Beranda New Cars Suzuki Vitara 2019, The New Way of Life

Suzuki Vitara 2019, The New Way of Life

JIKA Anda mendapati mesin waktu dan lompat ke pertengahan era 90-an, maka akan terlihat banyaknya populasi City-SUV kembar tiga produksi Suzuki di kota besar di Indonesia: Escudo, Sidekick, dan Vitara. Kenapa kembar tiga? Karena memang desain ‘wajah’ mereka serupa, namun punya fitur-fitur berbeda.

Apa sih yang membuat ketiganya dulu sempat menjadi salah satu tunggangan populer di kota besar Indonesia? Ada beberapa hal yaitu dimensinya cukup kompak, mesinnya lumayan irit BBM, dan tingginya yang mampu mengatasi lubang serta genangan air di jalanan kota besar.

Namun dari ketiga anak kembar yang dimilikinya, Suzuki mungkin akan memilih satu nama untuk kembali meluncur jalanan tanah air, Vitara! Menurut beberapa sumber, ‘Vitara’ punya arti ‘way of life’ atau jalan hidup. Di Inggris, jalan hidup Vitara ternyata cukup sukses sejak diluncurkan tahun 2015. Dan saat ini, Vitara menjadi model Suzuki terpopuler di tanah Ratu Elizabeth.

Lalu apa yang kira-kira ditawarkan oleh Vitara anyar ini? Ada dua pilihan mesin baru yang tersedia untuk Vitara 2019: 1.0 liter dan mesin bensin turbo 1.4 liter Boosterjet. Keduanya akan menggantikan mesin bensin 1.6 liter lama yang dipensiunkan. Mesin 1.0 liter ini diboyong dari Swift baru yang memiliki tenaga maksimal 109 hp dan torsi maksimal 169 Nm.

Sedangkan mesin 1.4-liter Boosterjet adalah mesin yang juga dipakai oleh New SX4 S-Cross. Mesin ini diklaim bisa menghasilkan tenaga puncak 138 hp serta torsi tertinggi 219 Nm. Menurut beberapa sumber, kedua pilihan mesin Vitara baru ini juga punya emisi gas buang yang lebih rendah dari mesin 1.6 liter lamanya.

Jika Vitara baru memiliki resep sukses yang sama dengan Vitara era 90-an, bukan tak mungkin populasinya akan banyak di kota-kota besar Indonesia.

Lalu bagaimana dengan konsumsi bahan bakar kedua mesin ini? Sampai saat ini Suzuki belum merilis secara resmi konsumsi bahan bakar maupun spesifikasi Vitara 2019 lainnya. Selain mengganti mesin, Vitara juga mendapatkan opsi tambahan sistem penggerak empat roda baru bernama ALLGRIP. Sistem ini akan menyediakan 4 mode penggerak yaitu mode Auto, Sport, Snow, dan Lock.

Mode auto ALLGRIP memprioritaskan gerak roda depan untuk efisiensi bahan bakar, namun otomatis berubah menjad 4WD ketika selip. Sedangkan mode Sport akan mengaktifkan penggerak 4WD untuk membuat pengendaraan lebih responsif. Untuk menembus kemacetan kota besar? Gunakan saja mode Auto.

Di bagian dalam kabin, pengemudi dan penumpang Vitara akan dapat menikmati material dashboard baru yang berkualitas lebih bagus, panel instrumen dengan desain baru yang dilengkapi layar berwarna di antara bulatan spidometer dan takometer. Suzuki juga melengkapi Vitara dengan fitur-fitur keselamatan seperti  blindspot monitoring, automatic emergency braking, lane departure warning and assistance, traffic sign recognition, dan rear cross traffic alert.

Jika Vitara baru memiliki resep sukses yang sama dengan Vitara era 90-an, bukan tidak mungkin populasinya akan banyak di kota-kota besar Indonesia.

YOGI WICAKSONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza



Last Updates

Mitsubishi Motors Donasikan Pajero Sport untuk BLK Samarinda

SAMARINDA, 22 Oktober 2019 - PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), kembali melanjutkan program Mitsubishi CSR Education Program...

17 Klub Daihatsu Ikuti Edukasi Keselamatan Berkendara

TANGERANG, 22 Oktober 2019 – Sebanyak 60 member dari 17 klub mobil Daihatsu kembali mengikuti rangkaian event ‘Auto Clinic 2019:...

Puncak Touring “BCI 4th Anniversary” Berlangsung Meriah di Bali

JAKARTA, 22 Oktober 2019 -- Komunitas Brotherhood Club Indonesia BCI) menyelesaikan touring dari kota Banyuwangi hingga pulau Bali dengan mengusung...

Beginikah Tampang Honda Jazz Baru?

TOKYO, 22 Oktober 2019 – Jelang peluncuran All-New Honda Jazz di ajang The 46th Tokyo Motor Show 2019, Rabu (23/10/2019)...

Ini Hasil Kejurnas Sprint Rally dan Speed Offroad di Jambi

Ini Hasil Kejurnas Sprint Rally dan Speed Offroad di Jambi JAMBI, 20 Oktober 2019 – Propinsi Jambi pada weekend kemarin (19 – 20 Oktober) kemarin...