Mobil McLaren F1 Pertama Kimi Raikkonen Akan Dilelang, Berapa Harganya?

  • McLaren MP4-17D
  • McLaren MP4-17D
  • McLaren MP4-17D

ST.MORITZ, Carvaganza – Kimi Raikkonen akhirnya resmi mengumumkan untuk pensiun dari kompetisi Formula 1 dengan tim terakhirnya Alfa Romeo. Pengumuman tersebut juga sudah disampaikan pada Frederic Vasseur yang merupakan kepala tim Alfa Romeo dan memberikan penghormatan pada Kimi yang telah berkarir selama 20 tahun di F1. 

Dengan memulai debutnya sebagai pembalap tim Sauber di 2001, Kimi kemudian pernah juga bergabung dengan tim McLaren pada 2002 hingga 2006. Nah, kebetulan atau tidak, kendaraan yang pernah ia tunggangi pada 2002 silam tersebut kabarnya akan segera dilelang dalam waktu dekat. McLaren MP4-17D sendiri dirancang oleh Adrian Newey, Mike Coughlan, Neil Oatley dan Peter Prodromou yang dikenal sebagai jagoan F1 sepanjang masa. 

Kendaraan yang ditunggangi oleh Kimi tersebut disokong oleh mesin V10 3.0 liter yang mampu menghasilkan tenaga maksimal 854 hp pada 18.500 rpm. Tentu saja suara yang dihasilkan lebih garang dibandingkan kendaraan F1 generasi sekarang. Selain itu, Mclaren MP4-17D ini merupakan mobil keenam Mclaren yang menampilkan corak hitam-putih khas West McLaren-Mercedes. 

McLaren MP4-17D

Mobil dengan nomor sasis MP4-17A-06 ini memiliki catatan sejarah yang cukup memukau di ajang F1 musim 2002 – 2003 dengan total 12 kali balapan. Pertama kali Kimi membawanya debut di Grand Prix Eropa, Nurburgring, Jerman dengan start di posisi keenam. Di akhir balapan, Mclaren MP4-17D ini berhasil finish di posisi ketiga persisi di belakang duo Ferrari, Rubens Barrichello dan Michael Schumacher. 

Baca Juga: F1: Verstappen dan Hamilton Tabrakan, Ricciardo Pimpin McLaren Menang 1-2 GP Italia 2021

Namun catatan paling sukses Kimi bersama mobil ini adalah ketiga finish di posisi kedua di GP Perancis di Circuit de Nevers Magny-Cours. Ia merayakan kemenangan podium bersama dengan rekan setimnya David Coulthard yang berhasil finish di posisi ketiga. 

Sayangnya, pada 2002 McLaren tidak berhasil meraih kemenangan setelah diasapi oleh Ferrari yang memenangkan 15 balapan dari total 17 balapan yang digelar pada tahun ini. McLaren hanya berhasil berada di posisi ketiga di belakang tim Ferrari dan tim Williams-BMW. Setahun berselang, McLaren melakukan penyempurnaan pada performanya dan berhasil meraih kemenangan di GP Australia dengan ditunggangi oleh David Coulthard.

McLaren MP4-17D

Selain itu, mobil ini juga disebut memiliki ikatan yang sangat kental dengan Raikkonen dan eksis di era keemasan Michael Schumacher. Diperkirakan Mclaren MP4-17D akan dijual dengan harga mencapai US$ 2,1- US$ 2,7 Juta atau setara Rp 38 Miliar . Mobil itu akan dilelang di pelelangan RM Sotheby's St. Moritz pada 17 September 2021 mendatang.
ALVANDO NOYA / WH

Baca Juga: Mission R Concept Dipamerkan di IAA 2021, Wujud Mobil Balap Listrik Porsche Masa Depan

Sumber: Carscoops

Mobil Mclaren Pilihan

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya