Beranda Updates Evans Antar Toyota Menang di WRC Swedia 2020

Evans Antar Toyota Menang di WRC Swedia 2020

KARLSTAD, Carvaganza.com – Tim Toyota Gazoo Racing berhasil membalas kekalahannya dari seri pembuka WRC 2020, dengan meraih kemenangan seri Swedia. Pendatang baru Elfyn Evans, meraih kemenangan pertamanya untuk Toyota pada reli yang didominasi lintasan salju ini.

Evans tampil meyakinkan sepanjang akhir pekan, melanjutkan performa bagusnya sejak seri pertama di Monte Carlo. Bahkan, kemenangan diraihnya dengan jarak signifikan dari para pesaingnya di seri Swedia ini.

Pereli asal Wales ini meraih kemenangan WRC Swedia 2020 dengan unggul sampai 12,7 detik di depan juara dunia bertahan, Ott Tanak dari tim Hyundai Motorsport. Melalui hasil ini, Tanak membayar kesalahan dari seri sebelumnya, saat dirinya alami kecelakaan hebat dan tersingkir dari reli.

Untuk podium perdananya bersama Hyundai ini, Tanak tunjukkan keunggulan kecepatannya di beberapa stage akhir. Namun meski begitu, kecepatannya belum cukup untuk menggeser Evans sebagai pemimpin reli.

Penyelenggara harus memotong jarak keseluruhan reli, dengan membatalkan salah satu stage berjarak 21,9 km di Likenas.

Pereli Toyota lainnya, Kalle Rovanpera juga tampil cemerlang di Swedia untuk mengamankan podium perdananya di WRC. Saat ini, Rovanpera menjadi pereli termuda di WRC, yang juga menarik perhatian publik sebagai anak dari mantan pereli Harri Rovanpera.

Rovanpera finish ketiga dengan jarak 20,2 detik di belakang Evans rekan setimnya. Untuk posisi ini sendiri, Rovanpera harus menahan tekanan dari Sebastien Ogier, sesame pendatang baru di Toyota. Ogier bahkan hanya berjarak 3,4 detik dari Rovanpera.

M-Sport Ford ikut memanaskan persaingan antara Toyota dan Hyundai, melalui Esapekka Lappi yang meraih posisi kelima. Pemenang seri Monte Carlo, Thierry Neuville harus takluk dari Lappi dan finish dengan selisih hanya 1,4 detik antara keduanya.

Lewat kemenangan ini, Evans kini mengambil alih puncak klasemen pereli sementara dengan koleksi total 42 poin. Jumlah poin tersebut sama dengan Neuville, namun Evans unggul karena lebih konsisten sejauh ini finish di tiga besar.

Sementara untuk klasemen manufaktur, Toyota masih kokoh di puncak dengan total 73 poin. Posisi kedua ditempati oleh Hyundai dengan 63 poinm terpaut 10 poin, sementara M-Sport Ford di posisi ketiga dengan raihan 40 poin.

Setelah seri Swedia, WRC kemudian akan berlanjut untuk seri Meksiko di pegunungan Guanajuato. Seri ketiga ini akan digelar pada tanggal 12 – 15 Maret 2020 mendatang, dengan total jarak reli 400 km.

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto