembangan produk lebih luas sehingga bisa digunakan untuk berbagai segmen kendaraan. Bisa untuk sedan sampai SUV.

    Hyundai Ioniq 5

    Desain Revolusioner

    Terinspirasi dari Hyundai Pony, mobil pertama pabrikan yang lahir pada 1974. IONIQ 5 membawa kesan retro-futuristik dengan sentuhan desain modern melalui filosofi Sensuous Sportiness. Parasnya menjadi sorotan berkat Parametric Pixel LED Headlamps dan Front Center Garnish Hidden LED. Sementara di buritan juga menganut Parametric Pixel LED kombinasi. Bagian belakangnya dipermanis dengan spoiler, yang sekaligus meningkatkan aerodinamika.

    Desain Parametric Dynamics juga berlaku pada bodi IONIQ 5. Bisa dilihat pada bagian samping, garis-garis dinamis memberi efek pintu depan seolah menyatu dengan pintu baris kedua. Pelek juga begitu, memakai desain parametrik dengan ukuran besar 20 inci. Sedang gagang pintu bertipe Flush Door Handles. Terlihat rata dengan bodi saat terkunci. Meningkatkan kadar estetika secara keseluruhan.

    Interior Lapang dan Mendukung Keberlanjutan

    Berkat platform E-GMP, IONIQ 5 bisa menawarkan kabin Living Space yang lega dan fleksibel. Kursi depan bisa diatur ke banyak arah dan didukung banyak fitur. Termasuk power adjustable, lumbar support, memory function, height adjuster, serta fungsi pendingin dan pemanas kursi. Bahkan bagian konsol tengah juga bisa dimaju-mundurkan untuk kenyamanan lebih. Kursi depan juga mendukung mode bersantai dengan fitur Premium Relaxation Seat. Tambahkan dengan LED ambient mood lighting dan kaca panoramic besar yang disebut Vision Roof, bikin semakin rileks.

    Hiburan dalam kabin bisa diakses melalui layar full TFT LCD 12,3 inci. Mendukung konektivitas smartphone Android Auto dan Apple CarPlay, baik melalui kabel atau nirkabel. Keluaran suaranya dijamin oleh 8 speaker rilisan BOSE Premium Sound.

    Baca juga: Test Drive Hyundai Ioniq 5: Pengalaman Berkendara Tak Lazim

    Tak perlu takut kehabisan daya smartphone. Banyak pengisi daya sudah tersedia di kabin IONIQ 5. Ada dua power outlet 12V, empat titik USB power outlet dan wireless charging di konsol tengah.

    Tak cuma ramah lingkungan karena niremisi karbon, IONIQ 5 juga memakai bahan daur ulang berkelanjutan. Khususnya di area kabin. Bahan unik yang digunakan pada IONIQ 5 adalah material jok yang terbuat dari botol PET daur ulang. Untuk setiap IONIQ 5, setidaknya ada 32 botol plastik hasil daur ulang. Kemudian bagian detail pintu terbuat dari 100% kertas HDPE. Pintu serta bantalan benturan atau crash pad dari IONIQ 5 dicat dengan cat berbahan alami mengandung minyak yang diekstrak dari tanaman seperti bunga lobak dan jagung. Tak hanya itu, cover kursi IONIQ 5 menggunakan kain campuran wol yang ramah lingkungan.

    Interior Hyundai IONIQ 5

    Teknologi Inovatif

    Jarak tempuh adalah salah satu kunci pertimbangan dari mobil listrik. IONIQ 5 menjawab kekhawatiran banyak orang dengan menawarkan jarak yang mengagumkan. Tipe Prime Standard dan Signature Standard dapat dikendarai sejauh 384 Km bila baterai mobil sedang terisi penuh. Sementara Prime Long Range bisa dikendarai sejauh 481 Km dan tipe Signature Long Range dapat menempuh jarak sejauh 451 Km (berdasarkan WLTP1 ).

    Pengisian baterai dibuat lebih bervariasi dan cepat. Cuma butuh 5 jam (tipe Prime Standard dan Signature Standard) atau 6 jam (tipe Prime Long Range dan Signature Long Range) sampai 100% menggunakan fasilitas wall charger atau AC Charger. Kalau menggunakan fast-charging atau DC charger kapasitas daya 50 kW, membutuhkan 46 menit (tipe Prime Standard dan Signature Standard) atau 57 menit (tipe Prime Long range dan Signature Long Range) untuk pengisian daya hingga 80%.

    Baca juga:  Baterai IONIQ 5 Awetkah? 8 Fakta Hyundai IONIQ 5 Yang Perlu Diketahui

    Menariknya lagi, dalam rencana HMID akan menghadirkan fasilitas super fast-charging kapasitas daya 350 kW. Memungkinkan IONIQ 5 terisi hingga 80% dari kosong hanya dalam kurun 18 menit.

    Untuk lebih menghemat pemakaian baterai, ada fitur regeneratif braking. Bakal menabung daya baterai memanfaatkan energi kinetik saat mobil melakukan deselerasi. Termasuk di dalamnya ada i-Pedal dengan deselerasi tinggi yang cocok digunakan saat kondisi padat. Tanpa perlu menginjak rem, cukup angkat sedikit dari injakan pedal akselerasi, secara otomatis melakukan deselerasi. Tentu sekaligus mengisi baterai itu tadi.

    Hyundai Ioniq 5

    Fitur lainnya bisa diakses melalui paddle shifter untuk memilih level lain dari regeneratif braking, dari level 0 sampai 3. Bisa diakses sambil mobil berjalan, tanpa harus menginjak pedal rem.

    Mode berkendara pun tersedia, bisa lebih leluasa menentukan sesuai kebutuhan. Tersedia mode Normal, Sport dan Eco. Saat dipilih salah satunya, tampilan pada layar instrumen 12,3 inci juga ikut berubah sesuai karakter yang dipilih. Dari segi performa, tipe Prime Standard dan Signature Standard mampu membuat IONIQ 5 melaju dari 0 - 100 km/jam dalam waktu 8,5 detik. Sedangkan tipe Prime Long Range dan Signature Long Range mampu berakselerasi dari 0 - 100 km/jam hanya dalam 7,4 detik.

    Satu fitur yang tak ketinggalan hebat hadir pada IONIQ 5. Disebut Vehicle-to-Load (V2L). Fungsinya menjadikan IONIQ 5 bak power bank raksasa. Memberikan akses pengisi daya listrik sebesar 3,6 kW untuk beragam keperluan. Cocok digunakan untuk aktivitas luar ruang.

    Fitur Keselamatan dan Keamanan Canggih

    Hyundai SmartSense sebagai paket keselamatan dan bantuan pengemudi mutakhir turut dibenamkan pada IONIQ 5. Termasuk di dalamnya ada Forward Collision-Avoidance Assist (FCA), Lane Keeping & Lane Following Assist (LKA & LFA), Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA), Blind-Spot View Monitor (BVM), Driver Attention Warning (DAW), Rear Cross-Traffic Collision-Avoidance Assist (RCCA), Smart Cruise Control with Stop & Go Function (SCC w/ S&G), High Beam Assist (HBA) dan Surround View Monitor (SVM). Selain itu, IONIQ 5 juga punya Brake Assist System (BAS), Vehicle Stability Management (VSM), Emergency Stop Signal (ESS), Rear Occupant Alert (ROA) dan Virtual Engine Sound System (VESS).

    Hyundai Ioniq 5

    Paket Pembelian Menarik

    Hyundai IONIQ 5 ditawarkan dalam lima pilihan kelir eksterior. Ada Optic White, Magnetic Silver Metallic, Titan Gray Metallic, Midnight Black Pearl, dan Gravity Gold Matte. Untuk interiornya menggunakan skema Black 1-tone. Dalam pembelian IONIQ 5, HMID sudah menyiapkan program purna jual menarik. Berikut rinciannya:

    • Hyundai Call Center selama 24 jam di 0-800-1-878-878.
    • Garansi dasar 3 tahun atau 100.000 km (yang mana tercapai lebih dulu).
    • Gratis biaya jasa perawatan hingga 5 tahun atau 75.000 km (yang mana tercapai lebih dulu & hanya untuk biaya jasa).
    • Gratis 24 jam Roadside Assistance (melalui Hyundai Call Center di 0-800-1-878-878).
    • Program Layanan Hyundai Datang ke Mana Saja (melalui Hyundai Call Center di 0-800-1- 878-878).
    • Gratis 24 jam Emergency Mobile Charging Service selama masa garansi (melalui Hyundai Call Center di 0-800-1-878-878 & berlaku di Jabodetabek, Bandung, dan Surabaya).
    • Gratis suku cadang hingga 3 tahun atau 45.000 km (yang mana tercapai lebih dulu & sesuai jadwal perawatan rutin).
    • Gratis Pick Up & Delivery Service (melalui Hyundai Call Center di 0-800-1-878-878 & berlaku di Jabodetabek).
    •  Garansi Baterai Kendaraan Listrik selama 8 Tahun/160,000 km.
    • Gratis AC Home Charger dan Biaya Instalasi.
    • Gratis portable charger. (ARDIANTOMI/EK)

    Baca juga:  Teknologi Vehicle-to-Load Membuat Hyundai IONIQ 5 Bisa Menjadi Sumber Listrik Berjalan

    Pelajari lebih lanjut tentang Hyundai Ioniq 5

    • Tampak Depan Bawah Hyundai Ioniq 5
    • Tampak samping Ioniq 5
    • Tampak Depan Hyundai Ioniq 5
    • Tampak belakang Ioniq 5
    • Tampak atas Ioniq 5
    • lampu belakang Ioniq 5
    • Pelek Ioniq 5
    • Tampak belakang Ioniq 5
    • Hyundai Ioniq 5 Front Side View
    Hyundai Ioniq 5
    Rp 748 - 859 Juta Cicilan mulai dari : Rp 17,07 Juta

    Mobil Hyundai Lainnya

    • Hyundai Santa Fe
      Hyundai Santa Fe
    • Hyundai Stargazer
      Hyundai Stargazer
    • Hyundai Creta
      Hyundai Creta
    • Hyundai Ioniq 5
      Hyundai Ioniq 5
    • Hyundai Palisade
      Hyundai Palisade
    • Hyundai Staria
      Hyundai Staria
    • Hyundai i20
      Hyundai i20
    • Hyundai Kona
      Hyundai Kona

    Don't Miss

    Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

    Mobil Hyundai Pilihan

    • Upcoming

    Pilihan mobil untuk Anda

    • Wuling EV
      Wuling EV
      Rp 238 - 311 Juta
      • Electric
      • Hatchback
      • Otomatis
    • MINI Countryman
      MINI Countryman
      Rp 850 - 1.52 Milyar
      • Petrol
      • Hatchback
      • 1499 cc
      • Otomatis
    • MINI 3 Door
      MINI 3 Door
      Rp 885 - 1.15 Milyar
      • Petrol
      • Hatchback
      • 1498 cc
      • Otomatis
    • Nissan Leaf
      Nissan Leaf
      Rp 728 - 730 Juta
      • Electric
      • Hatchback
      • Otomatis

    Updates

    Artikel lainnya

    New cars

    Artikel lainnya

    Drives

    Artikel lainnya

    Review

    Artikel lainnya

    Video

    Artikel lainnya

    Hot Topics

    Artikel lainnya

    Interview

    Artikel lainnya

    Modification

    Artikel lainnya

    Features

    Artikel lainnya

    Community

    Artikel lainnya

    Gear Up

    Artikel lainnya

    Artikel Mobil dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Road Test

    Artikel Mobil dari Zigwheels

    • Motovaganza
    • Review
    • Artikel Feature