The All New Chevrolet Spark, Naik Kelas

The All New Chevrolet Spark, Naik Kelas
JAKARTA, 25 Februari 2017 – General Motors (GM) Indonesia tak mau ketinggalan di tengah ketatnya persaingan pasar otomotif tanah air. Pemegang merek Chevrolet di Indonesia itu merilis 3 model baru, ChevroletTrailblazer, Chevrolet Trax, dan Chevrolet Spark.

Nama terakhir sebenarnya tidak terlalu baru. Sebelumnya, GM Indonesia juga pernah menghadirkan Chevrolet Spark. Namun mereka kalah bersaing dengan nama-nama lain dari Jepang, Korea Selatan, dan Eropa.

Kini, Spark hadir lagi dengan berbagai perbaikan dan perubahan. Sprak tak hanya mengalami perubahan wujud namun juga naik kelas dari city car ke hatchback. Apa saja perubahannya?

Baca juga: Chevrolet Perkenalkan 3 Produk, Trailblazer, Trax, dan Spark



Mesin Baru Spark

Perubahan utama berada di bagian mesin. Chevrolet All New Spark kini menggunakan mesin Ecotec 1.4L DOHC empat silinder 16 valve VVT yang menggantikan model 1.2L yang digunakan pada model sebelumnya.

Dengan demikian, Chevrolet Spark kini bisa bersaing dengan penghuni segmen hatchback lainnya seperti Toyota Yaris, Honda Jazz, Suzuki Swift, Mazda2, Hyundai i20, dan Kia Rio.

Mesin Ecotec 1.4L ini sudah dilengkapi dengan Continuosly Variable Transmission (CVT). Perbaikan dilakukan dengan blok dan kepala silider yang terbuat dari alumunium. Hal ini membantu mengurangi keseluruhan berat kendaraan untuk meningkatkan performa dan efisiensi. Chevrolet mengklaim mesin ini menghasilkan tenaga 98 ps @ 6200 rpm dan torsi 124 Nm @ 4400 rpm.



Desain Sporty

Pada bagian eksterior, The All New Spark mengalami perubahan bentuk yang cukup banyak. Spark 2017 baru menggunakan desain global Chevrolet. Tampilan lebih ramping berkat jarak roda lebih panjang, serta tinggi keseluruhan kendaraan yang lebih rendah 45 mm dari model sebelumnya.

Atap lebih rendah mengurangi tampilan tegak lurus (upright) yang kerap ditemukan pada mini-car lain, sementara bodi tampil lebih ramping -  dengan ban yang lebih dekat dengan fender - memberikan tampilan lebih substansial dan kokoh.

Evolusi dari grill dual-port Chevrolet yang khas diapit dengan lampu eliptikal besar memanjang hingga fender depan. Headlamps LED DRL, fog lamp baru, spion dengan fitur heater, desian pintu seperti sportcar dua pinty berkontribusi pada desain The All New Spark tampilan lebih bergaya.



Kabin Lapang

Didalam kabin, para desainer menyesuaikan tinggi atap dengan dimensi hip-point pada tempat duduk, dan mempertahankan headroom luas yang telah ada pada model sebelumnya serta memberikan keleluasaan agar posisi duduk lebih menyenangkan.

The All New Spark juga dilengkapi dengan desain panel baru yang memiliki tampilan LCD canggih “center stack” yang dilengkapi dengan sistem infotainment. Warna senada  antara instrumen panel The All New Spark juga diperbarui dengan air outlet trapezoid, mempertegas desain kontemporer dari The All New Spark.

Fitur radio pada MyLink hadir dengan layar sentuh berwarna 7 inci, disertai dengan interface berbasis ikon serupa dengan smartphone dan gadget lainya. Seperti halnya smartphone, tampilan layar dapat digeser, serta menggunakan gestur lain untuk pengoperasian cepat dan mudah.

City car All New Chevrolet Spark ini dilepas dengan harga Rp 196 juta. Harga ini sudah on the road Jakarta.

RAJU FEBRIAN

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya