Beranda Updates Jualan Lesu, Jaguar Land Rover Pilih Absen Geneva Motor Show 2019

Jualan Lesu, Jaguar Land Rover Pilih Absen Geneva Motor Show 2019

COVENTRY, 6 Desember 2018Jaguar Land Rover (JLR) pada tahun depan akan absen dari salah satu pameran otomotif dunia, yaitu Geneva Motor Show 2019. Alasan finansial perusahaan menjadi pendorong JLR melewatkan pameran di negara Swiss tersebut.

Lesunya penjualan JLR tahun ini melatarbelakangi mundurnya JLR untuk Geneva, khususnya pada penjualan di kuartal ketiga tahun ini. Laporan Autocar India menyebut penjualan global JLR turun 13,2 persen pada periode tersebut.

Pabrikan Inggris ini ingin meminimalisir kerugian melalui dua inisiatif untuk mengidentifikasi biaya jangka pendek dan peningkatan arus kas, serta efisiensi operasi jangka panjang. Karenanya, partisipasi di Geneva Motor Show 2019 tidak menjadi prioritas saat ini.

“Hasil kami tersandung oleh melesunya permintaan di China, bersama dengan ketidakpastian yang berlanjut di Eropa terkait diesel, Brexit dan peralihan WLTP (prosedur uji kendaraan ringan),” terang Ralph Speth, Chief Executive JLR.

Meski JLR akan absen di Geneva 2019, Tata Motors sebagai induk perusahaan justru akan tetap hadir dengan menampilkan booth pamer lebih besar dari biasanya. Bukan hanya JLR pabrikan besar yang memilih absen pada pameran tersebut tahun depan.

Ford sebelumnya juga sudah memastikan diri tidak akan hadir di Geneva, karena tidak punya model baru untuk diluncurkan. Begitu juga dengan Volvo yang memilih untuk membuat acara peluncuran produk barunya sendiri.

WAHYU HARIANTONO