Beranda Updates Konfirm, Hyundai Benar akan Bikin Pabrik di Indonesia

Konfirm, Hyundai Benar akan Bikin Pabrik di Indonesia

JAKARTA, 25 Januari 2019 – Beberapa waktu lalu sempat tersiar kabar bahwa Hyundai akan mendirikan pabrik sebagai basis produksinya sendiri di Indonesia. Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) kemudian mengiyakan kebenaran kabar tersebut.

Melalui Ketua I GAIKINDO, Jongkie D. Soegiarto, dikatakan bahwa pihak principal Hyundai di Korea Selatan telah menunjukkan keseriusannya untuk berinvestasi di Indonesia.

Sebelumnya menurut Menteri Perindustrian RI, Airlangga Hartarto, Hyundai akan mendirikan pabrik yang memiliki kapasitas produksi hingga 250 ribu unit kendaraan dalam setahun. Pabrik tersebut akan didirikan atas investasi senilai US$ 880 juta atau setara Rp 12,841 triliun.

“Kalau Hyundai mau masuk ya kita, mereka sudah menyatakan, waktu itu kebetulan saya juga ada di Korea saat penandatanganan MOU dan lain-lain,” kata Jongkie yang juga adalah adalah Wakil Presiden Komisaris PT Hyundai Mobil Indonesia.

“Saya juga mengatakan silakan, karena saya salah satunya yang coba meyakinkan mereka untuk berinvestasi di Indonesia. Alhamdulillah kalau sekarang mereka mengatakan ‘yes, we will invest in indonesia’,” tambahnya.

Pabrik itu rencananya juga disiapkan untuk menjadi salah satu basis produksi mobil listrik Hyundai di dunia. Indonesia akan menjadi negara pertama di Asia Tenggara yang ditunjuk sebagai basis produksi pabrikan Korea Selatan ini.

Terkait kapasitas produksi sebanyak 250 ribu unit kendaraan dalam setahun, dikatakan bahwa 47 persen akan ditujukan pasar domestik, sementara 53 persen sisanya untuk diekspor ke negara-negara Asia Tenggara dan Australia.

Lebih lanjut, Jongkie mengungkap bahwa proses pembangunan pabrik Hyundai di Indonesia akan mulai berlangsung pada pertenagah tahun ini, dengan harapan selesai pada tahun 2020.

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Perluas Jangkauan, MG Resmikan Outlet Baru di Makassar

MAKASSAR, Carvaganza -- MG Motor Indonesia kian agresif menjangkau lebih banyak konsumen Tanah Air dengan meresmikan kehadirannya di daerah dan pulau lain. Untuk pertama...

F1: Terus Digosipkan Pindah ke Ferrari, Ini Jawaban Hamilton

BRACKLEY, Carvaganza.com – Selama bertahun-tahun, rumor tentang Lewis Hamilton akan hengkang dari Mercedes ke Ferrari terus bergema. Apalagi Bersama Mercedes, dirinya dianggap sudah cukup...

Suzuki Ignis Raih Penghargaan City Car Pilihan Kaum Millenial

JAKARTa, Carvaganza -- Suzuki New Ignis sebagai salah satu city car andalan dari PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) kembali meraih penghargaan. Kali ini pengakuan...

McLaren Resmikan Nama Supercar Hybrid Terbarunya

JAKARTA, Carvaganza.com – McLaren sedang mempersiapkan mobil terbaru. Supercar bermesin hybrid itu rencananya akan mulai dipasarkan tahun depan. Belum lama ini, McLaren mengumumkan nama...

Bukan Obat Nyamuk, Hyundai akan Rilis SUV Murah Sekelas Sonet

SEOUL, Carvaganza.com – Pabrikan Korea Selatan sepertinya semakin gandrung dengan segmen SUV yang trennya terus naik saat ini. Setelah Kia merilis Sonet, kini giliran...