Beranda Updates F1: Hamilton Tutup Musim dengan Kemenangan ke-11 di GP Abu Dhabi

F1: Hamilton Tutup Musim dengan Kemenangan ke-11 di GP Abu Dhabi

YAS MARINA, 26 November 2018Lewis Hamilton menutup musim balap 2018 dengan sempurna sebagai juara dunia, dengan meraih kemenangan seri Formula 1 Grand Prix Abu Dhabi 2018, hari Minggu (25/11/2018). Kemenangan diraihnya nyaris tanpa perlawanan dari para pembalap lain.

Pole position dimanfaatkan dengan sangat baik oleh Hamilton, untuk memimpin balapan tidak tersentuh hingga finish. Di belakangnya, Sebastian Vettel dan Max Verstappen menjadi pelengkap posisi tiga besar di atas podium.

Start mulus mengantarkan Hamilton mempertahankan posisinya dari serangan Valtteri Bottas dan pembalap lain di belakangnya. Safety car langsung muncul di lap pertama, akibat terbaliknya mobil Nico Hulkenberg (Renault) di tikungan 9.

Berusaha menyalip Romain Grosjean (Haas), Hulkenberg melebar saat masuk chicane tikungan 8-9. Grosjean yang berada di sisi luar tikungan menyenggol roda Hulkenberg yang berada di tengah apex, membuat Hulkenberg terlempar dan mendarat dengan posisi terbalik di tembok pembatas.

Evakuasi mobil Hulkenberg tidak lama dilakukan dan balapan kembali dimulai pada lap 4. Hamilton yang berhasil menjaga jarak selama periode safety car, berhasil langsung menjauh begitu balapan dimulai kembali.

Tidak lama balapan berlangsung, Kimi Raikkonen harus terhenti di lap 7 pada balapan terakhirnya bersama Ferrari karena masalah mesin. Mobil Raikkonen terhenti di lintasan lurus start/finish, yang memicu diberlakukannya virtual safety car.

Situasi ini dimanfaatkan Hamilton untuk pitstop lebih awal, berganti dari kompon ban hypersoft ke supersoft. Ban tersebut yang kemudian dipakainya hingga akhir balapan.

Sembilan lap kemudian, baru Valtteri Bottas pembalap di depan yang mengikuti Hamilton untuk masuk pit, sebelum akhirnya Vettel mengikuti tidak lama kemudian. Persaingan untuk posisi podium kedua dan ketiga semakin panas dengan perlawanan dari duo Red Bull, Max Verstappen dan Daniel Ricciardo.

Di belakang Hamilton, Bottas dengan ban yang paling lama dipakai melebar di tikungan 8 pada lap 35, yang membuka pintu untuk Vettel menyerang dan menyalipnya. Tiga lap kemudian, hal serupa berulang dan memberi kesempatan Verstappen menyalip Bottas juga untuk posisi ketiga.

Sampai finish balapan di lap 55 sirkuit Yas Marina, Hamilton meraih kemenangan ke-11 musim ini dengan jarak 2,581 detik di depan Vettel dan Verstappen. Bottas yang masuk pit kedua kali harus rela disalip Ricciardo untuk posisi keempat dan finish kelima.

Fernando Alonso yang akan pensiun dari F1 tampil cukup impresif, namun harus melewatkan finish poin dengan meraih posisi ke-11 di belakang Kevin Magnussen. Lima pembalap gagal finish yaitu Pierre Gasly, Esteban Ocon, Marcus Ericsson, Raikkonen dan Hulkenberg.

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

CSR Mitsubishi, Buka Perpustakaan dan Balai Pertemuan di Ternate

Ternate, Carvaganza - Mitsubishi Motors Corporation (MMC) mengadakan seremoni pembukaan perpustakaan dan balai pertemuan anak di Ternate, Maluku Utara. Bermitra dengan lembaga swadaya masyarakat...

Ini Dia Tampilan Generasi Baru Isuzu mu-X 2021

TOKYO, Carvaganza.com - Isuzu mu-X direncanakan beregenerasi tahun depan. Model terbarunya diduga tengah digarap pabrikan. Nah, gambar paten membongkar visual tubuh secara utuh. Diunggah...

Penuhi Kebutuhan Masa Pandemi, Isuzu mu-X Jadi Ambulans

JAKARTA, Carvaganza -- Belum pulihnya kondisi ekonomi akibat pandemi Covid-19 membuat daya beli masyarakat turun. Astra Isuzu membuat startegi dengan menyasar segmen-segmen pelanggan yang...

Mercy Sprinter Disulap Jadi ‘Tank Baja’ Super Aman dan Super Mewah

NEW YORK, carvaganza.com -  Orang-orang super kaya biasanya membutuhkan perlindungan yang maksimal. Pasalnya, mereka hidup dengan ragam kepentingan yang bisa mengancam keamanan dan keselamatan...

Audi Q5 Sportback Tantang BMW X4 dan Mercedes-Benz GLC Coupe

INGOLSTADT, Carvaganza.com - Kombinasi SUV dan Coupe sedan digemari. Khususnya pabrikan Jerman, hampir semuanya punya di line-up masing-masing. BMW dan Mercedes-Benz sudah duluan, kini...