Calon Generasi Baru Mercedes-AMG SL akan Pakai Soft-Top Lagi

STUTTGART, Carvaganza – Belum ada kabar terbaru tentang peluncuran generasi terbaru dari Mercedes-AMG SL. Tetapi dikutip dari carscoops.com, tampangnya baru saja terlihat menggunakan selubung saat tengah melalukan pengujian. Meskipun masih dalam versi kamuflase, namun desain fascia depan Mercedes-AMG SL generasi terbaru terlihat lebih bulat dan menggunakan grill Panamerica. 

SL generasi terbaru terlihat menggunakan atap konvertibel dengan material kain. Berbeda dengan model sebelumnya yang menggunakan hard-top dengan proses pelipatan yang lebih rumit. Kini atap konvertiblenya pun dibuat kontras dengan kelir merah seperti yang terdapat pada Mercedes-AMG GT C Roadster. Pada gambar tersebut juga terlihat bahwa desain belakangnya lebih membulat dan agak mirip dengan bahasa desain S-Class. Di bagian belakang juga terdapat spoiler yang terlihat terangkat dan terdapat empat lubang knalpot. 

Sebenarnya, Mercedes-AMG SL dikembangkan di atas platform AMG GT terbaru dengan menggabungkan unsur 300SL pada desain bodinya. Beberapa bagian masih belum dapat terlihat dengan jelas, namun terdapat ventilasi udara juga pada bagian sampingnya. Mercedes AMG SL memang termasuk dalam keluarga AMG dan tentu saja lebih mengedepankan performa mesin dan akselerasinya di jalan raya. Kehadiran AMG SL ini akan menjadi pilihan baru bagi pengguna S-Class Coupe dan S-Class Convertible dengan konfigurasi dua pintu.

Mercedes-AMG SL Spyshot

Walaupun belum ada detail mengenai spesifikasi mesin  yang digunakan, tapi sepertinya AMG SL akan menggunakan empat pilihan mesin. Salah satu yang memungkinkan adalah 6-silinder 3,0 liter dengan tenaga maksimal 430. Sedangkan model SL63 diproyeksikan akan menggunakan mesin V8 4,0 liter twin-turbocharged dengan motor hybrid yang mampu menghasilkan tenaga hingga 600 hp. Sementara varian tertingginya akan diisi oleh Mercedes AMG-SL 73e. Model tersebut kemungkinan akan berbagi drivetrain dengan AMG-GT 4-Door Coupe 73e PHEV yang baru-baru ini juga tengah melakukan pengujian dengan selubung. AMG GT 4-Door sendiri memiliki tenaga maksimal hingga 800 hp dari V8 yang dipadukan dengan motor listrik.

Selain itu, karena menggunakan basis dari AMG GT, Mercedes AMG SL ini diperkirakan akan menggunakan penggerak roda belakang. Mercedes AMG SL versi terbaru ini akan menjadi generasi keenam mengingat pembaruan pada model sebelumnya dilakukan pada 2013 silam. Memang belum ada tanggal detail tentang peluncuran Mercedes AMG SL, tetapi melihat kesiapan dan pengujian yang dilakukan model terbarunya akan segera meluncur pada akhir tahun ini atau awal 2022. 

Sebagai perbandingan saja, model terakhir Mercedes AMG SL yang sekarang dijual dengan harga USD 152.800 atau setara Rp. 2,1 Miliar belum termasuk pajak dan biaya pengiriman. Jika model terbarunya meluncur, bisa jadi harganya sedikit lebih mahal dari model sebelumnya. Tapi bagi konsumen S-Class ini merupakan harga yang cocok untuk mendapatkan pengalamna berkendara khas Merc. ALVANDO NOYA / WH

Sumber: Carscoops

Artikel yang direkomendasikan untuk anda