Tertangkap Spyshot Tanpa Kamuflase, Ini Tampang Mercedes-Benz C-Class Terbaru

STUTTGART, Carvaganza – Peluncuran resmi generasi terbaru Mercedes-Benz C-Class sudah tidak lama lagi, yang akan dilakukan dalam hitungan pekan. Namun sebelum tanggal baik tersebut datang, wujud seutuhnya C-Class versi produksi sudah terungkap ke jagad maya, menunjukkan gaya dan desain barunya. Bahkan eksterior dan interior sedan kompak ini sudah terungkap.

Wujud rival BMW Seri 3 dan Audi A4 ini terekspos tanpa kamuflase oleh laman The Automobilist di Facebook dan oleh CarsInPixles di Twitter. Terlihat, Mercedes memberikan model sedan klasik terkecilnya ini gaya desain yang seakan seragam seperti A-Class, CLA, E-Class facelift dan S-Class. Sepertinya Mercedes akan membuat desain seluruh sedannya seperti Mathryoska, boneka tradisional Rusia yang punya bentuk sama dari yang besar sampai kecil.

Fascia depan tampak mengadopsi gaya desain predator face yang dibuat lebih halus, sesuai karakter C-Class yang konservatif. Sisi dalam lampu depan dibuat membulat, sementara sisi luar bersudut tajam. Sementara grille depan berdesain lebih besar daripada garis desain lampu depan, membuat proporsi wajah depan kini cenderung sporty.

C-Class 2022

Bagian samping nyaris tidak ada perubahan berarti, mempertahankan gaya desain tradisional sedan klasik Mercedes tanpa tarikan garis agresif dan berani. Ubahan eksterior paling signifikan ditunjukkan oleh fascia belakang, dengan lampu yang ramping dan menyudut, seperti dipelopori CLS dan A-Class terbaru.

Perubahan yang terkesan seragam lagi-lagi dibawa oleh pabrikan berlogo Three Pointed Star ini ke dalam kabin. Layout dashboard C-Class terbaru tampak sangat mirip dengan desain yang Mercedes berikan untuk S-Class terbaru. Bisa dilihat dengan aplikasi sistem hiburan MBUX generasi kedua, lewat layar sentuh besar yang melintang ke bawah dashboard. Tombol esensial pengontol AC kini diakses lewat layar sentuh.

Panel instrumen masih seperti generasi MBUX pertama, menggunakan layar horizontal 10,25-inci di balik lingkar setir. Desain baru seperti E-Class dan S-Class tampak hadir pada setir juga, yang semakin penuh dengan tombol pengatur infotainment dan MID. Sementara tuas transmisi tetap di balik setir, dengan rumor kemungkinan akan ditiadakan juga untuk dipindah ke layar sentuh. Alhasil, tampilan dashboard tampak lebih bersih dari tombol, dengan ventilasi AC bulat menghiasi.

C-Class 2022 Interior

Hal yang mungkin akan mengejutkan para penggemar, adalah keputusan Mercedes yang dikatakan akan tidak lagi menyediakan mesin V8, bahkan unutk varian AMG C63. Varian terkencang itu konon akan digantikan oleh versi empat silinder 2,0 liter dengan sistem hybrid, untuk hasilkan output lebih dari 500 hp. Memang, Mercedes sedang berupaya untuk memperluas penerapan elektrifikasi di line up, termasuk pada varian performa tinggi.

Basis C-Class ini nantinya akan disediakan dalam beberapa body styling juga, termasuk coupe, cabriolet, estate, bahkan GLC dan GLC Coupe yang memang berbasis C-Class. Mercedes juga kabarnya akan membuat versi off-road untuk C-Class dengan nama varian All Terrain dengan basis versi Estate. Ini seperti yang pernah mereka lakukan melalui E-Class All Terrain, bergaya crossover dengan mendapat over fender dan ground clearance lebih tinggi. WAHYU HARIANTONO

Sumber: Autocar

Artikel yang direkomendasikan untuk anda