Resmi! Arab Saudi Gelar Balap Malam F1 Mulai 2021

JEDDAH, Carvaganza.com – Kalender balap Formula 1 musim 2021 akan diisi oleh kedatangan negara baru, yang telah resmi diumumkan akan bergabung. F1 mengumumkan bahwa Arab Saudi akan siap menggelar balapan pada tahun depan, di kota Jeddah. Negara Timur Tengah semakin banyak mengisi kalender balap F1 saat ini.

Negara yang menjadi destinasi ibadah Haji itu akan menyusul Abu Dhabi, Bahrain, dan Turki sebagai tuan rumah grand prix F1 di wilayah teluk. Dan di saat bersamaan, Arab Saudi juga akan menyusul Bahrain dan Singapura, untuk menggelar balapan saat malam hari. Sirkuit jalan raya Jeddah akan diriuhkan oleh para pembalap terbaik di dunia saat matahari sudah terbenam.

Resminya Arab Saudi masuk ke kalender F1 diumumkan pada hari Kamis (5/11/2020) lalu. Ekspansi F1 ke Arab Saudi ini sekaligus merupakan bentuk kerja sama Formula 1 dan Saudi Automobile and Motorcycle Federation (SAMF) dalam jangka panjang. Grand Prix Arab Saudi dikatakan akan memadukan unsur motorsport, hiburan dan budaya dalam satu akhir pekan penuh.

https://twitter.com/F1/status/1324360738304069633?s=20

“Kami senang bisa menyambut Arab Saudi ke Formula 1 untuk musim 2021 dan menyambut pengumuman meraka setelah spekulasi yang beredar belakangan ini,” ujar Chase Carey, Chairman dan CEO Formula 1.

“Arab Saudi adalah negara yang secara cepat menjadi pusat untuk olahraga danhiburan dengan banyak ajang besar digelar di sana baru-baru ini dan kami sangat senang bahwa Formula 1 akan balapan di sana mulai musim depan.”

Lanjut Carey, melihat populasi di Arab Saudi yang 70% masih berusia di bawah 30 tahun, F1 punya potensi besar untuk merangkul basis penggemar baru. Jadwal penuh kalender 2021 akan segera disahkan dan diumumkan dalam waktu dekat, setelah diajukan dan disetujui World Motor Sport Council (WMSC).

“Arab Saudi semakin maju dan kecepatan, senrgi, kegembiraan Formula 1 secara sempurna mencerminkan perjalanan transformasi negara ini. Seperti yang telah kami saksikan dalam beberapa tahun terakhir, masyarakat kami ingin berada di jantung momen terbesar dalam olahraga dan hiburan langsung ini. Dan mereka bahkan tidak sebesar Formula 1,” terang Menteri Olahraga Arab Saudi, Pangeran Abdulazis Bin Turki AlFaisal Al Saud.

“Di manapun digelar di seluruh dunia, Formula 1 adalah sebuah ajang yang menyatukan orang-orang untuk merayakan acara yang melampaui olahraga. Kami berharap dapat berbagi pengalaman unik ini dan berbagi Jeddah dengan dunia. Bagi banyak warga Saudi, ini akan menjadi mimpi yang menjadi kenyataan.”

Rumor soal Arab Saudi akan masuk sebagai tuan rumah F1 telah digaungkan sejak awal tahun ini, yang kini berhasil terealisasi. Sejauh ini belum diumumkan soal layout dan detail informasi terkait sirkuit jalan raya di Jeddah. Dan jika situasi telah berangsung normal, kabarnya Arab Saudi akan dijadwalkan pada November 2021, dalam kalender yang diisi oleh 23 balapan.

Sumber: Formula 1

WAHYU HARIANTONO

Artikel yang direkomendasikan untuk anda