Hyundai Mulai Tes i20 N Versi WRC 2022 Bermesin Hybrid

NURBURG, Carvaganza – Tahun depan, World Rally Championship (WRC) akan mulai menggunakan mobil berteknologi hybrid, di kelas utama. Hyundai sebagai salah satu pabrikan unggulan kini tengan dalam masa persiapan dan pengembangan mobil generasi barunya. Mobil reli berteknologi elektrifikasinya saat ini sedang diuji di berbagai medan dan lokasi.

Hyundai untuk musim 2022 akan menggunakan mobil baru di era WRC hybrid, yaitu berbasis hot hatchback i20 N. Mobil baru ini akan menyudahi masa bakti mobil WRC saat ini, yang masih berbasis i20 versi standar sejak 2017 lalu. Meski begitu, secara visual mobil generasi baru ini tidak tampak memiliki perbedaan signifikan, setidaknya dari foto prototipe yang sedang diuji.

WRC akan memberlakukan regulasi di mana mobil para peserta di kelas utama akan menggunakan powertrain hybrid. Dengan adanya penggerak bertenaga listrik, mobil-mobil peserta akan berkontribusi pada kualitas udara yang lebih bersih. Karena selama setiap seri berlangsung, mobil diwajibkan melaju hanya dengan tenaga listrik saat di paddock dan melintas di jalan raya yang bukan bagian trek.

Hyundai i20 N WRC Hybrid

Untuk kelas utama yang akan dinamai sebagai Rally1 ini, Hyundai mempertahankan mesin empat silinder 1,6 liter turbo yang dipakai i20 WRC saat ini. Powertrain ini nantinya akan dipadukan motor listrik pada roda belakang, yang memberi tambahan tenaga 135 hp dan torsi 180 Nm, berikut baterai 3,9 kWh. Jadi, total output yang akan dimiliki i20 N WRC ini nantinya mencapai 380 hp, dengan power-to-weight ratio sekitar 3,1 hp/kg.

Saat sudah diberlakukan regulasi Rally1 nanti juga, peserta bisa memanfaatkan power boost dari sistem hybrid ini, saat berlaga di special stage. Sistem hybrid ini juga meliputi KERS (kinetic energy recovery system) seperti di F1.

“Ini adalah momen spesial Ketika Anda membawa mobil ke jalan untuk pertama kalinya dan seperti biasa, ada beberapa tantangan yang harus Anda hadapi,” terang Andrea Adamo, bos tim Hyundai WRC.

“Dalam kasus mobil penantang Rally1 2022 kami, kami memulai dari awal dengan aturan baru, konsep berbeda, dan model dasar baru – i20N. sungguh mendebarkan untuk memulai pengujian dan memulai petualangan baru yang menarik ini.”

Hyundai i20 N WRC Hybrid

Tahap awal pengembangan i20 N WRC untuk Rally1 dilakukan Hyundai di bagian selatan Perancis, mengikuti program pengembangan Hyundai yang tertutup di fasiltias R&D mereka di Jerman. Program tes akan dilakukan di sejumlah negara, dengan jenis medan berbeda. Di kelas Rally1, dipastikan Hyundai masih akan berhadapan dengan pabrikan lain seperti Toyota dan Ford M-Sport.

“Kami telah melihat hal-hal menarik, beberapa yang perlu diubah dan ditingkatkan tetapi itu semua adalah bagian dari proses dan pekerjaan,” lanjut Adamo. Debut Hyundai i20 N Rally1 akan berlangsung di seri pembuka tahun depan, yaitu Rallye Monte-Carlo.
WAHYU HARIANTONO

Sumber: Autocar

Artikel yang direkomendasikan untuk anda