Beranda Updates Tak Mau Kalah, Mazda Siapkan Mobil Listrik Tahun Depan

Tak Mau Kalah, Mazda Siapkan Mobil Listrik Tahun Depan

Mazda3 Sedan

HIROSHIMA, 11 Juni 2019 – Era mobil listrik untuk Mazda akan datang tidak lama lagi, menyusul rencana menghadirkan teknologi tersebut dalam waktu dekat. Secepatnya, Mazda akan punya mobil listrik mulai tahun 2020, yaitu tahun depan.

Chief Exercutive Mazda, Akira Marumoto mengungkap langsung rencana tersebut dengan menyebut akan dua jenis mobil listrik dihadirkan Mazda, yaitu full electric dan plug-in hybrid. Rencana ini diungkap menyusul rencana Mazda yang akan hadirkan varian mesin enam silinder beberapa waktu lalu.

Tujuan Mazda menghadirkan powertrain dan mobil listrik utamanya untuk memenuhi tuntutan standard emisi CO2 di Eropa, yang seiring waktu semakin ketat.

“Pertama-tama, mesin Skyactiv-X yang kami luncurkan tahun ini beremisi kurang CO2 dari 100g/km. kedua, kendaraan baterai listrik pertama Mazda akan dipasarkan pada tahun depan,” kata Marumoto diwawancara Auto News.

“Akhirnya, kami akan perkenalkan model plug-in hybrid mulai 2020 atau 2021. Jadi pada akhirnya kami akan mencapai target (emisi), walaupun kami akan kesulitan di 2020.”

Tidak disebut oleh Marumoto apakah mobil listrik atau plug-in hybrid tadi akan menajdi varian baru dari model yang ada sekarang. Tapi sempat ada pernyataan dari Mazda tahun lalu bahwa mobil listrik akan hadir melalui model yang benar-benar baru, tidak dari line-up model saat ini.

Mazda sendiri memastikan akan menggunakan teknologi powertrain yang dikembangkannya sendiri, bukan sistem elektrik hasil kolaborasinya dengan Toyota dan Denso.

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza