Honda Civic Type R Berjaya Balap 24 Jam di Nurbrugring

NURBURG, Carvaganza.com – Akhir pekan lalu digelar ajang balap ketahanan Nurburgring 24 Hour di Jerman. Berbagai kelas balap turing disatukan dalam satu rangkaian seri di sana, termasuk kelas TCR. Di kelas yang sangat kompetitif ini, Honda berhasil mempertahankan gelarnya sebagai juara di Nurbugring, lewat tim Castrol Honda Racing.

Kemenangan diraih lewat mobil balap berbasis Honda Civic Type R TCR, yang dioperasikan oleh Fugel Sport, Honda Jerman dan JAS Motorsport. Di sirkuti legendaris sepanjang 25,3 kilometer itu, kemenangan Honda diraih melalui pembalap Dominik Fugel, Markus Oestreich, Tiago Monteiro dan Esteban Guerrieri.

Monteiro dan Guerrieri sendiri merupakan pembalap Honda pada kejuaraan WTCR, alias balap turing kelas dunia. Sebelum balapan utama di kelas endurance, Guerrieri telah memgamankan dua kemenangan di WTCR. Sama-sama menggunakan Civic Type R TCR, Guerrieri bergabung dalam tim ALL-INKL.COM Munich Motorsport di WTCR.

Penampilan kurang maksimal dari tim Honda ditunjukkan saat sesi kualifikasi, yang berlangsung di bawah guyuran hujan khas Nurburgring. Cuaca memang sering menjadi faktor penentu saat balapan digelar di kawasan pegunungan Eifel itu. Tim Honda pabrikan ini bahkan harus memulai balapan dari posisi keempat, sebelum menunjukkan progres saat balapan.

Lebatnya hujan yang dianggap membahayakan saat malam hari, memaksa steward menghentikan balapan di tengah malam. Namun saat periode bendera merah ini, Honda sudah unggul satu lap di depan para pesaing di kelasnya. Setelah tertunda selama sembilan jam, balapan dilanjutkan pada pagi harinya, saat cuaca juga sudah membaik.

Kemenangan Honda akhirnya dipastikan saat Monteiro menyentuh garis finish setelah 24 jam. “Ini pengalaman yang luar biasa karena sekali lagi dapat memenangkan perlombaan ini. Terdapat bendera merah yang cukup lama, karena kondisinya cuaca yang tidak baik, banyak hujan, sangat dingin, sangat licin, dan rival kami selalu berada di posisi yang sama atau tepat di belakang dan mendorong kami ke pinggir,” kata pembalap berdarah Portugal itu.

“Tim melakukan pekerjaan yang hebat, para pembalapnya juga amat brilian dan menjalankan tugas tanpa kesalahan dengan kekuatan mobil yang luar biasa pula. Kami tidak memiliki masalah apapun selama balapan. Saya sangat bangga dengan kemenangan ini dan sangat bangga menjadi bagian dari keluarga Honda Racing. Terima kasih untuk Honda, Honda Jerman, Fugel, dan rekan satu tim saya.”

Sementara Guerrieri mengungkapkan juga rasa senangnya, “Saya sangat senang mendapatkan kemenangan ini dan ini adalah pengalaman yang luar biasa dan momen yang menyenangkan sebagai tim ketika mobil melewati garis finish. Balapan ini adalah salah satu yang tersulit karena ada hujan, kabut, dan banyak mobil yang bertabrakan.

“Pada Minggu pagi, kami bertarung langsung dengan rival utama kami sehingga kami harus memberikan performa lebih dan perlu sedikit menekan. Kemenangan ini adalah hadiah atas kerja keras tim dan membuat balapan ini sangat menyenangkan, bukan hanya karena hasilnya, tapi kami juga mendapatkan pengalaman.”

WAHYU HARIANTONO

Artikel yang direkomendasikan untuk anda