Porsche Rilis Konsep Mobil Balap Listrik Untuk Gran Turismo 7, Katanya Bakal Diproduksi Massal

  • Porsche Vision Gran Turismo
  • Porsche Vision Gran Turismo
  • Porsche Vision Gran Turismo

STUTTGART, Carvaganza – Menyambut dirilisnya edisi terbaru dari video game Gran Turismo 7 pada Maret 2022 mendatang, berbagai pabrikan otomotif mulai menampilkan kendaraan terbarunya. Salah satunya ialah Porsche yang menciptakan konsep mobil sport listrik bahasa desain terbaru yang terdapat pada model elektrifikasinya saat ini. Mobil konsep virtual yang akan dihadirkan pada Gran Turismo tersebut juga kabarnya akan diproduksi secara fisik meski belum diketahui apakah akan dijual untuk publik. 

“Meski tidak ada niat untuk produksi mobil konsep tersebut, namun Porsche telah membangun kendaraan tersebut dalam ukuran penuh. Kami ingin mencapai pengalaman yang lebih dari sebuah video game dan membawanya ke jalan raya,” kata Ingo Bauer-Scheinhutte, Bos Desain Eksterior Porsche. 

Dalam pengembangannya, Porsche selalu menyelipkan desain yang nantinya digunakan pada kendaraan massalnya di masa depan. Hal tersebut sempat terjadi saat menghadirkan Porsche Mission R dan kemudian desain tersebut digunakan pula pada 718 Boxster Roadster dengan tenaga listrik.

Porsche Vision Gran Turismo

Konsep yang dihadirkan pada kendaraan Porsche Vision Gran Turismo ini berorientasi pada regulasi video game yang menawarkan mobil sport kompak dengan proporsi mesin tengah tradisional serta fokus pada efisiensi aerodinamis.

Baca Juga: Rolls-Royce Yang Super Mewah Pun Butuh Perawatan Maksimal Biar Tetap Mahal

Bauer-Scheinhütte juga mengatakan bahwa ukuran dan siluet desain yang dihadirkan pada model tersebut mengacu pada kendaraan kompak pabrikan seperti Porsche 356 dan 550. Ia juga menegaskan bahwa di sini, para desainer menciptakan yang tidak terlalu ekstrem tetapi membuat Anda ingin untuk mengemudikan mobil di dunia nyata. 

Desain eksteriornya terlihat lebih rapi dan ramping dibandingkan model pendahulunya, Mission R. Hal tersebut dilakukan demi meningkatkan aerodinamika kendaraan sehingga membuatnya terlihat lebih sederhana dan tidak berlebihan. Porsche juga menyebutkan bahwa efisiensi aerodinamika adalah kunci bagi kami dalam menghadirkan sebuah kendaraan termasuk di Gran Turismo ini. 

Selain itu, Porsche juga mendemonstrasikannya dengan menyoroti bagian splitter depan yang memiliki elemen aerodinamika aktif yang bergerak secara independen pada saat menikung di kecepatan tinggi. Hal tersebut dihadirkan untuk meningkatkan aliran udara, sementara spoiler yang dapat digerakkan di bagian belakang mendorong downforce.

Porsche Vision Gran Turismo

Pada bagian depannya, Porsche menggunakan desain lampu utama dengan desain baru agar dapat dikenali dan dipasang di bagian bawah sayap depan. Selain itu, konfigurasi pintunya pun dibuat sangat unik dengan konsep kanopi dan tidak menggunakan pintu konvensional. Di bagian interiornya diberi warna yang sama dengan eksterior dan joknya dipasang langsung ke cangkang bodinya yang menggunakan monokok. Porsche juga menyematkan fitur-fitur yang memaksimalkan pengendaraan sehingga memberikan pengalaman benar-benar terasa di dalam mobil .

Seluruh bagian bodi dibangun dengan material serat karbon terbuka serta menghadirkan lingkar kemudi bergaya yoke yang dibungkus dengan kulit Alcantara. Elemen kluster dibuat transparan dengan teknologi proyektor holografik demi menghadirkan tampilan yang lebih digital mengingat ini merupakan kendaraan di dalam video game. Meskipun terdapat kontrol fungsi pada roda kemudi dengan pengaturan fitur utama, karena Porsche selalu memiliki rencana untuk membuat kendaraan digitalnya menjadi nyata di masa depan.
ALVANDO NOYA / WH

Baca Juga: BMW i3 akan Menjelma Jadi Versi Listrik Seri 3 di China

Sumber: Autocar

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Porsche Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Artikel Feature