Kehadiran Daihatsu Xenia 2022 Makin Santer, Ini Perkiraan Fiturnya

Daihatsu Xenia 2022

JAKARTA, Carvaganza – Siap-siap kedatangan Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia generasi terbaru. Pasalnya informasi kembaran model tahun 2022 sudah santer hembusannya di dunia. Bahkan sudah ada yang memprediksi pilihan mesin yang tersedia bagi kedua model terbaru itu yang lahir dari rahim pabrikan yang sama.

Mengutip oto.com, bahkan Nilai Jual Kendaraan Bermotor sudah tertera di dokumen Kemendagri, dengan kode W100RG dan W1001RG. Total ada delapan tipe terdaftar, berikut dua pilihan mesin bensin 1.3 liter dan 1.5 liter N.A.

Nah, bagi konsumen, selain apa saja ubahan yang diberikan hal penting lainnya adalah soal harga. Berapa harganya? Harga jual kelak, diramal mulai dari Rp 200 jutaan. Ada gap sekitar Rp 20-an juta dari model yang didagangkan sekarang. Itu kalau acuannya dari NJKB sang LMPV anyar. Cek detail berikut:

Tipe                                                                        NJKB
W100RG 1.3 X CVT                            Rp 155 juta
W100RG 1.3 R CVT                            Rp 162,75 juta
W100RG 1.3 M M/T                           Rp 141,75 juta
W100RG 1.3 X M/T                            Rp 143,85 juta
W101RG 1.3 R M/T                             Rp 152,25 juta
W101RG 1.5 R CVT                            Rp 175,3 juta
W101RG 1.5 R CVT ASA                 Rp 180 juta
W100RG 1.5 R M/T                            Rp 161,7 juta

Untuk diketahui, dalam PKB Samsat DKI. Besaran NJKB Xenia 1.3 X AT (model sekarang) Rp 152 juta dan memiliki banderol Rp 205 juta OTR Jakarta sesuai diskon PPnBM 100 persen. Sedangkan NJKB generasi anyar W100RG 1.3 X CVT terpaut tipis yakni Rp 155 juta. Andai saja mereka merilis di GIIAS November 2021 dan mendapat insentif dari pemerintah. Diprediksi harga jual masih di rentang Rp 200 jutaan. Kemudian Xenia R CVT ASA sebagai varian paling tinggi, kemungkinan dilepas tak sampai Rp 300 jutaan.

Daihatsu Xenia 2022 Render Daihatsu Xenia 2022

Fitur ASA

Lalu apa saja yang baru di mobil ini? Ada beberapa fitur baru yang diyakini bakal disematkan Daihatsu pada Xenia MY 2022. Fitur Advanced Safety Assist (ASA) di kasta atas akan dipasang sama seperti milik Rocky. Gabungan perangkat ini mengambil peran sebagai sistem asisten berkendara aktif. Kalau dijabarkan satu per satu, isinya terdapat Pre-Collision Warning & Pre-Collision Braking.

Fitur bertujuan meminimalisasi risiko terjadinya atau dampak keparahan dari tabrak depan. Selain itu, peranti jua sanggup menjaga posisi berkendara di tengah jalur. Ini merupakan manfaat dari Lane Departure Warning maupun Lane Departure Prevention. Jika komputer mobil menilai pengemudi tak sengaja keluar dari lajur. Maka muncul peringatan suara dan gambar menuntut agar sang pengemudi mengoreksi arah.

Terpasang pula Pedal Misoperation Control guna mengurangi risiko tabrak depan akibat salah injak pedal gas. Laju kendaraan sontak ditahan bila terdeteksi objek besar di depan. Kemudian Front Departure Alert turut berperan dalam mengingatkan pengemudi yang kurang awas ketika mobil di depan sudah bergerak.

Guna menambah kelengkapan keamanan di mobil selain fitur ASA. Generasi terbaru tetap diberi rear parking camera dan back sonar. Sehingga dapat membantu visibilitas pengendara agar lebih aman saat bergerak mundur. Lanjut mengenai penggunaan mesin. Daihatsu Xenia 2022 diketahui senantiasa menggunakan pemacu 1.329 cc di varian menengah ke bawah. Kemudian enjin 1.496 cc tersedia di trim R. Namun besaran tenaga bisa sedikit didongkrak untuk mengimbangi transmisi D-CVT.

transmisi Daihatsu Xenia 2022

Penggerak FWD

Yang juga kemungkinan baru adalah penggunaan penggerak depan (FWD) menggantikan gerak belakang (RWD) yang selama ini digunakan. Penyaluran tenaga ke roda depan punya nilai plus tersendiri. Sistem ini memiliki pengendalian lebih baik. Melalui sistem front wheel drive, traksi ban ke permukaan aspal bisa menjadi lebih rata. Lalu konstruksi mekanis penggerak roda depan yang ringkas. Dinilai membuat aliran energi kinetik lebih efisien dalam penyaluran ke ban depan.

Prinsip utama FWD, mobil ditarik dari depan. Berbeda dengan RWD (rear wheel drive) yang didorong dari belakang. Menurut Auto2000, bila beban di depan lebih besar. Maka membantu mobil agar mendapat cengkeraman ban baik. Jadi saat harus bermanuver atau melesat kencang, cenderung stabil. Khususnya untuk tipe kendaraan keluarga tujuh penumpang seperti Avanza-Xenia kelak.

FWD sangat menolong penyaluran tenaga dari mesin. Bisa lebih lancar dan tidak banyak hambatan. Inilah yang menyebabkan mesin penggerak depan punya tarikan lebih spontan serta efisiensi bahan bakar semakin optimal. Lantas posisi mesin pada penggerak roda depan umumnya melintang. Apa artinya? Hal ini membuat ruang mesin dapat dibuat lebih kompak. Sehingga kabin Avanza-Xenia 2022 bisa lebih lega. Kemudian lantai di mobil bisa dibuat rata, lantaran tak pakai gardan.

Transmisi D-CVT

Nah, ini salah satu yang kerap jadi pertanyaan sejak lagi. Xenia tak lagi otomatis konvensional dan beralih Continous Variable Transmission (CVT) Terlepas dari pro atau kontra, transmisi yang menggunakan dua pulley ini memiliki banyak kelebihan. CVT memiliki bobot relatif ringan nan kompak dibandingkan matik konvensional. Korelasinya adalah tingkat konsumsi bensin semakin sedikit.

Jika tak mau repot. Girboks tinggal comot saja dari Rocky yang terbukti relatif nyaman dalam mobilitas harian. Transmisi D-CVT menggunakan mekanisme split gear dengan satu set planetary gear. Penyaluran tenaga dari mesin dikombinasi antara belt bareng planetary gear.

Hasilnya, pada saat kecepatan rendah terasa lebih halus dan bertenaga. Sementara pada saat kecepatan tinggi kian irit. Namun demikian, cara berkendara jua menjadi faktor utama penentu efisiensi. Tunggu kedatangannya. (ANJAR LEKSANA/EK)

Pelajari lebih lanjut tentang Daihatsu Xenia

  • Tampak Depan Bawah Daihatsu Grand Xenia
  • Tampak samping Grand Xenia
  • Tampak belakang serong Grand Xenia
  • Tampak Depan Daihatsu Grand Xenia
  • Tampak belakang Grand Xenia
  • lampu belakang Grand Xenia
  • Daihatsu Grand Xenia Drivers Side Mirror Front Angle
  • Pelek Grand Xenia
  • Tampak belakang Grand Xenia
  • Daihatsu Grand Xenia Front Cross Side View
  • Tampak kanan Daihatsu Grand Xenia
Daihatsu Xenia
Rp 184,5 Juta Cicilan mulai dari : Rp 4,21 Juta

Mobil Daihatsu Lainnya

  • Daihatsu Ayla
    Daihatsu Ayla
  • Daihatsu Rocky
    Daihatsu Rocky
  • Daihatsu Sigra
    Daihatsu Sigra
  • Daihatsu Terios
    Daihatsu Terios
  • Daihatsu Xenia
    Daihatsu Xenia
  • Daihatsu Gran Max PU
    Daihatsu Gran Max PU
  • Daihatsu Gran Max MB
    Daihatsu Gran Max MB
  • Daihatsu Luxio
    Daihatsu Luxio
  • Daihatsu Sirion
    Daihatsu Sirion

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Daihatsu Pilihan

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Review
  • Artikel Feature