Renault: Regulasi F1 2019 akan Buat Persaingan Lebih Ketat

ENSTONE, 30 Januari 2019 – Formula 1 akan menerapkan regulasi baru di tahun 2019 yang berkaitan dengan komponen aerodinamika. Menurut Renault, perubahan ini akan bisa membuat persaingan di baris depan lebih seimbang dan ketat.

Dikatakan oleh Executive Director Renault F1 Team, Marcin Budkowski, regulasi baru akan member pengaruh besar kepada tim-tim atas seperti Mercedes, Ferrari dan Red Bull Racing. Menurutnya ketiga tim itu telah membangun keunggulan terlalu besar dengan mobil lama mereka.

Kondisi tersebut diyakini Budkowski akan membuat keunggulan besar yang tim tersebut miliki terkikis banyak di musim 2019. Regulasi baru membuat downforce pada mobil berkurang, khususnya karena desain sayap depan yang dibuat sederhana.

“Sulit untuk bilang apakah lebih signifikan untuk kami atau yang lain, tapi pendapat pribadi saya untuk ini adalah tim-tim lebih besar, tim terbaik, akan lebih kehilangan performa,” kata Budkowski.

“Itu karena secara definisi mereka punya mobil yang lebih cepat, sehingga mereka punya mobil yang lebih optimal. Semuanya lebih selaras dan lebih dioptimalkan. Jadi mereka akan lebih mengalami kemunduran.

“Tapi mereka juga lebih siap untuk membalikkan keadaan, karena mereka memiliki struktur yang lebih besar dengan lebih banyak sumber daya.”

Regulasi 2019 membuat sayap depan semua mobil peserta menjadi lebih sederhana tanpa banyak elemen tambahan. Langkah ini diharapkan dapat membuat aksi slipstream dan menyalip lebih mudah, serta memberi tontonan lebih menarik.

Budkowski berharap kalau Renault yang tahun lalu meraih posisi keempat klasemen konstruktor akhir, akan dapat lebih kompetitif dan melawan Mercedes, Ferrari dan Red Bull. Tahun ini, Renault memiliki pembalap baru sebagai tandem Nico Hulkenberg, yaitu Daniel Ricciardo.

WAHYU HARIANTONO

Artikel yang direkomendasikan untuk anda