Malam Tahun Baru Mobil Dilarang Melintas di 11 Ruas Jalan di Jakarta

Jalan protokol Jakarta

JAKARTA, Carvaganza – Menjelang pergantian tahun 2021 ke 2022, Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya akan menerapkan aturan crowd free night (CFN) di 11 ruas jalan di Jakarta dan sekitarnya. Kawasan-kawasan tersebut akan ditutup pada Jumat 31 Desember 2021 mulai pukul 22.00 WIB hingga 1 Januari 2022 pukul 04.00 WB.

Hal tersebut disampaikan oleh Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Argo Wiyono karena mempertimbangkan kondisi pandemi covid-19 yang belum usai. Diharapakan dengan adanya aturan ini, masyarakat tidak melakukan kerumuman pada saat perayaan malam pergantian tahun.

"Nanti malam begitu sudah pukul 22.00 perkiraan waktu 1 jam, khususnya kawasan yang ramai, restoran untuk segera mengosongkan. Setelah itu akan ada tindakan menyisir melalui kegiatan patroli," kata Argo saat dihubungi OTO.com, Jumat (31/12).

Ia juga menambahkan bahwa 11 lokasi yang diberlakukan aturan CFN tersebut akan dijaga oleh personil kepolisian sampai waktu yang sudah ditentukan tadi. Namun terdapat dispensasi untuk beberapa kategori atau kendaraan dengan memberikan bukti valid kepada para petugas di lapangan.

Penutupan ruas jalan Tahun Baru 2021

"Aturannya kurang lebih mirip dengan CFN yang sudah-sudah. Namun akan ada pengecualian untuk kepentingan tertentu misalnya kedaruratan, bekerja, ke fasilitas kesehatan, ke tempat penginapan yang ditunjukkan dengan bukti pemesanan kamar, atau pengendara dan penumpang yang memang tinggal di area situ," tambahnya.

Argo juga menegaskan bahwa para personil tetap akan mengedepankan tindakan humanis karena memang tujuannya untuk pencegahan. Namun, dijelaskan Argo, jika terjadi perdebatan hingga ada kondisi tidak diharapkan maka polisi akan bertindak dengan tegas.

Dalam menerapkan aturan ini, Ditlantas Polda Metro Jaya akan menurunkan lebih kurang 1.200 personel pada Jumat (31/12/2021). Di titik-titik lain, kepolisian dari polres di wilayah kotamadya juga akan dilibatkan untuk menjaga pos-pos pengamanan malam Tahun Baru. Selain kepolisian, Dinas Perhubungan DKI Jakarta dan satuan polisi pamong praja juga akan ikut mengerahkan pasukkan dan total jumlah personel yang terlibat dalam pengamanan jelang tahun baru 2022 bisa mencapai 2.500 personel.

Berikut ini adalah daftar 11 titik jalan yang akan diberlakukan CFN Jakarta pada Jumat 31 Desember 2021 (22.00 WIB) hingga 1 Januari 2022 (04.00 WIB).

Jalan Asia Afrika
Jalan Gunawarman - Jalan Senopati & SCBD
Jalan Mahakam - Jalan Bulungan - Jalan Barito 1
Jalan MH Thamrin - Jalan Jenderal Sudirman
Kawasan Kota Tua
Kawasan Monumen Nasional (Monas)
Kawasan Kemayoran
Kawasan Pantai Indah Kapuk 2
Jalan Kemang Raya
Kawasaki Banjir Kanal Timur
Kawasan Danau Sunter
(ALVANDO NOYA)

Mobil Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Tips
  • Review
  • Artikel Feature