Beranda Updates TIPS: Oprek Komputer BMW Bikin Garansi Hangus

TIPS: Oprek Komputer BMW Bikin Garansi Hangus

JAKARTA, 21 November 2018 — Ditengah era modern seperti ini, banyak mobil yang menggunakan berbagai teknologi canggih salah satunya adalah turbocharger. Tujuannya memberikan tenaga mesin yang luar biasa dan dapat membuat mobil menjadi lebih efisien bahan bakar. Hal ini dilakukan oleh banyak perusahaan mobil untuk seluruh lineup mobilnya, salah satunya adalah BMW.

Pemasangan turbo ini juga membantu para modifikator yang ingin meningkatkan tenaga mobilnya menjadi lebih kencang tapi tidak perlu banyak atau repot oprak-aprik mobilnya. Melainkan hanya tuning pada mesin melalui pengaturan ECU. Tapi bukan berarti para modifikator juga melupakan garansi mobilnya loh.

Lantas bagaimana jika modifikator mengoprek sistem komputernya?

“Tentu saja hal itu dapat menggugurkan garansinya sehingga apabila ada terjadi kerusakan maka konsumen harus mengganti komponen yang rusak tanpa ditanggung oleh pihak BMW,’ ujar Ariefin Makaminan Vice President of After Sales BMW Group Indonesia, di Semarang, Sabtu (17/11) lalu.

Bahkan jika konsumen masih mengelak untuk tidak jujur soal apa saja yang sudah di modifikasi juga bisa diketahui. Karena BMW saat ini sudah memiliki alat yang tidak diketahui oleh konsumen untuk membaca ECU hingga detail.

“Walaupun konsumen yang mengklaim adanya kerusakan yang disebabkan oleh modifikasi pada mesinnya namun mereka mencopot kembali berbagai perangkat yang ada sebelum melakukan klaimnya, pihak kami akan tetap bisa mengetahuinya dengan mudah berdasarkan investigasi dari ECU. Bahkan waktu mulai dari tanggal, bulan, tahun, jam, menit dan detik saat konsumen melakukan modifikasi manipulasi tersebut dapat diketahui dengan mudah,”tegas Arifin.

Meski garansinya sudah hilang, BMW tetap masih mau menangani mobil tersebut. Karena bagaimanapun mobil tersebut menjadi tanggung jawab BMW untuk membantu diperbaiki. Tapi konsumen harus mengeluarkan kocek sendiri tentunya.

VALDO PRAHARA



Last Updates

Ini 7 Layanan Auto2000 Selama Mudik Lebaran

JAKARTA, 26 Mei 2019 – Tak terasa Hari Raya Idul Fitri 1440 H tinggal 10 hari lagi. Mudik Lebaran menjadi agenda...

Toyota Kijang, Mobil Bekas Paling Diburu Jelang Lebaran

JAKARTA, 25 Mei 2019 – Bulan suci Ramadhan dan jelang lebaran mendongkrak jual beli mobil bekas. Selain pencarian, supply mobil...

Peugeot Unjuk Gigi di Turnamen Tenis Roland Garros

PARIS, 25 Mei 2019 – Turnamen tenis Prancis Terbuka atau juga dikenal dengan Roland Garros kembali digelar selama 2 pekan...

Masalah Global, Ekspor Toyota Melorot 6% di 4 Bulan Pertama 2019

JAKARTA, 24 Mei 2019 – Ekspor kendaraan utuh (Complete Build Up/CBU) bermerek Toyota pada bulan Januari hingga April 2019 mengalami...

Tambah Kekuatan, Peugeot Boyong SUV 5008 ke Indonesia Bulan Depan

JAKARTA, 24 Mei 2019 – Setelah cukup sukses dengan sport utility vehicle (SUV) Peugeot 3008 di pasar Indonesia, PT Astra...