Beranda New Cars Mercedes-Benz Sekarang Punya MPV Listrik Berbasis V-Class

Mercedes-Benz Sekarang Punya MPV Listrik Berbasis V-Class

STUTTGART, 21 Agustus 2019 – Mercedes-Benz ingin punya line-up mobil listrik yang mewakili setiap segmen konsumen, termasuk yang berorientasi pada keluarga. Untuk itu, mereka resmi memperkenalkan MPV listrik pertamanya, yaitu EQV.

Oleh Mercedes, EQV merupakan produk kedua dari sub-brand EQ Power yang menyusul SUV kompak EQC tahun lalu. Untuk EQV ini, Mercedes memanfaatkan basis dari MPV mewah Mercedes-Benz V-Class.

EQV merupakan wujud versi produksi dari Concept EQV yang Mercedes pernah pamerkan sebelumnya saat Geneva Motor Show 2019, Maret lalu. Tidak sampai setahun, konsep tersebut berhasil diterjemahkan dalam versi produksi.

Untuk versi produksi ini, EQV mengandalkan motor listrik dengan tenaga 150 kW atau 201 hp, serta torsi mencapai 362 Nm. Dengan kapasitas 90 kWh, baterai lithium-ion miliknya tersimpan di bawah kabin, yang diklaim sanggup menempuh perjalanan sejauh 405 kilometer dalam sekali isi penuh.

Dengan daya charging 110 kW, hanya dalam 45 menit baterai bisa terisi dari 10 sampai 80 persen. Untuk performa, EQV disebut mampu melesat hingga menyentuh kecepatan 160 km/jam di jalanan lurus.

Visual EQV tidak jauh berbeda dengan versi konsepnya, dengan hanya berubah pada tampilan bumper depan dan belakang, diikuti panel hitam di sekitar grille yang menghubungkan kedua lampu utama. Selain velg 18 inci, penanda identitas EQV bisa ditemui oleh emblem pada sisi bawah pilar A.

Begitu juga dengan interiornya yang masih indentik dengan V-Class, dengan perbedaan pada posisi konsol tengah dengan armrest lebih mundur. Sementara layar 10 inci di tengah dashboard sudah disematkan sistem infotainment MBUX.

Seperti V-Class dan Vito, EQV juga akan diproduksi dari fasilitas pabrik Mercedes di Vitoria, Spanyol. Mobil ini akan pertama kali dipamerkan saat Frankfurt Motor Show 2019, bulan depan.

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza