Prediksi Pasar Membaik, Mitsubishi Fuso Ungkap Target dan Strategi 2021

JAKARTA, Carvaganza -- Kondisi ekonomi yang lebih baik pada 2021 diprediksi akan turut mendorong pasar kendaraan komersial. Hal ini membuat Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) cukup optimistis menghadapi tahun ini. KTB menyebutkan ingin meraup pangsa pasar sebanyak 48,1 persen dengan angka penjualan hingga 31,220 unit. Berbagai strategi dan langkah disiapkan oleh distributor Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC) di Indonesia tersebut.

Naoya ‘Rocky’ Takai, Presiden Direktur KTB, dalam Media Gathering 2021 mengatakan KTB akan tetap bersikap positif, fokus target pangsa pasar tinggi seperti di tahun 2020.

"Kami akan menghadirkan serta memperkuat solusi digital melalui integrasi data dari berbagai sistem digital yang kami miliki seperti Runner Telematics, Dealer Management System (DMS) serta berbagai sumber lain terkait data informasi pelanggan. Kami ingin menjadi partner yang lebih dekat kepada pelanggan dan menyediakan layanan profesional," katanya.

Sebagai catatan, pasar kendaraan niaga dibuat menderita akibat Covid-19 sepanjang 2020 lalu. Catatan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan jika penjualan tahun lalu turun 48,2 persen dari tahun sebelumnya. Tahun lalu penjualan tercatat berjumlah 49,921 unit, jauh dibandingkan angka 96,465 unit yang dibuat pada 2019.

Di periode Januari sampai Desember tahun lalu, KTB membuktikan posisinya sebagai brand kendaraan niaga paling populer dan terpercaya di Indonesia. KTB mampu meraih pangsa pasar hingga 48,1 persen di tahun 2020. Angka ini meningkat 4,8 poin dibandingkan tahun sebelumnya.

Mitsubishi Fuso

Strategi 2021

Salah satu strategi yang dijalankan KTB adalah mendorong penjualan di jalur digital melalui gerai resmi mereka di e-commerce. Sejak meluncurkan Official Store Mitsubishi Fuso pada awal September 2020 hingga awal Maret 2021, pihaknya berhasil melakukan penjualan sekitar 396 unit. Selain menyediakan paket penjualan, layanan after sales dan spare parts juga tersedia. Semua diberikan agar pelanggan dapat melakukan transaksi pembelian produk hingga purnajual secara online dengan mudah dan cepat.

"Untuk penjualan melalui online shop hingga awal Maret itu sekitar 396 unit. Jadi kehadiran diler digital Mitsubishi Fuso di Tokopedia sangat memudahkan konsumen yang membutuhkan kendaraan niaga selama pandemi Covid-19, sehingga tak perlu berkunjung ke diler offline," ujar Direktur Sales & Marketing KTB, Duljatmono di kesempatan yang sama.

Namun Duljatmono mengakui kalau penjualan melalui diler masih lebih banyak ketimbang online. “Konsumen yang membeli kendaraan Fuso melalui online itu biasanya sudah paham. Mereka sudah mengetahui fitur maupun keunggulan mobil niaga yang kami jual. Sementara yang datang langsung ke diler itu biasanya pelanggan baru dan juga ingin melihat secara langsung serta ingin tes drive lebih dahulu," tukasnya.

Namun demikian kata Dia, ke depan bisnis online atau bisnis melalui digital bakal terus bergerak dan berkembang. "Skema bisnis ke depan, pastinya kita tetap menggunakan sistem digital. Karena platform online ini sangat berkontribusi terhadap penjualan kami," tegas pria ramah berkacatamata.

Dalam Official Store Mitsubishi Fuso, terdapat 22 diler Mitsubishi Fuso yang terbagi ke dalam delapan wilayah yaitu Sumatera bagian Utara, Sumatera bagian Selatan, Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur (termasuk Bali dan NTB), Kalimantan, serta Indonesia bagian Timur. Semuanya dapat memenuhi permintaan untuk mobil niaga Mitsubishi Fuso se-Indonesia, dan konsumen bisa mendapatkan layanan sesuai domisili.

Selain itu, KTB juga mengenalkan produk bermesin common-rail untuk implementasi EURO4. "Fighter, produk MDT dari Mitsubishi Fuso, yang sudah dilengkapi dengan mesin common-rail, menerima banyak feedback positif dari pelanggan. Common-rail merupakan prasyarat implementasi Euro4, dengan konsumsi bahan bakar efisien dan dapat meningkatkan kenyamanan pengemudi sehingga lebih aman," jelas Duljatmono.

Mitsubishi Fuso Runner Telematics
Mitsubishi Fuso Runner Telematics

Kerjasama dengan Kemenhub

Pada kesempatan ini, KTB menginformasikan kerjasamanya dengan Kementerian Perhubungan, melalui penguatan sistem Runner Telematics terhadap regulasi Kemenhub PM 60 / 2019 Tentang Penyelenggaraan Angkutan Barang Dengan Kendaraan Bermotor di Jalan. Pada pelaksanaan teknisnya, parameter sistem GPS diatur dalam regulasi KP 2081/AJ801/DRJD/2019 Tentang Petunjuk Teknis Alat Pemantau Pergerakan Kendaraan Secara Elektronik Pada Angkutan Orang dengan Kendaraan Bermotor Umum. Semua fungsi yang tersedia dalam sistem Runner Telematics dapat diakses oleh sistem Kemenhub.

Parameter yang harus dimiliki adalah: pengawasan kendaraan secara realtime; monitor kecepatan dan lokasi kendaraan pada peta; info lokasi keberangkatan dan kedatangan kendaraan; info rute, titik angkut / titik kirim, pembatasan wilayah secara digital; lama waktu berkendara, jarak berkendara, durasi berhenti, durasi mengemudi, lama waktu mesin beroperasi; peringatan pelanggaran batas kecepatan; manajemen aset, dokumen kendaraan; manajemen pengemudi; histori rute yang dilalui; info volume BBM dalam tangki; info durasi kendaraan dalam keadaan diam. Semua fungsi tersebut tersedia dalam sistem Runner Telematics yang dapat diakses oleh sistem Kemenhub.

"Sampai dengan saat ini, Mitsubishi Fuso masih menjadi satu-satunya brand kendaraan niaga yang sudah siap mendukung Kemenhub dalam mewujudkan manajemen lalu lintas yang baik dan diharapkan dapat meningkatkan keamanan jalan melalui sistem Runner Telematics," kata Alexander Hilmi Perdana, Kepala Sub Direktorat Angkutan Barang Direktorat Angkutan Jalan, Kementerian Perhubungan. (ZENUAR YOGA | RAJU FEBRIAN)

Artikel yang direkomendasikan untuk anda