Generasi Baru Avanza/Xenia Sedang Dikembangkan di Malaysia, Muncul Akhir Tahun Ini?

JAKARTA, Carvaganza – Sudah cukup panjang usia beredarnya MPV kembar Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia, yang hingga saat ini tidak berganti platform. Seiring berjalannya waktu, beberapa kali perubahan telah dialami oleh Avanza dan Xenia, sekaligus kedatangan sejumlah rival kuat. Kini, beredar kabar bahwa generasi penerus Avanza daa Xenia akan menunjukkan batang hidungnya pada tahun ini.

Sebenarnya ini bukan yang kali pertama, karena selama beberapa tahun terakhir sudah cukup sering muncul isu Toyota dan Daihatsu siap meregenerasi produk andalannya tersebut. Untuk rumor kali ini, datang karena munculnya kabar bahwa sebuah platform baru tengah disiapkan. Apalagi belum lama lalu, Daihatsu sempat memamerkan sebuah konsep yang diyakini akan menjadi penerus Xenia.

Kalau ingat pada tahun 2017 lalu, Daihatsu pernah memamerkan konsep model MPV yang disebut DN Multisix di GIIAS. Meski tidak sepsifik disebutkan akan bagaimana kelanjutannya, Daihatsu menyebut DN Multisix sebagai konsep mobil keluarga dengan dimensi kompak. Mirip-mirip seperti format Xenia kurang lebih.

Perodua Alza

Lalu pada 2019, giliran Hy-Fun yang menjadi mobil konsep berbentuk MPV dipamerakan oleh Daihatsu di GIIAS juga. Bedanya, Hy-Fun tampil dengan desain pintu geser, memberikan kesan lebih canggih dan mewah dibandingkan DN Multisix. Lalu Hy-Fun juga dikonsepkan sebagai MPV bernuansa gagah ala SUV berkarakter tinggi, serta sistem penggerak berteknologi hybrid.

Sejak GIIAS 2019, tidak ada kabar kelanjutan DN Multisix maupun Hy-Fun, terutama karena pandemi global. Namun kali ini, muncul lagi rumor soal penerus Avanza dan Xenia, yang berasal dari Malaysia. Perodua, merek rekanan Daihatsu yang khusus memasarkan mobil di Malaysia, kabarnya sedang menggarap mobil baru.

Sebuah perusahaan pemasok di Malaysia Bernama Sapura Industrial Berhad (SIB) mengungkap sedang mengembangkan suku cadang untuk model dengan kode D27A. secara terang-terangan, kode itu disebut sebagai model baru untuk Perodua Alza, model MPV berdimensi kompak yang populer di Malaysia. Alza sendiri kini sudah beredar lebih dari sepuluh tahun.

“Saat ini kami sedang dalam tahap pengembangan suku cadang yang diberikan sebagai model pengganti Alza (D27A). Diharapkan bakal diluncurkan pada akhir 2021. Kami juga telah diberi pasokan Case Differential Assembly oleh Akashi Kikai Industry Malaysia. Yakni vendor Tier-1 untuk modul transmisi Perodua. Diperkirakan produksi massal pada Desember 2021,” terang SIB dalam laporan tahunan.

avanza

Mengingat Perodua termasuk pabrikan yang beraliansi dengan Daihatsu, maka munculnya kabar soal Alza (D27A) ini langsung dikaitkan dengan Xenia. Apalagi format Alza dan Xenia/Avanza juga sama-sama MPV dengan konfigurasi kursi tiga baris. Apalagi secara aliansi, membuat platform Alza untuk dikembangkan juga menjadi generasi baru Avanza dan Xenia akan masuk akal dari sisi ekonomi.

Pada tahun 2019 lalu, Perodua pernah tertangkap kamera saat sedang menguji Mitsubishi Xpander, Suzuki Ertiga dan Toyota Avanza. Kegiatan yang mencuri perhatian itu dilakukan di Kawasan Genting Highlands, Malaysia. Dengan adanya Avanza di antara mobil-mobil rivalnya, muncul spekulasi bahwa Alza generasi baru akan berbagi platform dengan Avanza. Mobil berjuluk “MPV sejuta umat” itu juga mengambil basis Xenia yang diproduksi oleh Daihatsu.

Di tahun 2020, di Indonesia beredar juga rumor bahwa platform DNGA (Daihatsu New Global Architecture) akan dipakai untuk generasi baru Avanza dan Xenia. Beberapa model Perodua yang merupakan rebadge dari produk Daihatsu antara lain Aruz (Terios), Axia (Ayla), Myvi (Sirion) dan Ativa (Rocky). Menarik mengetahi bahwa Malaysia lebih dulu mendapatkan SUV kompak baru berbasis Daihatsu Rocky, yaitu Ativa, daripada Indonesia.

Mungkin saja sekarang Daihatsu akan melakukan riset dan pengembangan calon penerus Avanza/Xenia di Malaysia, sebelum kemudian diluncurkan ke Indonesia. Apalagi ada juga rumor mesin 1.0 liter dan 1.2 liter untuk MPV kembar ini. Bahkan ada juga rumor soal mesin hybrid untuk Avanza/Xenia terbaru.
WAHYU HARIANTONO

Sumber: Paultan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda