Beranda New Cars Rombakan Besar Lexus IS 2021 Demi Jegal Seri 3 dan C-Class

Rombakan Besar Lexus IS 2021 Demi Jegal Seri 3 dan C-Class

NAGOYA, Carvaganza.com – Tidak ingin ketinggalan dari para rivalnya yang melakukan pembenahan dan penyegaran, Lexus resmi meluncurkan versi terbaru dari IS. Bermain di kelas BMW Seri 3 dan Mercedes-Benz C-Class, IS baru mengalami banyak ubahan dan peningkatan. Baik soal performa maupun refinement disajikan Lexus pada sedan sporty ini.

Meski bukan generasi baru, IS dirombak oleh Lexus seakan menjadi mobil yang benar-benar barul hal tersebut ditunjukkan lewat permainan ubahan eksterior yang masif oleh Lexus. Hampir seluruh aspek desain terlihat benar-benar baru.

Proporsi tubuh tampak lebar dan merendah lewat fender melar berotot. Bahkan pahatan pada permukaan tubuh, terutama di samping, terdiferensiasi dari model sebelum. Memberikan penegasan garis bahu dan kontur rocker panel, lantas meningkatkan nuansa agresif.

Pangling saat melihat fascia depan, Spindle Grille dibuat lebih besar sekaligus lebar. Boleh dibilang menawan dan kian sedap dipandang. Juga pada lampu, membesar, terisi grafis DRL yang sebelumnya sempat terpisah. Elemen kanal udara di sisi samping pun turut mendapatkan pahatan anyar. Sama halnya kala melirik bokong. Sekarang ia menganut bingkai lampu horizontal penuh membelah buritan.

Bukan sekadar penyegaran rupa yang telah eksis selama tujuh tahun, kekuatan struktur body ikut ditingkatkan. Hal ini dilakukan di beberapa titik, meliputi penguatan support samping radiator, menambah jumlah titik las di chassis depan, serta reinforcement struktur di pilar C ke sisi samping atap. Penyempurnaan ini demi mengurangi kebisingan dan getaran berikut meningkatkan performa dan kenyamanan.

Melengkapi optimalisasi struktur, para insinyur Lexus kemudian menyasar ke sektor kaki-kaki. Pengurangan bobot suspensi merupakan target utama. New Lexus IS kini memiliki per daun yang 20 persen lebih ringan. A-Arm berbahan tempaan (forged) aluminium mereduksi 18 persen bobot ketimbang komposisi baja. Di samping itu, berat stabilizer bar juga berkurang sebanyak 17 persen.

“Dalam benak kami selama mengembangkan IS baru ini adalah membuatnya unggul menyoal komunikasi dengan pengemudi, tak tergantung kondisi jalan atau bagaimanapun situasinya,” ujar Chief Engineer Lexus International, Naoki Kobayashi. “Kami ingin menjadikan Lexus IS sebagai sedan sport kompak yang memberikan kenyamanan berkualitas sekaligus tingkatan kontrol tinggi.”

Lexus menawarkan tiga jenis output mesin berbeda dan tak berubah dari model sebelum. Varian dasar, yaitu pada IS 300 berpenggerak roda belakang (RWD), mendapatkan unit empat silinder 2.000 cc turbo. Ia sanggup mengail tenaga hingga 244 PS (240 hp) disertai torsi 350 Nm. Untuk IS 300 berpenggerak empat roda (AWD) menggendong pemacu V6 3.500 cc dengan keluaran daya 264 PS (260 hp) /320 Nm.

Andai mencari tenaga besar, terdapat IS350 RWD atau AWD. Ia menggendong pemacu V6 3.500 cc yang sanggup membuncahkan tenaga sampai 315 PS (310 hp) dibarengi momen puntir 380 Nm. Mesin model RWD dikawinkan transmisi otomatis delapan percepatan Sport Direct Shift, serupa IS 300 RWD. Sementara itu, varian AWD menganut girboks otomatis enam percepatan.

Disayangkan revisi kabin tidak sesignifikan eksekusi eksterior. Setidaknya mendapatkan teknologi anyar berupa sistem infotainment 8 inci atau perangkat opsional 10,3 inci. Kapabilitas ditingkatkan, fitur seperti Apple CarPlay, Android Auto, dan Amazon Alexa menjadi kemampuan standar.

Urusan keselamatan, Lexus menyematkan perangkat Lexus Safety System+ 2.5. Komponen keselamatan standar ini meliputi emergency braking dengan deteksi pejalan kaki atau pengguna sepeda serta pre-collision warning system. Jika mau lebih canggih terdapat opsi ekstra adaptive cruise control dengan fungsi stop-and-go, road-sign assist, hingga lane-departure assist with lane-centering technology.

New Lexus IS 2021 diekspektasikan sampai ke diler Amerika Serikat pada akhir musim gugur 2020. Pun ia juga direncanakan hadir di 40 negara termasuk AS, Jepang, dan Negara Asia lainnya.

Sumber: Netcarshow, Carscoops

AHMAD KARIM | WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Beli Mobil Dapat Promo Sekaligus Sehat Bersama Honda

JAKARTA, Carvaganza -- Sumbangan penjualan secara digital yang cukup signifikan membuat Honda terus menggejot strategi penjualan dari sektor ini. Menjelang penghujung tahun 2020 ini,...

Nissan Magnite World Premiere di India, Ini Fitur-Fitur Menariknya

NEW DELHI, carvaganza.com – Pabrikan Nissan pada hari ini Rabu (21/10) melakukan premiere global Magnite di India. Sekaligus membuka tabir rumor yang berseliweran dalam...

MG Motor Indonesia Tunjuk Donald Rachmat Sebagai General Director Baru

JAKARTA, Carvaganza -- Sebagai pemain paling baru di kancah otomotif nasional, MG Motor Indonesia terus membuat strategi memperkuat posisinya. Yang terbaru adalah dengan mengangkat...

Hyundai i20 N 2021 mendebut, Versi Kencang Hanya Tersedia Girboks Manual

SEOUL, carvaganza.com – Memang mobil-mobil kecil dengan tenaga besar agak mengalami kemunduran. Cupra Ibiza, Audi S1 dan Renault Clio R.S sudah out, tapi masih...

Kisah Penyelamatan Menembus Tembok Berlin, Bersembunyi Di Dalam BMW Isetta ( Bagian 3)

Klaus-Günter Jacobi berhasil membawa sahabatnya, Manfred Koster keluar dari Jerman Timur menggunakan BMW Isetta yang telah dimodifikasi. Rencananya ini dibantu dua orang pelajar yang...