Lawan Covid-19, Grup Peugeot Targetkan Produksi 70 Juta Masker Bedah

JAKARTA -- Peugeot Global terus mengumandangkan perang melawan pandemic Covid-19. Prinsipal Peugeot (Groupe PSA) sudah mulai mengalihfungsikan sebagian fasilitas dari pabriknya. Pabrikan asal Perancis sudah memulai memproduksi masker bedah tipe 1. Pabrik tersebut sudah mulai beroperasi sejak bulan Agustus pada fasilitas pabrik di wilayah Mulhouse, Prancis Timur. Sejak keputusan untuk berpartisipasi dalam memerangi Covid-19 pada 10 April 2020 lalu, Grup Peugeot telah menggelontorkan dana sebesar 1 juta Euro (sekitar Rp 17,4 miliar) untuk membuat fasilitas produksi masker bedah tersebut. Awalnya, hal ini dilakukan agar Grup Peugeot dapat memenuhi secara mandiri kebutuhan masker bagi seluruh karyawannya. Selanjutnya, Peugeot Global secara reguler memberikan donasi kepada seluruh lembaga dan organisasi yang memerangi wabah virus Covid-19. Untuk sekarang ini, fasilitas produksi yang mengadopsi teknologi asal Prancis mampu menghasilkan 12.000 masker per jam. Tim terdiri dari anggota 12 orang yang telah dilatih secara khusus untuk dapat memastikan pencapaian produksi sebanyak 70 juta masker per tahun. Hal ini juga memastikan kalau Peugeot Global mampu memenuhi kebutuhan masker internal secara mandiri plus dapat berdonasi.

Target Produksi

“Investasi ini merupakan hasil keputusan komite krisis kami dengan tujuan memastikan perlindungan kepada seluruh karyawan kami. Protokol kesehatan telah diimplementasikan secara ketat di seluruh sektor bisnis yang dijalankan Grup PSA,” ucap Yann Vincent, Executive Vice President, Manufacturing & Supply Chain for Groupe PSA dalam keterangan yang dilansir Astra Peugeot hari ini. Grup PSA juga menargetkan untuk dapat memproduksi 10 juta masker per bulan di fasilitas Mulhouse. Fasilitas tersebut sudah memenuhi seluruh syarat dan karakteristik higienitas sebagai situs produksi masker bedah tipe 1. Sejak mulai berproduksi, 3 Agustus lalu, lokasi ini sudang menghasirkan 250 ribu masker. Sebagian besar digunakan untuk karyawan sendiri dan sebagian lagi disumbangkan. "Hal ini menegaskan bahwa Peugeot Global secara aktif turut berpartisipasi untuk melawan pandemi Covid-19," tutup Yann Vincent.

Lawan Covid-19

Sebelumnya berbagai kegiatan sudah dilakukan perusahaan induk Peugeot yaitu PSA. Jenama yang membawahi Peugeot, Citroen, DS, dan Opel ini menyumbangkan 700 ribu masker untuk rumah sakit, layanan darurat di Prancis, Portugal, dan Slovakia. Bersamaan dengan itu mereka juga memberikan peralatan medis seperti monitor multiparametrik, defibillator, kotak P3K, sarung tangan, dll) untuk rumah sakit di Milan Italia, Madrid Spanyol, dan Mulhouse Prancis. Di Spanyol, Group PSA dan PSA retail meminjamkan armada mobil mereka kepada otoritas kesehatan setempat untuk digunakan sebagai kendaraan operasional penanganan Covid-19. Sedangkan di Maroko, sebanyak 50 unit Peugeot 208 disumbangkan kepada pemerintah berwenang untuk penanganan wabah. RAJU FEBRIAN

Artikel yang direkomendasikan untuk anda