Performa Memuaskan, McLaren Perpanjang Kontrak Lando Norris

WOKING, Carvaganza – Pekan ini sepertinya menjadi momen yang benar-benar dimanfaatkan oleh McLaren untuk mendapat perhatian para khalayak penggemar Formula 1. Setelah umumkan akan pakai livery retro untuk balapan Grand Prix Monako akhir pekan ini, McLaren kini umumkan sesuatu terkait pembalapnya. Lando Norris yang menjadi poin pembicaraan pada pengumuman kali ini.

Diumumkan pada hari Rabu (19/5/2021), McLaren memastikan Norris akan lebih lama bersama tim untuk beberapa tahun ke depan. Dianggap performa Norris sejauh ini sudah cukup impresif untuk meyakinkan McLaren mempercayakan jasanya di balik setir lebih lama. Apalagi, belum lama ini Norris persembahkan podium untuk McLaren di seri Imola.

Norris yang kini berusia 21 tahun sebelumnya memiliki kontrak dengan McLaren yang akan berakhir pada penghujung tahun 2021. Kontrak barunya dikatakan berdurasi beberapa tahun, namun tidak secara jelas disebutkan berapa lama. Kemungkinan kontrak barunya berdurasi dua atau tiga tahun.

McLaren MCL35M Gulf

Setidaknya duet pembalap McLaren saat ini akan terus bersama selama dua musim ke depan. Karena Daniel Ricciardo sebagai rekan setim Norris saat ini terikat kontrak dengan McLaren sampai tahun 2023. Keduanya mulai berduet di tahun ini, menyusul hengkangnya Ricciardo dari Renault, yang kini berganti nama menjadi Alpine.

“Saya sangat senang bisa memperpanjang hubungan saya dengan McLaren mulai 2022,” kata Norris yang sejak kategori junior sudah dididik oleh program pengembangan pembalap McLaren.

“Telah bersama tim ini selama hampir lima tahun, saya merasa sangat menjadi bagian dari keluarga di sini dan saya tidak dapat membayangkan memulai fase berikutnya dalam karir saya di tempat lain. McLaren telah menjadi dukungan besar sejak masa saya di seri junior dan saya sangat menikmati belajar dan berkembang sebagai pembalap sejak saat itu.”

Dengan perpanjangan kontraknya bersama salah satu tim tertua dan tersukses di F1, Norris berharap bisa mencapai impiannya bisa memenangkan balapan di F1. Tidak hanya itu, Norris yang debut pada 2019 lalu juga bercita-cita bisa meraih gelar juara dunia suatu saat nanti. Dengan hubungan jangka panjang, diharapkan ambisi dan targetnya bisa lebih terukur untuk tercapai.

McLaren F1 Norris

Diakui Andreas Siedl sebagai bos tim McLaren, diperpanjangnya kontrak untuk Norris telah diputuskan melalui evaluasi hasil performanya sejauh ini. Salah satu parameternya adalah konstribusi performa Norris dalam mengantarkan McLaren meraih posisi ketiga di klasemen konstruktor tahun lalu.

“Dia adalah bagian integral dari rencana pemulihan performa kami dan rekornya sejauh ini, meraih dua podium bersama tim dalam setahun terakhir, telah menunjukkan bahwa dia adalah pesaing yang tangguh di trek,” ujar Siedl.

“Seperti dia, kami memiliki ambisi yang kuat untuk masa depan kami bersama dan saya senang kami melanjutkan perjalanan ini untuk Lando dan tim.”

Perjalanan karir Norris bersama McLaren berlangsung sejak 2017, saat terpilih menjadi pembalap dalam program pengembangan. Setelah tampil bersinar di ajang F3 tahun itu, Norris menjadi runner up di F2 musim berikutnya, di belakang George Russell. Kemudian pada tahun 2019, Norris ditunjuk mengisi kursi kosong McLaren bersama Carlos Sainz Jr., yang ditinggalkan Fernando Alonso dan Stoffel Vandoorne.
WAHYU HARIANTONO

Sumber: Motorsport

Artikel yang direkomendasikan untuk anda