Mesin Baru Toyota Kijang Innova Makin Dahsyat

Mesin Baru Toyota Kijang Innova Makin Dahsyat
JAKARTA, 24 November 2015 – Tampilannya yang jauh berbeda membuat banyak yang terkesima dengan Toyota All New Kijang Innova yang baru saja diluncurkan. Padahal generasi keenam dari MPV legendaris Toyota Kijang itu menggunakan mesin baru yang punya kemampuan yang semakin dahsyat.

Ada dua tipe mesin yang ditawarkan All New Kijang Innova; bensin dan diesel. Mesin bensin yang digunakan berkode 1TR-FE dengan kapasitas 1998cc yang didukung dengan teknologi Dual VVT-I yang belum ada pada generasi sebelumnya. Berkat teknologi Dual VVT-i mesin ini dapat menyemburkan tenaga 139 ps dengan torsi 18.8 kgm (183 Nm). Nah, mesin ini memiliki tenaga lebih besar 3 ps dan torsi lebih tinggi 0.1 kgm.

“Mesin ini selain bertenaga juga memberiakn efisiensi dalam penggunaan bahan bakar,” kata Hiroki Nakajima Executive Chief Engineer Toyota Motor Corporation saat peluncuran kemarin.

Najamina mengatakan mesin diesel yang menggunakan adalah mesin anyar yang sengaja diembangkan dalam proyek IMV Toyota. Mesin dengan kode 2GD-FTV mesin ini memiliki kapasitas 2.393 cc, lebih kecil dari model sebelumnya yang memiliki kapasitas 2.494 cc.

Tapi jangan salah, meski turun secara kapasitas tenaga mesin diesel ini naik 47 ps dari 102 ps menjadi 149 ps. Torsi juga berkembang menjadi 36.7 kgm (A/T) dan 34.9 kgm (M/T). Angka ini naik 10.2 kgm dan 14.5 kgm dibandingkan generasi sebelumnya.

Semua ini berkat penggunaan teknologi VNT dengan Intercooler. “Ini adalah salah satu mesin diesel paling powerful yang dimiliki Toyota dengan kapasitas di bawah 3000cc,” kata Nakajima.

Hiroshi Fukui, President Director PT Toyota Astra Motor (TAM) mengatakan Kijang Innova baru ini bukan Multi Purpose Vehicle tapi Multi Performance Vehicle. Harga yang ditawarkan untuk All New Kijang Innova ini mulai dari Rp 282 juta untuk tipe paling rendah yaitu G bensin M/T, hingga Rp 423,800 juta untuk varian tipe Q Diesel A/T.

TITO LISTYADI, RAJU FEBRIAN

Mobil Toyota Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Review
  • Artikel Feature