Beranda Updates Mitsubishi Triton Makin Rajai Pasar Pikap 4×4

Mitsubishi Triton Makin Rajai Pasar Pikap 4×4

BANGKOK, 8 November 2018 — Mitsubishi tak hanya melahirkan bintang Mitsubushi Xpander di segmen Small Multi Purpose Vehicle (MPV). Mitsubishi juga punya bintang lain yaitu light commercial vehicle (LCV) Mitsubishi Triton yang mampu memenangkan persaingan pasar pikap 4×4 di Indonesia.

Imam Choeru Yahya, Head of Sales and Marketing Group PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mengatakan penerimaan konsumen baik ritel maupun fleet terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Pikap andalan Mitsubishi itu bahkan mampu merajai segmen pikap.

“Pada tahun 2016 market share 52,6 persen, kemudian naik 59,3 persen, dan tahun ini dari Januari sampai September mencapai 64,2 persen,” kata Imam kepada wartawan di Bangkok, Thailand. Angka ini berasal dari penjualan varian 4×4 saja. Ia mengakui penjualan untuk model 4×2 pasarnya kecil.

Sementara data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menyebut Triton menguasai 57 persen pangsa pasar dengan volume penjualan 6.874 unit pada Januari-September 2018.

Saat ini, Mitsubishi Triton menghadapi persaingan dari Toyota Hilux, Nissan Navara, dan lsuzu D-Max. Sebelumnya juga ada Ford Ranger dan Mazda BT-50 namun kedua model ini tak lagi dijual di Indonesia.

Imam mengatakan rata-rata penjualan Triton setiap bulannya 1.000 unit per bulan. Varian Triton untuk pasar komersial yang paling diminati adalah GLS dan HDX. Penjualan Mitsubishi Triton GLS mencapai 2.494 unit dan Triton HDX 3.543 unit.

Penyerapan pasar terjadi pada fleet menjadi yang terbesar dengan persentase 75 persen yang didominasi mining atau tambahan dan plantation atau perkebunan, kemudian govermen 4 persen, dan retail 21 persen. “Kita akan terus mencoba meningkatkan dominasi kita,” tegas Imam.

Rencananya, Mitsubishi Motors akan memperkenalkan generasi keenam Triton dalam sebuah acara global premiere di Bangkok, Thailand, Jumat (9/11) besok.

RAJU FEBRIAN (BANGKOK)

Video Terbaru Youtube Carvaganza