Beranda Updates Andreas Gabriel Pradhana: Shell Produksi Oli Mobil LCGC di Pabrik Marunda

Andreas Gabriel Pradhana: Shell Produksi Oli Mobil LCGC di Pabrik Marunda

Marketing Director Lubricants Shell Indonesia Andreas Gabriel (Foto: Syaiful Achmad/Carvaganza)

JAKARTA, 21 November 2018 – Sejak Juni 2018 lalu, PT Lubricants Shell Indonesia sudah memproduksi oli khusus untuk mobil Low Cost Green Car (LCGC) seperti Toyota Agya, Toyota Cayla, Daihatsu Sigra, Daihatsu Ayla, Suzuki Karimun Wagon R dan Datsun GO+. Oli ini khusus diproduksi untuk mobil dengan mesin 1.200 CC ke bawah dan diberi nama Shell Helix Eco.

Menurut Marketing Director Lubricants Shell Indonesia Andreas Gabriel Pradhana, oli yang diproduksi untuk mobil LCGC itu memiliki kemasan khusus tidak seperti oli lainnya yakni 3,5 liter dan merupakan satu-satunya produk oli satu kemasannya dengan volume 3,5 liter. Oli tersebut diproduksi secara lokal oleh Shell di pabriknya di Marunda Center, Bekasi, Jawa Barat serta hanya dipasarkan di Indonesia. Pabrik tersebut memiliki kapasitas produksi 136 juta liter per tahun dan untuk memenuhi kebutuhan oli di pasar nasional.

“Dari sisi packaging dan additive-nya juga disesuaikan untuk mobil LCGC dan ini memang oli yang khusus didesain oleh Shell untuk mobil LCGC yang diproduksi di Indonesia,” ujar Andreas. “Penjualan oli Shell Helix Eco cukup menggembirakan dan memang sebelum kami produksi sudah kami lakukan riset secara mendalam.”

Ia pun merasa optimistis dengan penjualan oli tersebut mengingat permintaan pasar terhadap kendaraan LCGC terus meningkat. Menurut catatan Gaikindo yang dihimpun oleh Carvaganza, pasar mobil LCGC cukup menggiurkan di Indonesia di mana angka penjualan LCGC tahun 2017 mencapai 234.554 unit.

Baca juga: Shell Helix Eco, Pelumas Khusus Mobil LCGC di Indonesia

Angka tersebut akan terus meningkat dan memiliki total potensi pasar sebanyak 600 ribu -800 ribu unit per tahun. Shell Helix ECO tersebut terdiri dari Shell Helix Eco oW-20 (full synthetic) dan Shell Helix Eco 5W-30 (synthetic).

“Sebelum kami membuat oli khusus mobil LCGC, kami sudah melakukan riset yang cukup lama baik dari sisi produk maupun dari sisi pemasaran sehingga pada Juni lalu kami mengeluarkan oli ini dan sudah memenuhi standar tertinggi dari International Lubricant Standardization and Approval Committee (ILSAC)  GF-5,” tambah Andreas.

Shell menyediakan Helix Eco dalam dua pilihan varian, yakni Helix Eco 0W-20 (Full Synthetic) dan Helix Eco 5W-30 (Synthetic). Kedua varian tersebut menggunakan technologi ACT (Active Cleansing Technology) yang dapat membersihkan endapan kotoran di dalam mesin, sehingga mesin tetap bersih dan tahan lebih lama.

Shell Helix Eco dipasarkan dengan masing-masing harga Rp 325 ribu untuk 0W-20 dan Rp 350 ribu untuk 5W-30, yang tersedia dalam kemasan 3,5 liter.

EKA  ZULKARNAIN