F1: George Russell Resmi ke Mercedes Gantikan Bottas Tahun Depan

George Russell

BRACKLEY, Carvaganza – Perpindahan pembalap yang paling ditunggu-tunggu di Formula 1 akhirnya resmi terjadi juga. George Russell resmi akan bergabung ke Mercedes menjadi rekan setim Lewis Hamilton mulai tahun 2022. Kepindahan Russell akan mengisi kursi yang sampai akhir musim ini dihuni oleh Valtteri Bottas.

Resminya Russell akan bergabung ke Mercedes diumumkan pada hari Selasa (7/9/2021) kemarin, sehari setelah Bottas diumumkan akan hengkang. Sejak tahun lalu, memang nama Russell sudah digadang-gadang untuk menjadi masa depan Mercedes. Apalagi statusnya di Williams saat ini adalah sebagai titipan dari akademi pembalap Mercedes.

Ditariknya pembalap asal Inggris itu seakan menjadi reward atas performa bagusnya sepanjang musim 2021 ini, khususnya pada sesi kualifikasi. Mayoritas penampilannya sampai melewati paruh pertama musim ini, Russell berhasil membawa mobil Williams yang kurang kompetitif untuk lolos ke Q2. Bahkan pada seri Belgia, Russell berhasil menembus Q3 dan nyaris meraih pole position, sebelum tergusur Max Verstappen ke posisi kedua.

Hamilton russell

“Ini adalah hari istimewa untuk saya secara pribadi dan profesional, tetapi juga hari yang penuh emosi campur aduk. Saya senang dan tersanjung untuk bergabung dengan Mercedes tahun depan, yang merupakan langkah karir yang besar, tetapi juga berarti saya akan mengucapkan selamat tinggal kepada rekan satu tim dan teman-teman saya di Williams,” kata Russell yang juga juara F2 2018.

Baca Juga: Gotcha! Hyundai Ioniq 5 N 2022 Melakukan Pengujian di Nurburgring

“Merupakan sebuah kehormatan bekerja bersama setiap anggota tim, dan suatu kehormatan untuk mewakili nama Williams di F1.

“Menghadapi musim depan, saya akan bohong kalau saya bilang tidak senang. Ini adalah kesempatan besar dan saya ingin meraihnya dengan kedua tangan. Tapi saya tidak berada di bawah ilusi tentang skala tantangannya; ini akan menjadi kurva pembelajaran yang curam.”

Penampilan terbaik Russell sejauh ini, menyusul kualifikasi di posisi kedua di Belgia, finish di posisi yang sama pada grand prix yang balapannya disudahi setelah hanya berjalan dua lap dipandu safety car. Lalu sempat satu seri Russell tampil untuk Mercedes menggantikan Hamilton di Grand Prix Sakhir 2020, saat Hamilton positif COVID-19.

Namun datangnya Russell ke Mercedes diprediksi selain akan menyajikan duet pembalap yang semakin kuat, juga potensi rivalitas destruktif. Hal ini yang pernah terjadi di Mercedes pada 2016 saat Hamilton melawan Nico Rosberg. Lalu pada 2007 seperti saat Hamilton dan Fernando Alonso berseteru dan kehilangan gelar juara dunia ke tangan Kimi Raikkonen.

F1 Line up

“Kami sangat senang untuk mengkonfirmasi bahwa George akan memiliki kesempatan untuk mengambil langkah berikutnya dalam karirnya dan bergabung dengan Mercedes. Dia telah menjadi pemenang di setiap kategori balap – dan tiga musim terakhir bersama Williams telah memberi kami gambaran tentang apa yang bisa terjadi di masa depan untuknya di F1,” kata Toto Wolff, bos tim Mercedes.

“Sekarang, adalah tantangan kami bersama untuk membantunya terus belajar di lingkungan kita dan bersama Lewis, pembalap F1 terhebat sepanjang masa. Saya yakin bahwa ketika hubungan mereka tumbuh, mereka akan membentuk tim yang kuat dan mengantarkan Mercedes di dalam dan di luar lintasan di tahun-tahun mendatang.”

Sebelum Russell resmi diumumkan bergabung ke Mercedes, Bottas resmi diumumkan akan pindah ke Alfa Romeo. Bergabungnya Bottas ke Alfa Romeo menggantikan pembalap Finlandia lainnya yang telah memutuskan untuk pensiun dari F1, yaitu Raikkonen.
WAHYU HARIANTONO

Baca Juga: Tim HSR Wheel Lanjutkan Pengujian Velg HSR Minas Ke Sumatera

Sumber: Formula 1

Mobil Mercedes Benz Pilihan

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Review
  • Artikel Feature