Berlenggang di Tol, Mobil Hyundai Buatan Indonesia Bersembunyi Dibalik Kelambu Hitam

Hyundai Creta 2021 Spy Shot

JAKARTA, Carvaganza - Semakin nyata! Hyundai bakal tambah satu lagi kontestan SUV (Sport Utility Vehicle) baru di Indonesia. Pernah kepergok sedang menjalankan uji tipe di Indonesia beberapa bulan lalu, kemarin (23/7) SUV berdimensi ringkas yang diduga Creta tertangkap basah kembali. Sedang melaju di Tol Cipali, penampakan Hyundai Creta ini semakin membuka kemungkinan kalau ia bakal segera dijual di Tanah Air.

Memang rumor bakal dijualnya Creta di Negeri Batik sudah didendangkan cukup lama. Jadi waktu tertangkap kamera mobil mirip Creta wara-wiri berbalut kamuflase tebal, opini pun mengarah kepadanya. Pun pada perjumpaan kali kedua, ia terlihat masih enggan melepas penutup wajah. Tetapi profil jendela belakang Creta yang khas serta jarak sumbu rodanya yang pendek terpampang jelas, tak bisa dipungkiri inilah Hyundai Creta.

Hyundai Creta

Creta sepertinya disiapkan untuk menggantikan Hyundai Kona bermesin bensin di sini. Apalagi saat ini Kona yang dijual hanya tersisa dalam versi mobil listrik. Lagipula, Creta sepertinya bisa menjadi amunisi Hyundai paling tepat untuk bersaing di pasar kendaraan jenis crossover berdimensi ringkas. Desain SUV berdaya angkut 5-penumpang ini penuh gaya.

Untuk lebih menggoda, Hyundai memberi bekal Creta dengan sederet fitur kekinian. Misalnya, sistem penerangan full LED, smart entry dengan tombol Start-Stop dan AC otomatis, hingga sistem multimedia yang dapat terkoneksi dengan smartphone. Bahkan, bukan tidak mungkin untuk malah nanti untuk pasar Indonesia dapat tambahan fitur lain seperti wireless charging ataupun panel instrumen digital.

Hyundai Creta

 

Sebetulnya, yang membuatnya menarik, pilihan mesin. Ia di India dijual dalam pilihan mesin 1,6 liter. Begini, Di Indonesia mobil bermesin 1,6 liter memiliki pajak yang sama dengan mobil bermesin 2,0 liter. Padahal awalnya Creta ditargetkan dapat bersaing di ranah Low SUV seperti Toyota Rush dan Daihatsu Terios yang bermesin 1,5 liter dengan pajak yang lebih ringan. Atau setidaknya bersaing dengan saudaranya, Kia Sonet yang juga memakai mesin 1,5 liter.

Belum lagi, Hyundai Creta saat ini diproduksi di India. Deputy Marketing Director PT Hyundai Motors Indonesia (HMI), Hendrik Wiradjaja pernah berujar kepada kami kalau impor dari India kena pajak tambahan sekitar 5 persen.

Diproduksi di Indonesia

Hyundai Creta

 

Makanya Creta diisukan bakal jadi produk pertama yang dilahirkan dari fasilitas produksi baru Hyundai di Cikarang, Jawa Barat. Pabriknya memang belum rampug 100 persen. Tetapi progresnya disebut sudah selesai 90 persen. Jadi bukan tidak mungkin proses produksi Creta bisa dimulai akhir tahun ini.

Belum pasti mobil apa saja yang akan diproduksi Hyundai di Indonesia. Tapi sudah ada bocoran daftar mobil yang ingin mereka produksi di sini. Pertama, mobil listrik, Low MPV (Multi Purpose Vehicle) untuk menyaingi Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander, serta compact crossover. Creta jelas masuk kategori.
RIZKI SATRIA

Baca juga: Generasi Baru Avanza/Xenia Sedang Dikembangkan di Malaysia, Muncul Akhir Tahun Ini?

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Hyundai Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya