3 Hal Penting Yang Harus Diketahui Dari Mobil Listrik Termahal Di Dunia Rolls-Royce Spectre

SUSSEX, Carvaganza – Rolls-Royce Motor Cars secara resmi telah mengumumkan langkah besarnya untuk memproduksi kendaraan listrik dan menjadi babak baru bagi pabrikan. Adalah Rolls-Royce Spectre yang bakal digadang-gadang menjadi model pertama pabrikan yang ditenagai oleh listrik murni. Meski bertenaga listrik, Rolls-Royce akan tetap mempertahankan sajian kemewahan paripurna terhadap Spectre.

Pabrikan akan mulai memasarkan Rolls-Royce Spectre pada akhir 2023. Mobil yang bakal menjadi mobil listrik termahal di dunia ini sudah dan akan terus melewati serangkaian pengujian berkeliling empat penjuru dunia. Total jarak yang ditempuh adalah 2,5 juta kilometer. Hal tersebut dilakukan demi menghasilkan produk terbaik dan disimulasikan untuk penggunaan selama 400 tahun. Rolls-Royce Spectre adalah satu portofolio terbaru pabrikan untuk merambah ke dunia elektrifikasi yang sudah diincar sejak 100 tahun lalu oleh sang founder Charles Rolls.

“Hari ini, 117 tahun kemudian, saya dengan bangga mengumumkan bahwa Rolls-Royce akan memulai program uji jalanan untuk produk baru yang luar biasa yang akan meningkatkan revolusi mobil global listrik penuh dan menciptakan yang pertama – dan terbaik – produk paling mewah dari jenisnya. Ini bukan prototipe. Ini adalah hal yang nyata, itu akan diuji di depan mata dan klien kami akan menerima pengiriman pertama mobil pada kuartal keempat tahun 2023,” kata Torsten Müller-Ötvös, CEO Rolls-Royce Motor Cars.

Ia juga menyampaikan bahwa Rolls-Royce Spectre menghadirkan racikan terbaik sebagai sebuah sedan supermewah namun dengan teknologi yang lebih kekinian dan ramah lingkungan. Berikut hal-hal menarik yang terdapat pada Rolls-Royce Spectre yang baru saja diluncurkan beberapa hari lalu.

Phantom Experimental Electric 102EX - Phantom Experimental Electric

1. Desain Ekstrior Atraktif

Rolls-Royce Spectre memang menampilkan wujud eksterior secara penuh pada waktu diluncurkan kemarin, Rabu (29/9). Tapi masih diselimuti oleh kamuflase. Namun dari gambar-gambar yang disajikan oleh RR, terlihat desainnya sangat mirip dengan Rolls-Royce Wraith terbaru dengan desain coupe yang sangat jelas.

Perhatikan bagian garis atap miring yang membentuk siluet kupe dengan proporsi dimensi kap mesin yang panjang. Selain itu, konfigurasi pintunya juga dibuat dengan gaya suicide door mirip dengan desain Rolls-Rouce Coupe yang dijual saat ini.

Selain itu, CEO Rolls-Royce Motor Cars juga menyatakan bahwa Spectre menggunakan platform terbaru yang dapat diskalakan dan fleksibel. Menurutnya platform terbaru tersebut diciptakan untuk berbagai segmen kendaraan dengan beberapa pilihan jenis mesin, seperti yang dilakukan oleh Cullinan dan Rolls-Royce Ghost.

Meski demikian, pabrikan tetap melakukan penyesuaian yang membawa peningkatan signifikan pada platform yang digunakan Spectre. Hasilnya adalah bobot yang lebih ringan dan tingkat kekakuan yang lebih baik dibandingkan Roll-Royce Phantom generasi kedelapan.

Rolls-Royce Spectre dalam kamuflase

2. Motor Listrik Setara Dengan Mesin V12

Pada saat peluncurannya, Rolls-Royce juga belum mengumumkan secara detail spesifikasi motor listrik yang akan digunakan pada Spectre. Namun yang jelas, motor listrik tersebut harus memiliki kemampuan yang setara dengan standar mesin bensin yang ditawarkan oleh model Rolls-Royce saat ini yakni V12.

Dalam pengembangan mobil listrik, Rolls Royce juga sempat melakukan eksperimen beberapa tahun lalu lewat Rolls Royce Phantom Experimental Electric (PEE). Dalam pengembangannya Rolls-Royce PEE menggunakan basis motor listrik yang ditenagai baterai lithium-ion dan dikawinkan dengan transmisi kecepatan tunggal. Dengan mesin tersebut, Rolls-Royce PEE mampu menghasilkan tenaga 290kW dan torsi puncak 800 Nm. Tenaga dan torsi tersebut lebih besar dibandingkan yang dihadirkan oleh Phantom dengan mesin V12.

Namun belum diketahui apakah Rolls-Royce akan menggunakan mesin secara mandiri atau suplai dari BMW Group yang merupakan perusahaan induknya. Pasalnya BMW juga diketahui tengah melakukan pengembangan mobil listrik secara masif lewat BMW iX dan BMW i4 yang dikenalkan beberapa waktu lalu.

Baca juga: Rolls-Royce Perkenalkan Spectre, Calon Mobil Listrik Pertama

Rolls-Royce 102 EX Phantom Experimental Electric Rolls-Royce 102 EX Phantom Experimental Electric

Mobil produksi listrik BMW yang paling bertenaga hingga saat ini adalah i4 M50 – coupe empat pintu dua motor dengan 544 hp. Jika Spectre menggunakan mesin tersebut, maka ia memiliki tenaga lebih besar 20 hp dari kendaraan supermewah sejenis yakni Mercedes EQS, yang menyemburkan 523 hp.

Namun, BMW juga telah menguji prototipe listrik 720hp yang menggunakan tiga motor listrik untuk menggerakan seluruh rodanya. Ini merupakan teknologi yang akan digunakan pada BMW i7 listrik terbaru, tetapi mungkin jiuga akan digunakan pada Spectre.

Rolls-Royce Spectre

3.  Bakal menjadi Rolls-Royce Termahal

Dengan segala teknologi dan paket motor listrik yang dibenamkan pada Rolls-Royce Spectre, sepertinya ia akan menjadi model paling mahal dan mewah saat ini setelah Ghost, Phantom, Wraith dan Cullinan. Hal tersebut juga didukung oleh pernyataan CEO yang menyatakan bahwa Spectre menawarkan bagian-bagian terbaik dari model Rolls-Royce yang dijual saat ini ke dalam satu paket.

Selain itu, nama Spectre yang digunakan pada model Rolls-Royce terbaru ini dikabarkan diambil dari salah satu judul sekuel James Bond yang dirilis pada 2015 silam. Bahkan, peluncuran Rolls-Royce Spectre sendiri diluncurkan bertepatan dengan peluncuran James Bond; No Time to Die di Inggris pada 29 September 2021 kemarin. (ALVANDO NOYA/EK)

Sumber: Rolls-Royce Motor Cars & ragam sumber

Baca juga: Mengapa Rolls-Royce Senang Menggunakan Nama Hantu Untuk Mobil-Mobilnya?

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Rolls Royce Pilihan

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza