Beranda New Cars MG akan Punya Sportscar Listrik, Begini Paten Desainnya

MG akan Punya Sportscar Listrik, Begini Paten Desainnya

LONDON, Carvaganza.com – Era elektrifikasi semakin serius akan disambut oleh Morris Garage (MG) dalam beberapa tahun mendatang. Sejumlah model mobil listrik telah direncanakan untuk diproduksi oleh MG. Yang terbaru, MG merilis paten desain untuk mobil sport listrik pertamanya.

Serangkaian paten desain yang menunjukkan wujud coupe disebut akan menjadi calon salah satu dari mobil listrik MG. desain yang ditunjukkan pada paten disebut sudah sangat mendekati versi produksi.

Autocar melansir bahwa sportscar ini adalah terjemahan dari konsep E-Motion yang pernah diperkenalkan MG, sebagai calon sportscar listrik. Pada Shanghai Motor Show 2017, E-Motion pertama kali diperkenalkan oleh merek asal Inggris ini.

Rencananya MG akan melakukan produksi untuk mobil ini pada tahun 2021. Namun rencana tersebut diungkap sebelum pandemi global karena COVID-19 terjadi belakangan ini. Jika terwujud, ini akan menjadi model sportscar pertama MG sejak MG F yang berhenti produksi tahun 2011 lalu.

Jika melihat wujudnya, desain sportscar MG tersebut tampak sangat terpengaruh oleh desain Aston Martin, terutama pada fascai depannya. Tampak grille besar dengan garis melebar di sisi bawah, lalu bentuk lampu depan dan garis bonnet yang mirip dengan DB11. Namun dibandingkan Aston Martin, desain MG punya proporsi dimensi yang lebih pendek.

Pada versi konsep E-Motion, pintu dibuat model butterfly door alias membuka ke atas layaknya supercar eksotis. Namun belum bisa dipastikan apakah desain tersebut turut diimplementasikan ke versi produksi nantinya. Yang jelas, kabin akan menggunakan konfigurasi four seater, alias bisa memuat empat orang.

Bagian belakang tampak paling signifikan berbeda dari versi konsep. Lampu belakang yang memanjang justru menjadi konservatif, diikuti oleh lekuk pintu bagasi yang tidak terlalu radikal. Sisi bawah buritan meemiliki aksen body seperti diffuser untuk mendukung karakter sporty-nya.

Soal powertrain, motor listrik yang akan digunakan kabarnya masih dalam tahap pengembangan oleh MG, yang kini dimiliki oleh SAIC. Namun sudah beredar klaim bahwa akselerasinya untuk 0-100 km/jam dapat dilakukan kurang dari 4 detik. Sementara baterai akan sanggup menempuh perjalanan hingga 500 km.

Saat diungkap konsepnya tahun 2017 lalu, MG mengatakan keputusan untuk memproduksi E-Motion akan bergantung pada reaksi pasar. Namun dengan beredarnya paten versi produksi, sepertinya MG telah melihat reaksi positif dari publik.

Ekspansi Segmen

Dengan kini telah berada di bawah naungan pabrikan China, SAIC Motor, MG juga berencana untuk masuk ke segmen pasar yang lebih luas. Jika pada masa awal MG didominasi oleh model sportscar dan sedan, kini model SUV mulai menjamur di line up mereka.

Seperti yang baru meluncur di Indonesia, MG kini mengandalkan ZS sebagai model andalannya di pasar. Kemudian untuk segmen lebih tinggi, masih ada HS yang akan menyusul meluncur di Indonesia nantinya. Satu model SUV lainnya, yaitu MG Hector, bahkan merupakan kembaran dari Wuling Almaz, ditujukan untuk pasar India.

MG bahkan siap melebarkan sayapnya dengan bermain ke segmen MPV. Awal tahun ini, MG baru saja meluncurkan sebuah MPV untuk pasar India. Melihat spesifikasi dan segmentasinya, MPV ini menjadi rival untuk Toyota Kijang Innova.

Tidak hanya diselamatkan dari sisi finansial perusahaan, akuisi MG oleh pabrikan China juga membantu mereka dalam ekspansi pasar. Sepertinya akan menarik melihat bagaimana perkembangan MG ke depannya nanti.

Sumber: Autocar

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Bridgestone Kenalkan Teknologi ELITEN, Khusus Mobil Listrik

BRUSSELS, Carvaganza – Perkembangan teknologi ban sejalan dengan tren mobil listrik. Pabrikan ban raksasa Bridgestone menciptakan teknologi baru yang disebut ENLITEN yang khusus digunakan...

Dari Sedan Ke SUV, Toyota Corolla Dari Generasi Ke Generasi (Bagian 2)

JAKARTA, Carvaganza.com - Jika kehadiran generasi keenam  Toyota Corolla ditandai munculnya Bubble Economy Jepang pada 1987, kelahiran generasi ketujuh justru ditandai dengan hancurnya Bubble...

Ekspor Meningkat, Suzuki Kapalkan 5.030 Kendaraan di Juli

JAKARTA, Carvaganza – Selain penjualan, tren peningkatan ekspor produk-produk Suzuki buatan Indonesia terus berlanjut ke semester kedua 2020. Selama bulan Juli lalu, PT Suzuki...

Tambah Line-Up, MG HS Siap Diluncurkan di Indonesia Besok

JAKARTA, Carvaganza -- Setelah 4 bulan sejak peluncuran mobil perdananya di Indonesia akhir Maret lalu, MG siap memperkenalkan model keduanya di Indonesia. Manufaktur Inggris...

Ioniq akan Menjadi Sub-Merek Hyundai Khusus Mobil Listrik

SEOUL, Carvaganza.com – Selama ini kita mengenal Ioniq sebagai nama salah satu model mobil listrik lansiran Hyundai. Ke depannya, Hyundai akan menggunakan nama Ioniq...