8 Tips Menghindari Stres Mengemudi Mobil Saat Hujan dan Macet

tips driving

JAKARTA, Carvaganza -- Hujan sudah mulai turun di banyak wilayah Indonesia. Bahkan perkiraan menyebutkan jika akan ada cuaca ekstrem hujan lebat disertai angin kencang. Kondisi ini tentu harus diwaspadai apalagi jika Anda mengemudi kendaraan. Berkendara di musim hujan seperti ini memiliki beragam resiko yang harus siap dihadapi.

Anda akan dihadapkan pada kemacetan parah, pohon tumbang, banjir, longsor, atau bahkan mobil mogok. Kondisi tersebut membuat pengemudi rentan menjadi stres dan tertekan. Kondisi ini termasuk berbahaya jika dilakukan bersamaan dengan kondisi mengemudi. Pengemudi dapat marah-marah dan membahayakan kondisi berkendara.

Bagaimana menghindarinya? Nah berikut ada 8 tips singkat agar Anda dapat mengatasinya.

1. Berdamai dengan Keadaan

Langkah ini merupakan cara yang paling sederhana untuk mengatasi stres dengan menyadari bahwa masalah dalam perjalanan adalah hal yang tidak dapat dihindari dan siap menerima apapun risikonya. Gunakan waktu untuk berpikir dan menenangkan diri sejenak dari berbagai aktivitas yang menyita konsentrasi. Sehingga Anda tetap dapat fokus dan waspada saat mengemudi mobil.

2. Bikin Kabin Mobil Senyaman Rumah

Usahakan saat berada di dalam kabin mobil seperti berada di ruang keluarga rumah. Pastikan mobil terjaga kebersihannya dan tambahkan pengharum kabin agar suasana terasa lebih homy. Pastikan pula AC mobil dingin dan perangkat pendukung lain seperti head unit dan wiper mobil berfungsi dengan baik.

tips driving

3. Atur Posisi Duduk Senyaman Mungkin

Posisi berkendara yang tepat bukan hanya membuat Anda dapat mengantisipasi segala kondisi, namun juga menciptakan suasana rileks dan tenang. Caranya, duduk jangan terlalu tegak yang bikin cepat lelah, tapi juga tidak terlalu rebah yang malah sulit mengantisipasi keadaan. Usahakan memegang setir dengan rileks namun tetap dapat melakukan manuver dengan cepat dan aman.

4. Siapkan Playlist Musik Kesayangan

Mendengarkan musik adalah salah satu aktivitas yang dapat menenangkan perhatian di jalan. Hal ini diperlukan untuk mengurangi paparan sumber stres terhadap pikiran secara terus menerus. Pilihlah jenis musik yang disukai dan dapat memperbaiki mood, namun jangan terlena saat mendengarkan musik, pastikan tetap fokus saat mengemudi.

5. Pilih Rute Perjalanan Terbaik

Pilih rute perjalanan yang bisa diandalkan dengan memanfaatkan peta digital via smartphone. Pantau media sosial atau radio untuk mengantisipasi masalah akibat hujan seperti pohon tumbang atau banjir. Jika bisa, majukan jadwal perjalanan sehingga Anda memiliki waktu ekstra kalau sampai terkena masalah di jalan dan membuat hati lebih tenang.

tips driving

6. Lakukan Stretching Ketika Jalan Macet

Melakukan beberapa gerakan untuk meregangkan otot dapat memperlancar aliran darah dan membantu menekan stres. Lakukan dengan memberikan kontraksi pada otot tendon kaki, jari tangan dan leher, serta tahan dalam waktu 8 hingga 10 detik selama beberapa kali hingga otot tidak terasa kaku.

7. Jaga Emosi Saat Mengemudi Mobil

Jangan terpancing emosi saat ada pengguna jalan lain melakukan kesalahan seperti memotong lajur. Jangan pula turut melakukan manuver agresif yang membahayakan pengguna jalan yang lain. Dengan menjaga emosi, energi tubuh tidak terkuras untuk hal yang tidak penting dan menjauhkan diri dari stres.

8. Menjaga Kondisi Mobil

Untuk menghindari kondisi tak diinginkan, menjaga kondisi mobil wajib hukumnya. Apalagi saat memasuki musim hujan demi keamanan dan kenyamanan berkendara di jalan. Anda tentu tidak mau AC mobil atau wiper mati padahal hujan turun dengan deras dan berujung pada stres.

Bagi Anda pengguna Toyota bisa menjalani servis berkala di bengkel Auto2000 atau memanggil layanan THS – Auto2000 Home Service. Manfaatkan Promo Toyota Flexi Service untuk servis hemat sesuai keperluan dan Paket SPONTAN untuk pengguna Toyota yang jarak tempuh mobilnya telah melewati 50.000 km atau tidak memiliki kuota free service. Ditambah layanan uji emisi gas buang kendaraan lewat Promo Auto Bebas Polusi.

“Stres yang terlalu tinggi saat mengemudi mobil dapat memicu berbagai masalah. Oleh sebab itu, AutoFamily perlu mencegah stres saat mengemudi mobil, sementara Auto2000 membantu lewat servis berkala untuk menjaga kondisi kendaraan tetap prima. Segera kunjungi website Auto2000.co.id untuk mendapatkan promo perawatan kendaraan sekarang juga,” jelas Nur Imansyah Tara, Aftersales Business Division Head Auto2000. (RAJU)

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya